Tripcle / Infos / Detail Tripcle

5 Lokasi Peninggalan Perang Dunia II di RI yang Bisa Kamu Kunjungi

5 Lokasi Peninggalan Perang Dunia II di RI yang Bisa Kamu Kunjungi
Museum Perang Dunia II di Morotai. Foto: Muhlis Eso/facebook

Jakarta - Perang Dunia II merupakan kejadian besar dalam perkembangan negara-negara di dunia. Perang ini terjadi pada tahun 1939-1945.

Negara-negara yang terlibat dalam perang yang lebih besar dari Perang Dunia I ini terbagi menjadi dua blok, yaitu sekutu dan poros. Blok Sekutu beranggotakan Uni Soviet, Inggris, Prancis, China, dan Amerika Serikat. Sedangkan blok poros beranggotakan Jerman, Jepang, dan Italia.

Pada masa Perang Dunia II, Indonesia yang masih belum merdeka juga terkena imbasnya. Beberapa peninggalan sejarah Perang Dunia II pun dapat ditemukan di sini. Sampai saat ini, traveler masih dapat menemukan peninggalan tersebut dan melakukan napak tilas di sana.

Berikut ini 5 lokasi peninggalan Perang Dunia II yang bisa traveler kunjungi.

1. Pulau Tarakan

Taman Berlabuh di Tarakan, Kalimantan Utara, ramai didatangi warga sekitar. Tak sedikit warga yang datang ke taman itu untuk menyaksikan matahari terbenam.

Taman Berlabuh di Tarakan, Kalimantan Utara, ramai didatangi warga sekitar. Tak sedikit warga yang datang ke taman itu untuk menyaksikan matahari terbenam. Foto: Pradita Utama

Pulau Tarakan terletak di Laut Sulawesi namun masuk dalam wilayah Kalimantan Utara. Berdasarkan catatan sejarah, Pulau Tarakan mulanya hanya pulau kosong yang kerap dijadikan tempat singgah bagi para nelayan.

Namun pada masa Perang Dunia II, pulau ini merupakan lokasi strategis bagi tentara sekutu untuk mengawasi musuh. Di samping itu, sekutu juga membangun pangkalan militer di sana.

Sebagai pangkalan militer, di sana pun dibangun gudang senjata yang berisi pasokan persenjataan sekutu untuk Perang Dunia II. Jika traveler datang ke sana, traveler akan menemukan bekas bunker, barak logistik artileri, dan bangunan-bangunan lain yang digunakan untuk mengintai musuh.

Pulau Tarakan juga menjadi saksi bisu pertumpahan darah antara pasukan sekutu dengan Jepang dalam pertempuran Perang Dunia II.

2. Pulau Biak

Cantiknya Pantai Yendidori di Biak

Cantiknya Pantai Yendidori di Biak Foto: Melati Raya Sihotang/d'Traveler

Bergerak ke barat laut Papua, tepatnya Pulau Biak, traveler akan kembali menemukan lokasi peninggalan Perang Dunia II. Pulau ini menjadi saksi perang antara pasukan sekutu dengan Jepang.

Saat itu, Jepang mengalami kekalahan. Ini diduga karena mereka kalah dalam jumlah.

Jika datang ke Pulau Biak, sempatkan masuk ke gua yang dijadikan sebagai tempat berlindung pasukan Jepang. Gua Jepang ini juga berisi sisa-sisa senjata dari Perang Dunia II yang masih terawat dengan baik.

3. Kepulauan Mapia

Masih di Papua, napak tilas Perang Dunia II juga dapat ditemukan di Kepulauan Mapia yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, Republik Palau, dan Filipina.

Dulunya, pasukan Jepang membangun pangkalan militer di sana. Sampai saat ini pangkalan udara dan beberapa kuburan para tentara masih dapat ditemukan di sana.

Kepulauan Mapia juga menjadi saksi adanya kerja paksa yang dilakukan warga Papua untuk mengolah tanaman kelapa menjadi minyak.

4. Kepulauan Morotai

Museum perang dunia II

Museum Perang Dunia II. Foto: Muhlis Eso/facebook

Kepulauan Morotai terletak di kawasan Halmahera Utara dan digunakan Jepang untuk membangun lapangan udara saat Perang Dunia II. Sayangnya pada 1944, Morotai berhasil diduduki tentara Amerika Serikat.

Jika datang ke Morotai, traveler akan melihat peninggalan seperti tank, topi baja, sampai peralatan makan yang disimpan di Museum Perang Dunia II.

Selain itu, traveler yang hobi diving juga bisa melihat puing-puing kendaraan perang yang kini menjadi terumbu karang.

5. Pulau Lombok

Pandemi COVID-19 sangat memukul sektor pariwisata di Gili Trawangan, NTB. Objek wisata favorit itu kini terlihat sepi.

Pandemi COVID-19 sangat memukul sektor pariwisata di Gili Trawangan, NTB. Objek wisata favorit itu kini terlihat sepi. Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto

Wilayah perairan Lombok memang sejak lama menjadi lokasi strategis untuk lalu lalang kapal asing. Termasuk saat masa Perang Dunia II, kawasan Lombok juga menjadi saksi ganasnya perang dua blok.

Bila traveler melakukan diving di Gili Trawangan, traveler akan menemukan jejak peninggalan Perang Dunia II berupa bangkai kapal Japanese Wreck dan Bounty Wreck. Kapal-kapal ini sudah menjadi terumbu karang dan tempat tinggal berbagai biota laut lainnya.

Tak hanya itu, di Lombok juga ada sejumlah gua Jepang yang menyimpan senjata hingga meriam untuk Perang Dunia II.

Itulah sejumlah lokasi peninggalan Perang Dunia II di Indonesia. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya? Coba ceritakan di kolom komentar.

perang-dunia-iipulau-tarakanpulau-biakpulau-morotaipulau-mapiapulau-lombok

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending