Tripcle / Infos / Detail Tripcle

10 Oleh-Oleh Bandung Favorit

10 Oleh-Oleh Bandung Favorit
Tahu susu Lembang, bisa dibeli mentah atau yang sudah digoreng(Kompas.com/Sri Anindiati Nursastri)

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandung selalu menjadi destinasi wisata favorit warga Jakarta. Jaraknya yang tidak terlalu jauh membuat Bandung menjadi pilihan liburan singkat warga ibukota.

Selain pilihan destinasi yang beragam, "Kota Kembang" punya banyak kuliner lezat. Nah, berwisata tentu saja tidak lengkap tanpa oleh-oleh.

Saat kamu pulang dari Bandung, ada banyak pilihan oleh-oleh. Berikut oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang:

1. Cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci goreng. Tak hanya Bandung, makanan camilan cireng ini juga tersebar hampir di seluruh wilayah Jawa Barat. Saat ini banyak terdapat pilihan cireng yang dapat dibeli.

Mulai dari bentuknya yang beraneka ragam, sampai isi cireng yang juga bermacam-macam, seperti daging, sosis, keju, bakso, teriyaki dan lain sebagainya.

Di Bandung banyak terdapat toko-toko yang bisa diburu oleh wisatawan, diantaranya adalah Cireng Cipaganti, Cireng Kamsia, Cireng Keraton, Cireng Rampat, dan lain-lain.

Sajian Batagor H Darto di Bandung yang begitu menggugah selera. (TRIBUN JABAR/FASKO DEHOTMAN)

2. Batagor

Batagor juga salah satu kudapan terkenal dari Bandung. Untuk membawa pulang sebagai buah tangan, dapat memilih batagor beku yang telah disediakan oleh para penjual batagor di Bandung.

Umumnya batagor beku kedap udara dengan bumbu terpisah sehingga lebih awet dibawa bepergian.

Gerai batagor terkenal di Bandung ada Batagor Kinsgley, Batagor Riri, Batagor Haji Yunus, Batagor Burangrang, Batagor H Darto, dan masih banyak lagi.

3. Kue Soes

Koes soes sudah lama menjadi buah tangan khas Bandung. Salah satu toko kue legendaris adalah Soes Merdeka Badranaya.

Awalnya toko kue ini dikelola oleh seorang Belanda bernama Meneer Van Grafhorst pada 1918. Pada 1969, nama toko kue ini berubah dan diteruskan oleh para karyawan toko lama.

Hingga kini Soes Merdeka nan legendaris tetap memproduksi kue soes dengan isian berwarna putih susu dengan rum yang harum.

Tersedia pula kue soes tanpa rum, aneka pastry, sosis, serta aneka daging olahan di toko yang beralamat di Jalan Merdeka Nomor 27, Bandung.

4. Bolu Bakar

Toko bolu bakar yang terkenal adalah Bolu Bakar Tunggal yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 570-574.

Sebenarnya bolu bakar ini paling nikmat disantap dalam kondisi hangat, tetapi juga dapat menjadi pilihan oleh-oleh dan dihangatkan di rumah.

Tersedia aneka rasa dan isian bolu bakar dalam rasa manis dan gurih.

Penggemar fanatik bolu bakar biasanya akan selalu menyantap ini saat ke Bandung, lantaran terbilang unik dan sulit ditemui di kota lain. Kisaran satu bolu bakar Rp 40.000 tergantung isian.

5. Roti Jadul

Bandung punya koleksi roti yang masih eksis dari zaman penjajahan. Para penerus toko roti mempertahankan resep lama dan terus menjualnya sampai sekarang.

Roti zaman penjajahan cenderung lebih padat dan dibuat tanpa bahan pengawet atau pengembang.

