Tripcle / Infos / Detail Tripcle

7 Fakta Perpustakaan Nasional Indonesia yang Harus Kamu Tahu

7 Fakta Perpustakaan Nasional Indonesia yang Harus Kamu Tahu
Pengunjung di Perpustakaan Nasional (Agung Pambudhy/detikcom)

Jakarta - Perpustakaan Nasional Indonesia memiliki sejumlah fakta menarik. Dijamin, travaler yang singgah di Perpusnas bakal bangga.

Perpustakaan tidak lagi sekadar menjadi tempat membaca dan mencari buku untuk bahan referensi. Banyaknya inovasi berbasis teknologi, menjadikan perpustakaan sebagai salah satu tempat belajar yang menyenangkan.

Salah satu perpustakaan yang menyenangkan dan kekinian adalah Perpustakaan Nasional. Perpustakaan tertinggi di dunia dan berada di jantung ibu kota itu menawarkan layanan dan fasilitas yang wow.

7 Fakta Perpustakaan Nasional Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Foto: (Agung Pambudhy/detikcom)

Dirangkum detikcom, Kamis (20/2/2020) berikut fakta-fakta menarik tentang Perpustakaan Nasional Indonesia yang perlu kamu tahu.

1. Perpustakaan Nasional, perputakaan tertinggi di dunia

Gedung Perpustakaan Nasional merupakan yang tertinggi di dunia yaitu 126,3 meter. Gedung setinggi ini memiliki gedung layanan sebanyak 24 lantai.

2. Perpustakaan Nasional Mudah dijangkau

Perpustakaan Nasional berada di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat. Lokasinya berhadapan langsung dengan Monas dan tidak jauh dari halte Transjakarta. Kamu bisa turun di Halte Monas dan Halte Balai Kota, lalu berjalan kaki sedikit hingga ke gedung.

Layanan anak-anak

Layanan anak-anak (Syanti/detikcom)

3. Perpustakaan Nasional Terbuka untuk semua kalangan

Pustaka tak hanya untuk pelajar dan mahasiswa saja, namun untuk semua kalangan. Di Perpusnas, juga ada layanan untuk anak-anak, disabilitas dan juga lansia lho.

Untuk koleksi buku, kamu tidak usah ragu. Semuanya lengkap di sini, bahkan juga ada naskah kuno, layanan multimedia, audiovisual, buku-buku langka, koleksi mancanegara, ragam pameran dan banyak lagi.

4. Bisa menggunakan ruangan di perpustakaan secara gratis

Kamu yang ingin mengadakan acara diskusi tentang edukasi, seminar dan kegiatan publik bisa mengadakannya di Perpusnas secara gratis, lo. Di Perpusnas ini terdapat auditorium yang bisa menampung 200 orang, ruang serbaguna berkapasitas 300 orang, dan mini theatre berkapasitas 35 orang.

Untuk bisa memanfaatkan ruangan ini, kamu bisa langsung menghubungi pihak perpustakaan untuk memesan tempat dan melihat ketersediaan.

7 Fakta Perpustakaan Nasional Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Foto: (Agung Pambudhy/detikcom)

5. Perpustakaan Nasional Memiliki naskah kuno yang diakui UNESCO

Koleksi Naskah Kuno Perpustakaan Nasional tercatat sebagai Memory Of The World (MoW) UNESCO yaitu Ila Galigo, Naskah Panji, Babad Diponegoro, Kitab Negarakertagama. Naskah ini bisa kamu lihat di Layanan Koleksi Naskah Nusantara yang ada di lantai 9.

6. Perpustakaan Nasional buka sampai malam

Perpusnas buka tiap hari. Layanan dibuka setiap hari Senin-Kamis 08.00- 21.00 WIB, hari Jumat pukul 09.00-21.00 WIB dan Sabtu-Minggu pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Nah, traveler, yang sekedar ingin membaca buku, bisa naik ke lantai 21 hingga 22. Lantai 23 menyajikan buku mancanegara, sedangkan lantai 24 menyimpan buku kisah-kisah nusantara.

Untuk buku, Perpusnas pun menyimpan ribuan buku. Dilihat dari katalog online, terdapat sekitar 921.203 judul buku. Itu baru buku fisik, selain itu juga terdapat kurang lebih 1,5 juta artikel digital yang bisa dilihat oleh para mahasiswa untuk keperluan kuliah.

Pemandangan di lantai 24Pemandangan di lantai 24 (Agung Pambudhy/detikcom)

7. Bisa bersantai di lantai tertinggi Perpusnas

Hal lain yang menarik dari Perpusnas adalah di lantai 24. Pengunjung bisa naik ke lantai paling atas yang melayani Koleksi Budaya Nusantara dan Ex-Lounge.

Selain membaca buku-buku tentang budaya nusantara, kamu juga bisa meilhat Jakarta dari ketinggian di sini. Di sana ada bangku yang bisa kamu gunakan untuk duduk dan mengamati Kota Jakarta lho. Sering juga di lantai 24 ada kegiatan workshop dan pameran.

perpusnasperpustakaan-nasionalloungejakarta

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending