Tripcle / Infos / Detail Tripcle

10 Bandara Terbesar di Indonesia dan Lokasinya

10 Bandara Terbesar di Indonesia dan Lokasinya
Bandara Terbesar di Indonesia/Foto: (Angkasa Pura II)

Jakarta - Bandara menjadi tempat tersibuk di dunia karena harus mengangkut serta menurunkan penumpang di setiap waktu. Di dalam negeri sendiri ada juga bandara terbesar di Indonesia. Di mana saja?

Lokasi bandara menjadi sangat penting di Indonesia karena kebutuhan mobilitas masyarakat yang tinggi. Maka dari itu terdapat juga bandara tersibuk di Indonesia.

Berikut bandara terbesar di Indonesia dan letaknya:

1. Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Terbesar di Indonesia

Bandara Terbesar di Indonesia Foto: Shutterstock

Bandara terbesar di Indonesia yang pertama adalah Bandara Soekarno-Hatta yang letaknya berada di Tangerang, Banten. Bandara ini memiliki 3 terminal untuk melayani penerbangan baik domestik maupun internasional.

Rencananya, Bandara Soekarno-Hatta akan membangun terminal 4 di tahun 2021. Dengan adanya terminal tersebut Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi bandara terbesar di Asia Tenggara.

2. Bandara Kertajati

Bandara Kertajati dibangun di atas lahan seluas 1.800 hektar. Bandara yang digagas sejak tahun 2003 sebagai solusi kepadatan bandara Husein Sastranegara di Bandung ini akhirnya diresmikan pada 2018 lalu.

Bandara terbesar di Indonesia ini sempat menuai pro dan kontra karena letaknya yang berada di Majalengka. PT BIJB dan Angkasa Pura II sebagai operator pun terus berupaya membangkitkan bandara ini.

Bandara Kertajati

Bandara Kertajati Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

3. Bandara Hang Nadim

Bandara ini terletak di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau dengan luas mencapai 1.760 hektar. Bandara ini memiliki nama Hang Nadim yang diambil dari seorang laksamana dari Kesultanan Malaka.

4. Bandara Kualanamu

Bandara Terbesar di Indonesia

Bandara Terbesar di Indonesia Foto: Ilustrasi Bandara Kualanamu (Khairul-detikcom)

Kualanamu menjadi salah satu Bandara tersibuk di Indonesia. Pasalnya, bandara ini di tahun 2018 melayani 10,5 juta orang di tengah kapasitas penumpang mencapai 8 juta orang per tahun.

Bandara terbesar di Indonesia yang terletak di Sumatera Utara ini juga akan mengembangkan area sehingga bisa menampung hingga 22 juta orang per tahun pada 2030.

5. New Yogyakarta International Airport

Bandara ini menggantikan Bandara Adisucipto di kota Yogyakarta karena kapasitas yang hanya mampu menampung 1,6 juta penampung. Sedangkan, saat ini New Yogyakarta International Airport berkapasitas 14 juta orang per tahun.

6. Bandara Minangkabau

Bandara yang terletak di Padang, Sumatera Barat ini memiliki luas 482 hektar dan beroperasi sejak tahun 2005. Pembangunan bandara ini dilakukan untuk menggantikan Bandara Udara Tabing.

Pada tahun 2006, Kementerian Agama juga menetapkan bandara terbesar di Indonesia ini menjadi salah satu embarkasi dan debarkasi haji untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat.

7. Bandara Juanda

Terletak di kota Surabaya, Jawa Timur, Bandara Juanda mampu menampung hingga 6 juta orang per tahun. Namun rencananya bandara ini akan dikembangkan lagi sehingga bisa menampung hingga 13,6 juta orang per tahun.

8. Bandara Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin di Makassar menjadi salah satu bandara termegah di Indonesia. Bandara ini memiliki desain yang mirip dengan kapal pinisi atau kapal tradisional Sulawesi Selatan.

Dengan kapasitas mencapai 7 juta orang per tahun, Bandara ini juga ditetapkan menjadi Bandara terbesar di Indonesia.

9. Bandara Sepinggan

Bandara Terbesar di Indonesia

Bandara Terbesar di Indonesia Foto: Rengga Sancaya

Bandara Sepinggan terletak di Balikpapan, Kalimantan Timur. Bandara ini mampu melayani 10 juta orang. Namun seiring dengan kabar pemindahan Ibu Kota, bandara ini akan ditingkatkan kapasitasnya.

Rencananya, Bandara Sepinggan akan mampu melayani hingga 30 juta orang per tahun. Sebab, diprediksi akan terjadi pertumbuhan jumlah penumpang mencapai 9% per tahun.

10. Bandara Ngurah Rai

Bandara terbesar di Indonesia yang terakhir adalah Bandara Ngurah Rai. Bandara yang terletak di Pulau Dewata ini juga dinobatkan menjadi bandara terbaik di Indonesia 2019 versi Skytrax dengan bintang tiga.

bandara-terbesarbandara-terbesar-di-indonesiaindonesiasoekarno-hattangurah-raikuala-namukertajatihang-nadimadi-suciptobandara-minangkabaunew-yogyakarta-international-airportjuandasepingganbandara-sultan-hasanuddin

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending