Tripcle / Infos / Detail Tripcle

10 Bandara Terbesar di Indonesia dan Lokasinya

10 Bandara Terbesar di Indonesia dan Lokasinya
Bandara Terbesar di Indonesia/Foto: (Angkasa Pura II)

Jakarta - Bandara menjadi tempat tersibuk di dunia karena harus mengangkut serta menurunkan penumpang di setiap waktu. Di dalam negeri sendiri ada juga bandara terbesar di Indonesia. Di mana saja?

Lokasi bandara menjadi sangat penting di Indonesia karena kebutuhan mobilitas masyarakat yang tinggi. Maka dari itu terdapat juga bandara tersibuk di Indonesia.

Berikut bandara terbesar di Indonesia dan letaknya:

1. Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Terbesar di Indonesia

Bandara Terbesar di Indonesia Foto: Shutterstock

Bandara terbesar di Indonesia yang pertama adalah Bandara Soekarno-Hatta yang letaknya berada di Tangerang, Banten. Bandara ini memiliki 3 terminal untuk melayani penerbangan baik domestik maupun internasional.

Rencananya, Bandara Soekarno-Hatta akan membangun terminal 4 di tahun 2021. Dengan adanya terminal tersebut Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi bandara terbesar di Asia Tenggara.

2. Bandara Kertajati

Bandara Kertajati dibangun di atas lahan seluas 1.800 hektar. Bandara yang digagas sejak tahun 2003 sebagai solusi kepadatan bandara Husein Sastranegara di Bandung ini akhirnya diresmikan pada 2018 lalu.

Bandara terbesar di Indonesia ini sempat menuai pro dan kontra karena letaknya yang berada di Majalengka. PT BIJB dan Angkasa Pura II sebagai operator pun terus berupaya membangkitkan bandara ini.

Bandara Kertajati

Bandara Kertajati Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

3. Bandara Hang Nadim

Bandara ini terletak di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau dengan luas mencapai 1.760 hektar. Bandara ini memiliki nama Hang Nadim yang diambil dari seorang laksamana dari Kesultanan Malaka.

4. Bandara Kualanamu

Bandara Terbesar di Indonesia

Bandara Terbesar di Indonesia Foto: Ilustrasi Bandara Kualanamu (Khairul-detikcom)

Kualanamu menjadi salah satu Bandara tersibuk di Indonesia. Pasalnya, bandara ini di tahun 2018 melayani 10,5 juta orang di tengah kapasitas penumpang mencapai 8 juta orang per tahun.

Bandara terbesar di Indonesia yang terletak di Sumatera Utara ini juga akan mengembangkan area sehingga bisa menampung hingga 22 juta orang per tahun pada 2030.

5. New Yogyakarta International Airport

Bandara ini menggantikan Bandara Adisucipto di kota Yogyakarta karena kapasitas yang hanya mampu menampung 1,6 juta penampung. Sedangkan, saat ini New Yogyakarta International Airport berkapasitas 14 juta orang per tahun.

6. Bandara Minangkabau

Bandara yang terletak di Padang, Sumatera Barat ini memiliki luas 482 hektar dan beroperasi sejak tahun 2005. Pembangunan bandara ini dilakukan untuk menggantikan Bandara Udara Tabing.

Pada tahun 2006, Kementerian Agama juga menetapkan bandara terbesar di Indonesia ini menjadi salah satu embarkasi dan debarkasi haji untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat.

7. Bandara Juanda

Terletak di kota Surabaya, Jawa Timur, Bandara Juanda mampu menampung hingga 6 juta orang per tahun. Namun rencananya bandara ini akan dikembangkan lagi sehingga bisa menampung hingga 13,6 juta orang per tahun.

8. Bandara Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin di Makassar menjadi salah satu bandara termegah di Indonesia. Bandara ini memiliki desain yang mirip dengan kapal pinisi atau kapal tradisional Sulawesi Selatan.

Dengan kapasitas mencapai 7 juta orang per tahun, Bandara ini juga ditetapkan menjadi Bandara terbesar di Indonesia.

9. Bandara Sepinggan

Bandara Terbesar di Indonesia

Bandara Terbesar di Indonesia Foto: Rengga Sancaya

Bandara Sepinggan terletak di Balikpapan, Kalimantan Timur. Bandara ini mampu melayani 10 juta orang. Namun seiring dengan kabar pemindahan Ibu Kota, bandara ini akan ditingkatkan kapasitasnya.

Rencananya, Bandara Sepinggan akan mampu melayani hingga 30 juta orang per tahun. Sebab, diprediksi akan terjadi pertumbuhan jumlah penumpang mencapai 9% per tahun.

10. Bandara Ngurah Rai

Bandara terbesar di Indonesia yang terakhir adalah Bandara Ngurah Rai. Bandara yang terletak di Pulau Dewata ini juga dinobatkan menjadi bandara terbaik di Indonesia 2019 versi Skytrax dengan bintang tiga.

bandara-terbesarbandara-terbesar-di-indonesiaindonesiasoekarno-hattangurah-raikuala-namukertajatihang-nadimadi-suciptobandara-minangkabaunew-yogyakarta-international-airportjuandasepingganbandara-sultan-hasanuddin

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending