Tripcle / Infos / Detail Tripcle

7 Tarian Jawa Timur yang Memesona dan Penjelasannya

7 Tarian Jawa Timur yang Memesona dan Penjelasannya
Foto: Charoline Pebrianti/7 Tarian Jawa Timur yang Memesona dan Penjelasannya

Jakarta - Tarian Jawa Timur adalah tarian yang berasal dari wilayah di Jawa Timur. Tari-tarian ini bahkan ada yang sudah terkenal di dunia.

Contohnya saja Reog Ponorogo. Tarian ini kerap ditampilkan di luar negeri.

Berikut 7 tarian Jawa Timur dan penjelasannya:

1. Reog Ponorogo

Tari Reog Ponorogo adalah tarian Jawa Timur yang populer. Tarian ini dibawakan oleh beberapa orang pemain dengan penari utama mengenakan topeng Barongan.

Dilansir situs Kemdikbud, penari Reog melakukan gerakan-gerakan dengan topeng Barongan yang beratnya hampir 50 kg di kepalanya dengan mengandalkan kekuatan gigi.

Seni Reog Ponorogo terdiri atas dua sampai tiga tarian pembukaan. Tarian yang pertama dibawakan oleh 6 hingga 8 pria.

8 Pria mengenakan pakaian serba hitam dan wajah poles warna merah. Para penari ini menggambarkan sosok singa pemberani.

Berikutnya adalah tarian yang dibawakan oleh enam hingga delapan gadis yang mengendarai kuda.

2. Tari Topeng Guro Gudho

Tari topeng Guro Gudho mirip dengan Reog Ponorogo. Para penarinya juga mengenakan topeng Barongan namun ukurannya tidak sebesar reog.

Guro Gudho membawakan kisah legenda dari Jawa Timur yang menceritakan tentang seseorang dengan kasta Sudra (kelas sosial paling rendah di Jawa pada masa lalu). Dia berupaya mencari kekuatan spiritual dan ilmu pengetahuan.

Sepanjang perjalanan spiritualnya untuk meraih kebijakannya, ia mendapatkan berbagai ujian dan rintangan. Namun, sesuai hukum alam kemungkaran selalu terkalahkan dengan kebajikan.

3. Tari Remo

Tarian Remo berasal dari Surabaya. Tarian ini melambangkan jiwa dan kepahlawanan.

Tarian Remo ditampilkan untuk menyambut tamu. Penarinya umumnya pria, meski dapat dilakukan oleh wanita.

Ciri khas penari ini pada hentakan kaki yang memakai gelang sehingga menimbulkan suara gemerincing.

4. Kuda Lumping

Kuda lumping atau biasa disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian Jawa Timur yang berasal dari Ponorogo. Tarian ini menampilkan sekelompok prajurit yang sedang menunggang kuda.

Tarian ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu atau bahan lainnya yang di anyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda. Kuda itu dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau lainnya yang dikepang.

5. Tari Seblang

Tarian Jawa Timur ini berasal dari Banyuwangi. Tarian ini hanya dapat dijumpai di dua desa dalam wilayah kecamatan Glagah, Banyuwangi, yakni desa Bakungan dan Olehsari.

Tari Seblang berupa ritual yang dilaksanakan untuk keperluan bersih desa dan tolak bala. Hal ini agar desa tetap dalam keadaan aman dan tenteram.

6. Tari Gandrung

Tarian Gandrung adalah tarian Jawa Timur yang juga berasal dari Banyuwangi. Tarian ini ditampilkan untuk acara resmi dan tidak resmi. Tarian Gandrung dilakukan sebagai rasa syukur setelah panen.

7. Tari Thengul

Tarian Jawa Timur berikutnya yakni tari Thengul. Tarian ini berasal dari Brojonegoro dan terinspirasi dari wayang Thengul, asal kota itu.

tarian-jawa-timurtarianjawa-timurreog-ponorogokuda-lumpingpendidikan

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending