Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Alasan Kenapa Kamu Malas Bongkar Koper Setelah Liburan

Alasan Kenapa Kamu Malas Bongkar Koper Setelah Liburan
Ilustrasi packing dengan koper. Foto: Shutter Stock

Liburan tentu merupakan hal yang paling menyenangkan. Mengunjungi tempat wisata yang belum pernah didatangi, bertemu dengan orang baru, hingga menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat, adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat liburan.

Meski menyenangkan, liburan panjang terkadang melelahkan.

Selepas liburan, merebahkan diri di kasur yang empuk rasanya sungguh menyenangkan. Kadang, hal ini bikin kamu malas untuk membongkar koper setelah liburan.

Dilansir Huffpost, tak hanya itu saja, ternyata ada beberapa alasan lain yang membuat seseorang jadi malas membongkar koper setelah liburan.

1. Kegembiraan yang Telah Hilang

Ilustrasi Traveling

Ilustrasi traveling di Pantai. Foto: Eraspace.com

Setelah liburan usai, rasa gembira ternyata ikut berkurang. Bahkan, ketika sampai di rumah, sebagian traveler telah membayangkan bagaimana mereka akan kembali ke rutinitas yang ada.

Menurut travel blogger Jessica Norah, berbeda saat ingin liburan, kamu tentu akan mencicil atau menyiapkan peralatan traveling-mu jauh-jauh hari dengan batas waktu tertentu. Setelah liburan, traveler cenderung menunda-nunda untuk memberesekan isi koper.

"Tetapi ketika kamu kembali dari traveling, kegembiraan hilang dan tidak ada batas waktu untuk membongkar koper," kata Norah.

Bahkan, menurut asisten profesor klinis psikiater di Universitas George Washington, Jean Kim, mengungkapkan bahwa menunda membongkar koper setelah liburan mungkin merupakan upaya untuk mempertahankan kesenangan dalam perjalanan.

"Ini mungkin cara untuk mempertahankan perasaan kebebasan yang mungkin mereka miliki saat bepergian. Pada dasarnya, berpura-pura mereka masih di jalan, alih-alih kembali ke kesibukan kehidupan biasa mereka," katanya.

2. Masih Dalam Suasana Liburan

Liburan

com-Ilustrasi liburan bersama teman Foto: Shutterstock

Ketika seseorang telah selesai liburan. Sebagian dari mereka masih merasa berada di dalam suasana liburan. Alih-alih berada di dalam suasana liburan, mereka cenderung menunda-nunda untuk merapikan koper mereka.

Menurut Psikolog Klinis, Tamara McClintock Greenberg, penundaan sering terjadi ketika kita gugup tentang sesuatu, atau memiliki perasaan tidak menyenangkan tentang hal yang kita hindari.

"Saya pikir tidak membongkar (koper) merupakan cara untuk menghindari perasaan bahwa kesenangan telah berakhir. Jadi dalam hal itu, mungkin membongkar adalah cara untuk mempertahankan perjalanan atau semacam penyangkalan bahwa liburan telah berakhir, meskipun dengan cara yang tidak membantu," kata Greenberg.

3. Membawa Terlalu Banyak Barang

Ilustrasi merapikan barang ke dalam koper

Ilustrasi merapikan barang ke dalam koper Foto: Shutter Stock

Alasan berikutnya kenapa kamu malas membongkar koper setelah liburan, adalah karena membawa terlalu banyak barang. Salah seorang travel blogger bernama Rupert Wolfe Murray, mengatakan, begitu banyak traveler yang kesulitan membongkar koper, karena terlalu banyak membawa barang.

"Ketika liburan kita sering dihadapkan dengan cara bagaimana untuk membawa banyak barang dalam ruang yang terbatas. Berurusan dengan hal seperti itu adalah tugas besar secara psikologis dan bepergian itu melelahkan, jadi kita cenderung membiarkannya," kata Murray.

4. Rasa Malas yang Menghantui

Ilustrasi pemalas, malas, ngantuk

Ilustrasi pemalas. Foto: Shutter Stock

Lelah bukanlah satu-satunya alasan kenapa seseorang menunda untuk membongkar koper setelah liburan.

Menurut Kim, ada beberapa situasi yang memungkinkan seseorang menunda untuk membongkar kopernya, seperti rasa malas yang menghantui.

Padahal mengulur-ulur waktu untuk membuka koper akan merugikan diri sendiri, karena akan ada banyak waktu yang terbuang. Toh, nanti kamu juga akan membukanya.

ÔÇťAdalah normal untuk sedikit sedih dan kecewa untuk kembali dari liburan yang sangat dinanti. Bagi sebagian orang, ini juga bisa mewakili sesuatu yang lebih besar seperti ketidakbahagiaan dengan pekerjaan, hubungan, situasi rumah dan lainnya," ujar Kim.

Meski begitu, membongkar koper setelah liburan, bukanlah akhir dari segalanya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu tidak malas ketika membongkar koper. Mulai dari menyesuaikan barang dengan durasi liburan, tidak terlalu membawa banyak barang, hingga memisahkan barang-barang yang akan dibawa saat liburan.

Jadi, jangan malas membongkar kopermu setelah liburan, ya.

travelserba_serbi-traveltravelingwisatawanliburankoper

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending