Tripcle / Infos / Detail Tripcle

7 Bahasa Bali Sehari-hari yang Perlu Kamu Tahu

7 Bahasa Bali Sehari-hari yang Perlu Kamu Tahu
Bahasa Bali yang Bisa Dicoba/Foto: (Nandhang Astika/detikTravel)

Jakarta - Ada berbagai bahasa daerah di Indonesia yang bisa dipelajari, misalnya bahasa Bali. Apalagi jika kamu sedang berwisata, bahasa Bali bisa memudahkan komunikasi.

Mempelajari bahasa sehari-hari bisa menjadi cara cepat belajar bahasa Bali. Dengan begitu, kamu bisa semakin mencintai berbagai budaya di Indonesia kan?

Bahasa Bali yang Bisa Dicoba

Bahasa Bali yang Bisa Dicoba Foto: (Muhammad Zaky Fauzi Azhar/detikTravel)

Berikut contoh percakapan bahasa Bali:

1. Rahajeng Semeng

Rahajeng Semeng merupakan sapaan dalam bahasa Bali. Artinya 'Selamat Pagi'. Untuk siang hari tinggal diganti menjadi 'Rahajeng Siang' atau malam dan sore, 'Rahajeng Malam' dan 'Rahajeng Sore'.

2. Kenken Kabare

Kalimat ini memiliki arti 'Apa Kabarnya?". Ketika mendapatkan pertanyaan seperti ini, kamu bisa jawab 'becik-becik' yang dalam bahasa Indonesia "baik-baik".

3. Matur Suksma

Dalam bahasa Bali 'Matur Suksma' artinya 'Terima Kasih'. Kamu juga bisa menyingkat jadi 'Suksma'. Jangan lupa bilang ini ya setelah mendapat bantuan di Bali!

4. Tiang Tresna Ajak Adi

Nah, kalau kamu jatuh cinta sama perempuan di Bali bisa coba kalimat ini. Ini merupakan kata-kata bahasa bali buat pacar, artinya "Aku cinta sama kamu (adik)".

5. Aji Kuda Niki

Bahasa Bali ini sangat berguna saat tengah berbelanja. 'Aji Kuda Niki' artinya 'Berapa harganya ini' atau kamu bisa menyingkat menjadi 'Kuda niki?'

Bahasa Bali yang Bisa Dicoba

Bahasa Bali yang Bisa Dicoba Foto: Dikhy Sasra

6. Ngudiang

Jika ingin sedikit basa-basi dengan teman, kamu bisa menanyakan 'Lagi ngapain?' atau dalam bahasa Bali 'Ngudiang'. Bila teman sedang jalan-jalan pasti ia akan menjawab 'melali' yang artinya 'jalan-jalan'.

7. Dija

Ingin menanyakan lokasi teman kamu dalam bahasa Bali? Coba tanya dengan kata 'Dija?' yang artinya 'Di mana'. Dijamin ia akan menjawab lokasinya saat itu juga.

Selamat mencoba!

bahasa-balicara-cepat-belajar-bahasa-balicontoh-percakapan-bahasa-balikata-kata-bahasa-bali-buat-pacarsapaan-bahasa-balidyouthizengenzipedia

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Romantis Abis! Ketemu Jodoh, Dilamar, Sampai Nikah di Pesawat

Jodoh memang bisa bertemu di mana saja. Pasangan ini memiliki kisah serba di pesawat. Bahkan, pendetanya adalah teman sederet di bangku pesawat.

Sepi Job Selama Pandemi, Pasangan Desainer dan Pramugari Jualan Gorengan

Sebelum wabah virus Corona, desainer Amos Ananda Yeo dan istrinya yang seorang pramugari Laura Ooi amat berkecukupan. Kini, mereka mencari nafkah dengan berjualan gorengan.

Ganja Legal di Thailand, Jadi Menu di Restoran dan Rumah Sakit

Thailand telah melegalkan ganja untuk dikonsumsi masyarakat. Di negara itu, restoran hingga rumah sakit bahkan menjual berbagai menu olahan berbahan dasar ganja.

Ada Hotel di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Boleh Dicoba Nih

Anara Airport Hotel menjadi hotel pertama yang dibuka di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten. Hotel ini siap melayani traveler dengan protokol kesehatan.

Melanie Subono Sentil Video Pilot Vincent di Lokasi Tragedi

Nama pilot Vincent Raditya yang juga merupakan seorang Youtuber dunia penerbangan disentil oleh Melanie Subono. Terkait videonya di lokasi tragedi.

Jurnalis Asing Ungkap Pengalaman Terbang Menegangkannya Naik Sriwijaya Air

Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 menjadi sorotan baik media dalam hingga luar negeri. Jurnalis asing pun berbagi kisahnya menaiki Sriwijaya Air.

Keterlaluan! Ada Hewan Laut dengan Tubuh Penuh Coretan Bertuliskan Trump

Hewan manatee atau yang dikenal sebagai lembut laut dikenal begitu ramah. Namun, ada orang yang tega mengukir nama Presiden AS Donald Trump di punggungnya. Terlalu.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Wisatawan Asing Mungkin Takkan Bebas Lagi Nikmati Ganja di Amstedam

Kota terbesar di Belanda ini telah lama jadi surga bagi pengguna ganja di dunia. Akan tetapi, walikota setempat ingin Amsterdam juga dikenal sebagai keindahan kotanya.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Trending