Tripcle / Infos / Detail Tripcle

17 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Traveler yang Singgah ke Andalusia

17 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Traveler yang Singgah ke Andalusia
Masjid-Katedral di Cordoba, Andalusia, Spanyol. (iStock)

Jakarta - Andalusia di Spanyol tak hanya memiliki Alhambra. Berikut sederet tempat wisata rekomendasi untuk traveler saat melancong ke Negeri Matador bagian selatan itu.

Alhambra berada di provinsi Granada, yang merupakan satu di antara delapan provinsi di daerah otonomi khusus Andalusia di Spanyol. Kendati berada di negara Spanyol, Andalusia memiliki kekhasan tersendiri pada kondisi alam ataupun landmark di tiap provinsi.

Penulis buku The Myth of the Andalusian Paradise, Dario Fernandez-Morera, menggambarkan Andalusia sebagai jantung dari kesejahteraan akulturasi budaya Spanyol Selatan. Dia juga bilang siapapun yang datang dijamin tak akan merasa asing.

Andalusia memiliki delapan provinsi. Alhambra ada di Granada, Selain itu, Almeria, Cadiz, Cordoba, Huelva, Jerez, Malaga, Sevilla, dan Tarifa juga memiliki bangunan-bangunan yang membuat decak kagum.

Berikut deretan spot wisata di Andalusia seperti dirangkum Lonely Planet:

1. Alhambra Granada

Alhambra merupakan jejak peninggalan kerajaan Islam di Spanyol. Awalnya, bangunan itu dibuat untuk benteng namun kemudian dijadikan istana dan menjadi tempat tinggal pangeran Nasrid.

2. Katedral Sevilla & Giralda

Katedral Sevilla dan Menara Giralda merupakan gereja gotik terbesar di dunia yang dibangun pada 1434 dan 1517. Belum jika ditambah dengan menaranya, La Giralda. Konstruksi di abad ke-15 itu awalnya dibangun untuk gereja yang luas agar generasi masa depan berpikir mereka memiliki nenek moyang yang gila. Mereka sukses. Bangunan itu menjadikan Katedral Sevilla dan Alazar sebagai gereja terbesar di dunia.

3. Cordoba Mezquita atau Masjid Katedral Cordoba

Bangunan megah itu secara nyata menunjukkan kekhasan dua agama, memiliki patung Yesus yang dilindungi jeruji emas, juga nuansa islam di ratusan pilar dengan aksen melengkung di pilar hall utama. Bangunan itu awalnya memang gereja Visigoth Basilica of San Vicente, kemudian menjadi masjid saat Kerajaan Islam Abd al Rahman berkuasa. Hingga kemudian kembali menjadi gereja tanpa menghilangkan ciri khas arsitekturnya.

4. Sierra Nevada & Las Alpujarras

Sierra Nevada & Las Alpujarras merupakan gunung di kawasan Andalusia di Provinsi Granada. Gunung ini memiliki puncak tertinggi Spanyol, yakni di Mulhacen (3.479 mdpl).

5. Taman Nasional Donana

Taman Nasional Donana merupakan cagar alam terbesar di Eropa yang menjadi habitat bagi 2.000 spesies burung.

6. Flamenco

17 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Traveler yang Singgah ke Andalusia

Foto: (M Resha Pratama/detikcom)

Flamenco merupakan pertunjukan tari dan musik khas Spanyol. Flamenco mendapat penghargaan sebagai Warisan Budaya Dunia (UNESCO) pada tahun 2010 di Nairobi, Kenya Negara Afrika Timur.

7. Pantai Costa de La Luz

Pantai itu mungkin tak sesohor Tarifa, Bolonnia,atau Zahara de Los Atunes, namun itu justru menjadi keuntungan pantai ini karena tak terlalu ramai pengunjung.

8. Tapas

Tapas bukan menu makanan, namun budaya makan berbagai cemilan. Biasanya sih, penduduk lokal menyantapnya bersama wine atau bir.

9. Cabo de Gata

Cabo de Gata merupakan taman nasional bawah laut di provinsi Almeria. Kawasan ini disebut memiliki pantai paling alami di Andalusia.

10. Ronda

Ronda merupakan sebuah desa yang berjarak 105 km dari Malaga. Wilayah ini memiliki Puente Nuevo, jembatan tua yang menghubungkan kawasan kota tua Moors dan kota yang lebih kekinian El Mercadillo. Juga ada Plaza de Toros yang merupakan tempat adu banteng, dan Banos Arabes alias tempat mandi Arab terbaik di Spanyol, serta istana Mondragon.

11. Cadiz

Cadiz merupakan kota tertua di Eropa Barat dan menjadi salah satu provinsi di Andalusia. Kota ini memiliki bangunan arkeologi berusia 3100 tahun yang ditemukan oleh Phoenicians. Juga merupakan pangkalan angkatan udara Spanyol.

12. Malaga Art Renaissance

Monumen itu disebut memiliki koleksi seni yang tak kalah dari Madrid dan Barcelona. Galeri ini dibuka untuk didedikasikan kepada karya seniman lokal Jorge Rando.

13. Kitesurfing di Tarifa

Berselancar layang-layang bisa dilakukan di Strait of Gibraltar.

14. Kota Putih

Kota Putih itu berdiri di dua provinsi, Cadiz dan Malaga, dengan arsitektur yang sangat Arab. Untuk mengelilingi kota ini traveler bisa menggunakan sepeda, mobil atau bus, juga berjalan kaki.

15. Renaissance Baeza & Ubeda

Monumen ini berada di Provinsi Jaen, bangunan ini sih justru lebih Italia ketimbang Spanyol. Bangunan itu masuk dalam daftar warisan budaya UNESCO pada 19 September 2011

16. Mencicipi anggur di Cadiz

Wine putih dengan cita rasa yang sangat Inggris itu yang diproduksi sejak periode Phoenicia, bangsa kuno sebelum Romawi dan Yunani berjaya, dan dicicipi oleh di antaranya Christopher Columbus hingga Francis Drake.

17. Semana Santa di Sevilla

Seman Santa merupakan pekan suci sebagai perayaan religius umat Katolik selama sepekan hingga Paskah.

wisata-andalusiawisata-religiwisata-halalwisata-granadawisata-cordoba

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Komentar

No results found.

Tulis Komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita dan informasi terbaru

Berita Trending