Tahu Susu yang baru dibuat. Tiga belas kilogram kedelai kita campu dengan empat liter susu murni.(KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI)

Memang mayoritas isiannya sederhana, tapi rasa roti ini sudah melekat lama di lidah warga Bandung. Toko roti jadul legendaris di Bandung adalah Sumber Hidangan, Roti Sidodadi, Roti Gempol, dan Roti Cari Rasa.

6. Tahu Susu

Tahu susu sudah menjadi primadona oleh-oleh khas Bandung. Dari beberapa macam merek, Tahu Susu Lembang menjadi paling favorit. Terbuat dari kedelai berkualitas unggul dan susu sapi murni, membuat tahu ini super lembut.

Kamu bisa menemui toko resminya di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Bandung Barat. Selain produk tahu susu, terdapat juga tahu mentega yang tak kalah lezatnya.

Mulai dari harga Rp 15.000, kamu sudah bisa mendapatkan 10 buah tahu susu yang sudah digoreng.

Untuk dibawa sebagai oleh-oleh, kamu juga bisa membelinya dalam kondisi masih mentah dengan harga Rp 25.000 untuk satu pak tahu susu dan Rp 30.000 untuk satu pak tahu mentega.

Peuyeum Si Madu di Bandung, Jawa Barat.(WWW.DOYANKULINER.COM)

7. Peuyeum

Salah satu camilan yang mirip dengan tape. Berbeda dengan tape pada umumnya, camilan satu ini lebih berair dan agak encer.

Pada dasarnya, peuyeum adalah singkong yang difermentasi sehingga menciptakan rasa yang asam dan tekstur yang lembut.

Kamu bisa menemukan panganan ini di pasar tradisional atau sentra oleh-oleh terdekar. Biasanya peuyeum akan dijual dengan harga Rp 10.000-Rp 20.000 per kotaknya.

8. Brownies Kukus

Salah satu brownies kukus yang terkenal adalah Brownies Kukus Amanda. Kue ini memiliki tekstur lembut yang dibalut dengan rasa manis coklat.

Seiring perkembangan zaman, para penjual mulai membuat brownies dengan rasa yang berbeda-beda. seperti cream cheese dan tiramisu.

Kamu bisa membeli Brownies Kukus Amanda di Jalan Rancabolang nomor 29, Margahayu Raya. Saking terkenalnya, kamu bisa menyumpai beberapa toko di Bandung menjual brownies ini.

Kamu bisa membawa satu kotak brownies dengan mengeluarkan uang sekitar Rp30.000-Rp 50.000.

9. Kopi

Ada merek kopi yang sangat legendaris di Bandung, namanya Koffie Fabriek Aroma. Sesuai dengan namanya, merek ini sudah ada di Bandung dari tahun 1930. Kopi ini disangrai menggunakan bahan bakar kayu karet, hal ini unik dan menjadi ciri khas kopi ini.

Harganya bervariatif, mulai dari Rp 27.000 hingga Rp 35.000. Kamu bisa menemui toko resminya di Jalan Baceuy nomor 51, Bandung.

10. Pisang Bollen

Pisang bollen disebut-sebut menjadi primadona oleh-oleh khas Bandung. Salah satu yang paling terkenal adalah Pisang Bollen Kartika Sari. Panganan ini populer sejak tahun 1970 dan sampai saat ini mengunakan resep turun temurun.

Beragam varian rasa disediakan di toko ini, seperti keju, cokelat, dan durian. Kamu bisa membeli Pisang Bollen Kartika Sari di outlet resminya yang berada di Jalan H. Akbar no 4, Kebon Kawung.

Selain bollen, kamu bisa menemukan aneka kue-kue lezat lainya seperti pastel, kroket, risol, dan masih banyak lagi.

Harganya cukup terjangkau, dengan mengeluarkan uang Rp 50.000-Rp 65.000, kamu sudah bisa membawa pulang 10 buah roti ini.

peuyeumcirengbatagorkue-soesbolu-bakar-roti-jadultahu-susubrownies-kukuskoffie-fabriek-aromapisang-bollen

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending