Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Aneka Maskapai Dalam Negeri yang Punya Rute ke Tanah Suci

Aneka Maskapai Dalam Negeri yang Punya Rute ke Tanah Suci
Ilustrasi Garuda Indonesia (Shinta/detikTravel)

Jakarta - Baru-baru ini tengah ramai isu penyetopan Umroh oleh Arab Saudi. Di dalam negeri, ada sejumlah maskapai yang punya rute ke Tanah Suci.

Arab Saudi melarang kunjungan warga negara asing untuk memasuki wilayahnya sementara waktu karena penyebaran virus Corona (COVID-19). Tak hanya melarang kunjungan dalam rangka ibadah umrah melalui penghentian visa umroh, Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi, Madinah.

"Menghentikan sementara warganegara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah umroh dan mengunjungi Masjid Nabawi," demikian rilis dari Kemlu Arab Saudi yang diterima detikcom setelah diterjemahkan Dubes RI Agus Maftuh Abegebriel, Kamis (27/2).

Sementara dari pihak Kerajaan Arab Saudi, menyatakan melalui Kementerian Luar Negerinya bahwa keputusan itu tidak bersifat permanen.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menegaskan bahwa langkah-langkah tersebut di atas adalah sementara, dan penerapannya akan terus dievaluasi oleh lembaga-lembaga kompeten yang terkait," dalam pernyataan resminya.

Sedangkan dari dalam negeri, kebijakan Arab Saudi itu tentu berdampak pada sejumlah maskapai nasional. Faktanya, ada sejumlah maskapai dalam negeri yang punya rute ke Tanah Suci.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2020), setidaknya ada tiga maskapai dalam negeri yang punya rute ke Madinah dan Jeddah. Berikut tiga maskapai tersebut:

1. Lion Air

Berdasarkan press release resminya beberapa waktu lalu, Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang M. Prihantoro menyatakan bahwa pihaknya memiliki sejumlah rute ke Tanah Suci dengan tujuan Madinah dan Jeddah.

"Kami mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan dukungan dari regulator, pengelola bandara, pengatur lalu lintas udara, mitra, pihak terkait, kru pesawat, dan seluruh karyawan. Semoga penyelenggaraan umrah pada 11 kota ini berjalan lancar," katanya dalam siaran pers, Minggu (29/9/2019).

Sebelas kota itu antara lain Medan (Bandara Kuala Namu), Padang (Bandara Minangkabau), Pekanbaru (Bandara Sultan Syarif Kasim II), Batam (Bandara Hang Nadim), Palembang (Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II), dan Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta).

Solo (Bandara Adi Sumarmo), Surabaya (Bandara Juanda), Balikpapan (Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan), Banjarmasin (Bandara Syamduddin Noor), dan Makassar (Bandara Sultan Hasanuddin).

Adapun hingga saat ini, Lion Air mengatakan pihaknya tak terpengaruh akan penyetopan arus jemaah umroh ke Arab Saudi. Maskapai ini tetap beroperasi ke Tanah Suci seperti biasa.

"Lion Air hingga saat ini (27/ 02) masih mengoperasikan layanan penerbangan umroh atau belum mengalami pembatalan," dalam pernyataan resminya.

2. Garuda Indonesia

Sebagai maskapai plat merah, Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai nasional yang juga memiliki rute ke Makkah dan Madinah. Salah satunya adalah lewat rute Jakarta - Makkah dan Jakarta - Madinah.

Hanya berkenaan dengan kebijakan terbaru Arab Saudi, pihak Garuda Indonesia yang diwakili oleh Corporate Secretary Garuda Indonesia, Mitra Piranti DS, terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama. Mereka menunggu keputusan resmi yang diambil pemerintah.

"Sampai saat ini kami masih terus berkoordinasi dengan Kemenag dan terkait dengan penerbangan Garuda ke Arab Saudi. Kami menunggu keputusan dari Kemenag," kata Mitra dalam sambungan telepon, Kamis (27/2/2020).

Adapun seperti dilihat detikcom di situs resmi Garuda, tiket ke Tanah Suci untuk bulan Maret masih tersedia. Estimasi harga tiketnya dimulai dari Rp 7 jutaan.

3. Citilink

Sebagai maskapai bujet anak Garuda Indonesia, maskapai Citilink juga memiliki sejumlah rute ke Tanah Suci. Beberapa di antaranya berangkat dari sejumlah kota besar di Indonesia seperti Solo, Surabaya dan Majalengka (Bandara Kertajati).

Hanya seperti dilihat dari situs resmi Citilink, masih tersedia penerbangan dari sejumlah kota besar itu ke Jeddah. Besok Sabtu (29/2) misalnya, ada penerbangan ke Jeddah dari Solo via transit Surabaya.

Selain itu, rute direct Surabaya-Jeddah juga tersedia di hari Minggu (1/3). Hanya saja, rute penerbangan itu diketahui telah full seat.

jakartaumrohgaruda-indonesialion-aircitilinkpesawatvirus-corona

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending