Tripcle / Infos / Detail Tripcle

5 Tips Buat Kamu yang Mau Coba Solo Traveling ke Yogyakarta

5 Tips Buat Kamu yang Mau Coba Solo Traveling ke Yogyakarta
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta -

Jalan-jalan bareng keluarga, teman atau sahabat memang menyenangkan. Tapi tak ada salahnya jika kamu mencoba setidaknya sekali seumur hidup buat jalan-jalan sendirian atau solo traveling.

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang pas untuk dijadikan kota tujuan para solo traveler. Sebab, Yogyakarta merupakan kota yang ramah wisatawan, kaya akan destinasi wisata, kuliner, hingga budayanya. Nah, buat kamu yang mau solo traveling ke Yogyakarta, berikut 5 tipsnya.

Riset Destinasi yang Mau Dikunjungi

Hal ini berlaku untuk setiap kali kamu traveling, apalagi saat solo traveling. Riset sangat penting untuk menentukan destinasi apa saja yang mau kamu kunjungi. Terlebih, Yogyakarta punya ratusan tempat wisata menarik.

Cari informasi tentang tempat wisata, jam buka, harga tiket masuk, retribusi, dan tempat makan terdekat. Hal ini sangat penting dilakukan agar kamu bisa menentukan budget serta jadwal atau waktu untuk jalan-jalan.

Atur Waktu Perjalanan

Setelah melakukan riset, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah atur waktu perjalanan. Sebagai seorang solo traveler, kamu bisa mengatur jadwal perjalanan sendiri. Kamu bisa sesuka hati menentukan di tempat mana kamu ingin berlama-lama menghabiskan waktu.

Pintar-pintar Menawar saat Membeli Barang

Yogyakarta adalah salah satu surga untuk berbelanja. Kamu bisa membeli banyak barang-barang bagus di Malioboro atau di Pasar Beringharjo. Namun, biasanya harga barang-barang itu akan dinaikkan untuk para wisatawan, jadi kamu harus pintar-pintar menawar barang. Salah satu caranya bisa dengan menggunakan bahasa daerah atau mengikuti logat setempat.

Bersikap Sopan dan Ramah

Saat solo traveling, kamu harus bersikap sopan dan ramah baik kepada wisatawan lain maupun kepada penduduk setempat. Sebab, kamu tak akan pernah tahu, jika suatu ketika ada masalah datang dan kamu perlu bantuan orang lain, maka orang lain akan membantumu karena sikapmu yang sopan dan ramah.

Sewa Kendaraan

Buat memudahkanmu menjelajah Kota Yogyakarta, kamu bisa menyewa kendaraan agar sampai di tempat tujuan dengan lebih cepat. Kamu bisa sewa layanan terbaru GrabBike yaitu GrabBike Tour. GrabBike Tour adalah layanan sewa GrabBike dengan pilihan waktu sewa mulai dari 2 hingga 6 jam dengan tarif terjangkau.

Petualanganmu akan aman didampingi oleh pengemudi GrabBike terlatih dengan sertifikasi sebagai Duta Wisata Grab. Layanan ini pas banget buat kamu para solo traveller saat traveling di Yogyakarta. Kamu bisa bebas turun dan mampir di manapun kamu mau dengan GrabBike Tour.

Itu dia 5 tips solo traveling ke Yogyakarta yang bisa kamu coba. Semoga solo traveling-mu menyenangkan, ya!

(prf/ddn)
yogyakartagrabgrabcartravelingsolo-travelinggrabdaily

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Cerita Pemandu Wisata Tentang Kelakuan Buruk Turis Israel di Dubai

Dubai saat ini menjelma sebagai destinasi favorit turis Israel. Tapi menurut cerita pemandu wisata, kelakuan turis Israel yang liburan ke Dubai sungguh buruk.

Warga Amerika dihujat netizen karena ajak pindah ke Bali

Seorang wanita Amerika dihujat warganet Twiiter karena mendorong wisatawan asing ramai-ramai pindah ke Bali di masa pandemi COVID-19.

Disneyland Paris tunda pembukaan hingga 2 April

Disneyland Paris telah menunda pembukaannya kembali selama dua bulan hingga 2 April karena Prancis memperketat langkah-langkah untuk menahan peningkatan kasus COVID-19.

Negara Paling Bahagia Ingin Melarang Penggunaan Niqab

Sebagai negara yang disebut paling bahagia di dunia, Swiss tak sepenuhnya ramah turis muslim. Ada wacana untuk melarang penggunaan niqab bagi umat muslim.

Pilot Emirates Ditangguhkan dari Pekerjaan Karena Tolak Terbang ke Israel

Seorang pilot Emirates ditangguhkan dari perusahan tempatnya bekerja. Dia dihukum karena menolak ditugaskan terbang ke Israel.

Filipina perpanjang larangan terhadap turis dari 30 negara

Filipina memperpanjang larangannya terhadap turis yang berasal lebih dari 30 negara dan wilayah karena takut akan masuknya dan lonjakan kasus virus corona berikutnya.

Jepang Juga Punya Pegunungan Salju Ala Alpen

Pada akhir tahun 2019 yang lalu sebelum virus COVID menyebar ke seluruh penjuru dunia, saya dan istri berkesempatan mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine di Jepang. Tateyama Kurobe Alpine disebut sebagai Alpen-nya Asia.

Naik Pesawat Gratis Pakai Identitas Palsu, Pria Ini Dipenjara 30 Bulan

Ternyata identitas palsu bisa digunakan buat naik pesawat. Seorang pria di AS dihukum penjara 30 bulan karena memakai identitas palsu buat naik pesawat gratis.

7 Tarian Jawa Timur yang Memesona dan Penjelasannya

Tarian Jawa Timur adalah tarian yang berasal dari wilayah di Jawa Timur. Tari-tarian ini bahkan ada yang sudah terkenal di dunia.

Wisata bersih akan jadi tren setelah pandemi

Wisata bersih akan menjadi tren dalam industri pariwisata setelah pandemi COVID-19, di mana aspek hygiene atau kebersihan akan menjadi perhatian para pelancong, kata Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Afdhal Aliasar, dalam diskusi "Memicu Lifestyle Halal Menuju Indonesia sebagai Negara Rujukan Pusat Halal Dunia".

Trending