Tripcle / Infos / Detail Tripcle

23 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable

23 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable
23 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable (Muhammad Aminudin/detikTravel)/

Jakarta - Kota Malang, Jawa Timur, memiliki beragam destinasi wisata. detikTravel merangkum 23 tempat wisata di kota apel itu.

Malang memiliki hawa sejuk. Sudah begitu, di sanalah gunung tertinggi di Jawa, Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl, berada.

Selain itu, Malang sangat memikat dengan spot wisatanya yang beragam. Juga wisata kuliner yang relatif murah dan serbaenak.

Jadi, buat traveler yang berkunjung ke kawasan ini, nggak perlu khawatir minim stok foto dan story untuk 'memberi makan' feed Instagram.

Berikut 25 destinasi wisata di Malang, Jawa Timur, yang Instagramable plus harga tiket masuknya

1. Kampung Warna-Warni Jodipan

Rumah-rumah di Kampung Jodipan ramai dengan sapuan cat beraneka warna. Adalah mahasiswa Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang diketuai Nabila Firdausiyah yang mewujudkan kampung tersebut menjadi kampung warna-warni.

Kampung warna-warni JodipanKampung warna-warni Jodipan Foto: (A Endin Yoga Pradana/d'Traveler)

Awalnya, Nabila dkk mendapatkan tugas praktikum Public Relations 2 dari dosen kemudian mereka membentuk Guys Pro dan memilih kampung Jodipan yang kumuh sebagai lokasi sasaran. Setelah diresmikan pada 4 September 2016, kampung itu menjadi populer dan diminati wisatawan asing dan lokal.

Untuk mengunjungi Kampung Jodipan, traveler hanya perlu merogoh kocek Rp 3.000. Tiket berlaku sehari penuh, yang bisa keluar masuk tanpa perlu membayar lagi. Destinasi wisata yang buka pukul 07.00 hingga 18.00 itu juga menyediakan parkir motor dengan ongkos Rp 5.000.

2. Kampung Biru Arema, Malang

Berkunjung ke Kampung Biru Arema, rasanya seperti berada di Santorini atau blue city di Yunani atau Chefchaouen di Maroko. Sesuai namanya, kampung Kampung Biru Arema memang terinspirasi dari klub sepak bola kebanggaan warga Malang yaitu Arema FC.

Kampung Biru AremaKampung Biru Arema Foto: Muhammad Aminudin

Di sini pengunjung juga bisa tahu sejarah Arema FC lewat berbagai tampilan logo dan tulisan klub. Tiket masuk Kampung Biru, yang terletak tidak jauh dari Kampung Warna-Warni Jodipan, adalah Rp 3.000. Bagi pengunjung yang bawa motor, bisa memarkirkan kendaraannya dengan membayar Rp 2.000.

3. Kampung Tridi atau 3D

Destinasi wisata di Kampung Tridi atau 3D menonjolkan spot-spot yang tidak hanya bisa dilihat, namun juga disentuh para pengunjung. Spot tersebut tentunya unik dan penuh aneka warna, sehingga cocok untuk swafoto dan Instagramable.

Beberapa spot foto tersebut adalah sayap, gelas terbalik, aliran sungai, hingga kedua telapak tangan yang menempel di bagian pangkal. Lokasi Kampung Tridi dan Warna-Warni Jodipan dihubungkan jembatan kaca yang bisa dinikmati pengunjung. Untuk bisa masuk Kampung Tridi, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000.

4. Alun-alun kota Malang

Lokasi alun-alun terletak tepat di pusat Kota Malang yang merupakan tempat berkumpulnya para warga. Alun-alun menyediakan banyak tempat duduk, yang memungkinkan pengunjung bersantai sambil menikmati Kota Malang yang ramai.

Fasilitas lain adalah air mancur dan arena bermain anak. Alun-alun tidak lengkap tanpa kehadiran penjual makanan jalanan atau street food, yang juga terdapat di Kota Malang. Beberapa makanan yang tersedia adalah bakso, soto, dan es kelapa muda. Pengunjung yang ingin menikmati Alun-alun Kota Malang tak perlu membayar tiket masuk.

5. Taman Trunojoyo

Sama seperti alun-alun, pengunjung tak perlu membayar tiket masuk alias gratis jika ingin menikmati Taman Trunojoyo. Lokasi taman berada tepat di seberang Stasiun Kota Malang yang ditandai adanya patung singa.

Taman Trunojoyo dipenuhi pohon rindang, cocok bagi yang ingin melepas lelah sambil bersantai dengan keluarga. Fasilitas lain yang tersedia adalah air mancur dan wahana bermain untuk anak. Tentunya tidak ketinggalan penjual street food yang menyediakan aneka minum dan makanan kecil atau snack.

6. Taman Balai Kota Malang

Area Taman Balai Kota Malang terletak tepat di pusat pemerintahan Kota Malang. Taman ini bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Balai Kota Malang sekitar lima menit.

Taman dilengkapi kolam teratai dengan Tugu Balai Kota tepat berada di tengahnya. Di taman ini juga ada lampu berbentuk unik dan taman bunga. Tanpa harus bayar tiket masuk, pengunjung bisa santai makan bekal, swafoto, atau sekadar santai bersama teman dan keluarga.

7. Hawai Waterpark

Tempat wisata keluarga di Hawai Waterpark ini menyediakan fasilitas liburan bernuansa air yang seru dan menyegarkan. Hawai Waterpark buka setiap hari pada pukul 09.00-16.30. Untuk tiket masuk, pengunjung bisa membayar Rp 75.000 saat hari biasa dan Rp 110.000 pada akhir pekan.

Arena liburan Hawai Waterpark berada di Jl Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari. Pengunjung bisa mengaksesnya dengan kendaraan umum atau pribadi sesuai kebutuhan.

8. Malang Night Paradise

Berada di kawasan yang sama dengan Hawai Waterpark, pengunjung bisa menikmati Malang Night Paradise yang punya berbagai wahana. Lokasi wisata bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 10 menit dari Terminal Arjosari, Malang.

Malang Night Paradise menyediakan pesona lampu warna-warni yang disusun dengan berbagai bentuk yang menarik perhatian. Arena wisata ini buka pukul 18.00-23.00 dengan harga tiket masuk Rp 50.000 untuk Senin-Kamis dan Rp 65.000 pada Jumat-Minggu.

9. Kebun Teh Wonosari

Hawa sejuk menjadi daya tarik utama Kebun Teh Wonosari, atau yang kadang disebut Kebun Teh Lawang. Di sini ada Jembatan Kayu yang cocok jadi spot foto dan sangat Instagramable.

Kebun Teh Wonosari bisa dinikmati dengan membayar tiket masuk Rp 20.000 di akhir pekan dan 15.000 untuk hari biasa. Kebun Teh Wonosari bisa diakses dengan kendaraan umum atau pribadi sesuai kebutuhan pengunjung.

10. Florawisata San Terra de Lafonte

Florawisata San Terra de Lafonte berada di Jalan Trunojoyo, Jurangrejo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Di sini ada banyak spot foto menarik berlatar bunga yang digantung, dalam pot, atau ditanam dalam tanah.

Spot foto Intagramable lain menggunakan bangunan khas negara lain misal Korea, Belanda, dan Italia. Tiket masuk lokasi adalah Rp 20.000 untuk weekday dan Rp 25.000 pada akhir pekan. Lokasi wisata ini buka tiap hari pukul 09.00-17.00.

11. Desa Wisata Pujon Kidul

Area Desa Wisata Pujon Kidul dirancang sebagai one stop entertainment dengan nuansa sawah. Pengunjung cukup membayar tarif masuk Rp 5.000 yang bisa ditukar tiket naik berbagai wahana.

Pengunjung juga bisa menikmati kuliner berbahan ikan, sayur, dan hasil bumi dari desa wisata Pujon Kidul. Harga makanan mulai dari Rp 5.000 yang ditentukan sesuai produk yang diambil. Pengunjung juga bisa membeli produk sayur dari petani setempat dengan harga sekitar Rp 10 ribu.

12. Taman Kelinci Pujon

Selain rumah para kelinci, lokasi wisata Taman Kelinci Pujon juga menyediakan Rumah Hobbit dan Taman Stroberi. Berlokasi di Jalan Paralayang, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, pengunjung bisa berinteraksi dan selfie bersama kelinci. Taman ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 dengan harga tiket masuk Rp 10 ribu.

13. Boonpring Andeman

Lokasi wisata Boonpring Andeman terinspirasi Sagano Bamboo Forest di Kyoto. Dengan suasana teduh dan nyaman, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana untuk anak dan dewasa.

Untuk tiket masuk, pengunjung bisa membayar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Jika ingin berkeliling kebun bambu, pengunjung bisa membayar ongkos tambahan Rp 5.000 per orang. Boonpring Andeman berlokasi di Jalan Andeman, Dusun Kp. Anyar, Sanankerto, Kecamatan Turen, Malang.

14. Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling berada di Jalan Raya Mulyoagung Nomor 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Selain kolam renang, pengunjung bisa menikmati wahana sepeda air atau komidi putar.

Tempat wisata keluarga ini buka setiap hari mulai pukul enam pagi hingga lima sore. Pengunjung bisa membayar Rp 30 ribu untuk tiket masuknya. Selain rekreasi. lokasi wisata ini juga menyediakan pusat kuliner dan coffee shop.

15. Jatim Park 1, 2, 3

Pesona Jatim Park sebagai ikon wisata Kota Malang tak juga luntur, meski pusat pariwisata lain mulai tumbuh. Mengunjungi Malang tidak lengkap tanpa mampir di salah satu Jatim Park.

Tempat wisata keluarga ini buka setiap hari dengan tiket mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu. Mengunjungi Jatim Park jangan lupa ambil foto selfie di berbagai sudutnya yang menarik.

16. The Bagong Adventure Museum Tubuh

Di The Bagong Adventure Museum Tubuh pengunjung seperti masuk ke dalam tubuhnya sendiri yang lengkap dengan berbagai jenis organ. Replika organ di museum ini sangat detail dan lengkap.

Pengunjung bisa bergaya seperti dokter, menikmati layanan pemeriksaan medis, atau masuk ruang kadaver khusus mayat. Ruangan ini hanya untuk pengunjung dewasa dan tidak diperkenankan mengambil foto. Museum buka setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB. Tarif masuk sekitar Rp 55.000-an saat weekday, untuk weekend Rp 120.000-an.

17. Batu Night Spectacular (BNS)

Lokasi Batu Night Spectakuler berada di Jalan Hayam Wuruk Nomor 1, Oro-Oro Ombo. Di sini ada berbagai wahana yang bisa dinikmati pengunjung plus pusat oleh-oleh khas Batu dan Malang.

BNS buka setiap hari pukul 15.00 hingga 24.00 dengan harga tiket masuk Rp 30.000 untuk hari biasa dan Rp 40.000 pada akhir pekan. Beberapa wahana mungkin dikenakan biaya tambahan.

18. Alun-Alun Kota Batu

Pengunjung tak perlu bayar tiket masuk untuk menikmati Alun-alun Kota Batu. Di sini ada berbagai wahana, yang mungkin dikenakan biaya tambahan, plus spot foto yang Instagramable. Pengunjung bisa sekadar santai atau menikmati makanan yang dijual pedagang sekitar.

19. Taman Selecta

Tempat wisata di Batu, Malang ini penuh bunga yang menjadikannya sangat Instagramable. Taman Selecta berlokasi di Jalan Raya Selecta Nomor 1, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Pengung cukup membayar Rp 40 ribu untuk tiket masuk di lokasi wisata yang buka pukul 06.00-17.00.

20. The Onsen Hot Spring Resort

Mengunjungi The Onsen Hot Spring Resort, memberi kesan dan pengalaman seperti berada di Jepang. Pengunjung bisa membayar Rp 50 ribu di tempat yang menyediakan simbol-simbol khas Negeri Sakura.

Di sini pengunjung juga bisa menyewa yukata dengan tarif Rp 150.000-an untuk perempuan dan Rp 100.000-an bagi pria dan anak-anak. Jika ingin berendam di Genki Onsen, pengunjung bisa membayar biaya tambahan Rp 150.000 per orang. Jam operasional pemandian air panas adalah pukul 14.00-17.00.

21. Kawasan Kusuma Agrowisata

Di sini pengunjung bisa petik-petik buah apel atau komoditas pertanian unggulan lain dari Kota Malang, Jawa Timur. Kawasan Kusuma Agrowisata berlokasi di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Malang.

Pengunjung bisa ikut petik apel dengan biaya kurang lebih Rp 65.000. Biaya tersebut termasuk makan apel di tempat sampai tiket masuk ke Water Park dan De Tjangkul. Tempat wisata di Malang ini buka setiap hari pukul 07.00-17.00.

22. Museum Angkut

23 Destinasi Wisata di Malang yang Instagramable

Foto: Budi Sugiharto/detikTravel

Bagi yang suka mobil klasik, Museum Angkut adalah spot wisata yang tepat plus sangat Instagramable. Museum Angkut di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Malang.

Buat yang berminat, bisa membayar Rp 100.000 untuk tiket masuk sebelum mengakses Museum Angkut. Destinasi wisata Malang ini buka setiap hari pukul 12.00-20.00.

23. Lumbung Stroberi Batu

Area Lumbung Stroberi Batu berlokasi di Jalan Nurul Kamil, Dusun Pandan, Desa Pandanrejo, Kota Batu, Malang. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00.

Di sini, pengunjung bisa petik stroberi dengan biaya paket Rp 30.000. Pengunjung akan diberi caping yang merupakan topi khas petani, gunting, keranjang, dan jus stroberi. Bila ingin membawa pulang stroberi, pengunjung harus membayar biaya tambahan Rp 6.000 per ons.

batumalangjawa-timurdestinasi-wisatawisatatimelessdyouthizeninstagraminstagramablewisata-malang

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending