Tripcle / Infos / Detail Tripcle

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis
Foto: Ilustrasi (dok. Unsplash)

Medan - Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

Perpaduan budaya China dan Melayu di kota ini membuat kulinernya beragam dan menggiurkan. Mulai dari soto kuah, bihun, hingga makanan manis, wisata di Medan berupa kuliner ini akan membuat Anda ingin kembali lagi.

1. Soto Sinar Pagi

Kuliner Medan satu ini sudah ada sejak tahun 1962 dan menjadi menu wajib ketika menyambangi kota ini. Biasanya, soto ini dinikmati sebagai sarapan sehingga sering habis sebelum jam tutup. Selain soto daging atau ayamnya, menu lain yang juga harus dicoba adalah sate kerangnya. Cukup datang ke Jalan Sei Deli No. 2D mulai jam 7.00 untuk menikmatinya.

2. Bihun Bebek Asia

Bangun lebih pagi dan segera tancap gas ke Jalan Kumangi No. 15 Kesawan mulai pukul 7.00 untuk menikmati sajian ini. Menunya terlihat sederhana, hanya bihun, potongan sawi, suwiran daging bebek, dan taburan bawang goreng serta daun bawang. Jangan lupa seruput kuahnya agar cita rasanya semakin gurih.

3. Lontong Medan Kak Lin

Dari sekian banyak kedai yang menjajakan lontong Medan, kedai Kak Lin adalah yang paling populer di kalangan wisatawan. Kedainya yang berada di Jalan Teuku Cik Ditiro No. 8M Madras Hulu telah ada sejak tahun 1994 dan kelezatannya tidak berubah. Setelah menyantap sepiring lontong, cicipi juga kue lupisnya.

4. Restoran Tip Top

Belum ke Medan namanya kalau belum mencoba bersantap di tempat kuliner khas Medan yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 92 ini.

Restoran jadul ini kental dengan suasana kolonial, termasuk menu yang disajikan. Selain kue-kue dan makanan berat, salah satu makanan yang wajib dicoba di sini adalah es krip markoop, yakni es krim dengan kue bundar dan saus cokelat.

5. Mie Balap

Kuliner Medan ini dinamakan demikian karena cara memasaknya yang cepat, persis seperti orang yang sedang balapan. Ada banyak kedai yang menjajakan mie balap, namun Mie Balap Mail Krakatau yang berada di Jalan Gunung Krakatau No. 105 Glugur Darat adalah salah satu yang paling ramai. Tinggal pilih isian mie yang Anda suka, namun yang paling populer adalah isi seafood.

6. Ucok Durian

Durian Medan tentu jadi makanan yang wajib dicoba. Langsung saja datang ke Ucok Durian di Jalan Pelajar No. 46 Teladan Timur. Di sini kamu bisa menikmati durian segar yang baru dikupas sepuasnya. Selain buah durian, tersedia juga aneka olahan durian yang bisa dicoba atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

7. Rumah Makan Tabona

Jika Anda ingin makan kuliner khas Medan yang berkuah ala Melayu, langsung saja datang ke rumah makan yang berada di Jalan Mangkubumi No. 17 ini. Anda bisa menikmati aneka kari yang gurih. Tinggal pilih, mau kari kambing, kari ayam, ataupun kari sapi dengan mi atau bihun.

kuliner-medanwisata-kulinermedanwisata-di-medanhave-halal-will-travelkuliner-khas-medan

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending