Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Aneka Maskapai Dalam Negeri yang Punya Rute ke Tanah Suci

Aneka Maskapai Dalam Negeri yang Punya Rute ke Tanah Suci
Ilustrasi Garuda Indonesia (Shinta/detikTravel)

Jakarta - Baru-baru ini tengah ramai isu penyetopan Umroh oleh Arab Saudi. Di dalam negeri, ada sejumlah maskapai yang punya rute ke Tanah Suci.

Arab Saudi melarang kunjungan warga negara asing untuk memasuki wilayahnya sementara waktu karena penyebaran virus Corona (COVID-19). Tak hanya melarang kunjungan dalam rangka ibadah umrah melalui penghentian visa umroh, Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi, Madinah.

"Menghentikan sementara warganegara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah umroh dan mengunjungi Masjid Nabawi," demikian rilis dari Kemlu Arab Saudi yang diterima detikcom setelah diterjemahkan Dubes RI Agus Maftuh Abegebriel, Kamis (27/2).

Sementara dari pihak Kerajaan Arab Saudi, menyatakan melalui Kementerian Luar Negerinya bahwa keputusan itu tidak bersifat permanen.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menegaskan bahwa langkah-langkah tersebut di atas adalah sementara, dan penerapannya akan terus dievaluasi oleh lembaga-lembaga kompeten yang terkait," dalam pernyataan resminya.

Sedangkan dari dalam negeri, kebijakan Arab Saudi itu tentu berdampak pada sejumlah maskapai nasional. Faktanya, ada sejumlah maskapai dalam negeri yang punya rute ke Tanah Suci.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2020), setidaknya ada tiga maskapai dalam negeri yang punya rute ke Madinah dan Jeddah. Berikut tiga maskapai tersebut:

1. Lion Air

Berdasarkan press release resminya beberapa waktu lalu, Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang M. Prihantoro menyatakan bahwa pihaknya memiliki sejumlah rute ke Tanah Suci dengan tujuan Madinah dan Jeddah.

"Kami mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan dukungan dari regulator, pengelola bandara, pengatur lalu lintas udara, mitra, pihak terkait, kru pesawat, dan seluruh karyawan. Semoga penyelenggaraan umrah pada 11 kota ini berjalan lancar," katanya dalam siaran pers, Minggu (29/9/2019).

Sebelas kota itu antara lain Medan (Bandara Kuala Namu), Padang (Bandara Minangkabau), Pekanbaru (Bandara Sultan Syarif Kasim II), Batam (Bandara Hang Nadim), Palembang (Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II), dan Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta).

Solo (Bandara Adi Sumarmo), Surabaya (Bandara Juanda), Balikpapan (Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan), Banjarmasin (Bandara Syamduddin Noor), dan Makassar (Bandara Sultan Hasanuddin).

Adapun hingga saat ini, Lion Air mengatakan pihaknya tak terpengaruh akan penyetopan arus jemaah umroh ke Arab Saudi. Maskapai ini tetap beroperasi ke Tanah Suci seperti biasa.

"Lion Air hingga saat ini (27/ 02) masih mengoperasikan layanan penerbangan umroh atau belum mengalami pembatalan," dalam pernyataan resminya.

2. Garuda Indonesia

Sebagai maskapai plat merah, Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai nasional yang juga memiliki rute ke Makkah dan Madinah. Salah satunya adalah lewat rute Jakarta - Makkah dan Jakarta - Madinah.

Hanya berkenaan dengan kebijakan terbaru Arab Saudi, pihak Garuda Indonesia yang diwakili oleh Corporate Secretary Garuda Indonesia, Mitra Piranti DS, terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama. Mereka menunggu keputusan resmi yang diambil pemerintah.

"Sampai saat ini kami masih terus berkoordinasi dengan Kemenag dan terkait dengan penerbangan Garuda ke Arab Saudi. Kami menunggu keputusan dari Kemenag," kata Mitra dalam sambungan telepon, Kamis (27/2/2020).

Adapun seperti dilihat detikcom di situs resmi Garuda, tiket ke Tanah Suci untuk bulan Maret masih tersedia. Estimasi harga tiketnya dimulai dari Rp 7 jutaan.

3. Citilink

Sebagai maskapai bujet anak Garuda Indonesia, maskapai Citilink juga memiliki sejumlah rute ke Tanah Suci. Beberapa di antaranya berangkat dari sejumlah kota besar di Indonesia seperti Solo, Surabaya dan Majalengka (Bandara Kertajati).

Hanya seperti dilihat dari situs resmi Citilink, masih tersedia penerbangan dari sejumlah kota besar itu ke Jeddah. Besok Sabtu (29/2) misalnya, ada penerbangan ke Jeddah dari Solo via transit Surabaya.

Selain itu, rute direct Surabaya-Jeddah juga tersedia di hari Minggu (1/3). Hanya saja, rute penerbangan itu diketahui telah full seat.

jakartaumrohgaruda-indonesialion-aircitilinkpesawatvirus-corona

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

10 Negara yang Masyarakatnya Paling Dermawan, Termasuk Indonesia

Mungkin traveler penasaran, negara mana saja yang disebut cukup dermawan. Dari 10 negara paling dermawan, terselip nama Indonesia.

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Baru Mau Mencoba Solo Travel? Ingat dan Terapkan 8 Tips Penting Ini

Solo travel bukanlah hal yang baru, termasuk di kalangan traveler Muslim. Sebelum mencoba, ingat dan terapkan 8 tips penting ini ya!

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

Paspor Baru Taiwan, Tulisan Besar 'Republic of China' Dihilangkan

Taiwan baru saja meluncurkan desain paspor baru. Perubahan dapat terlihat dari tulisan 'Republik of China' yang bercetak besar dihapus.

Pak Jokowi, Sandiaga Minta Pekerja Wisata Dapat Prioritas Vaksin

Proses vaksinasi COVID-19 sudah bergulir hari ini, dimulai dari Presiden Joko Widodo. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pemerintah juga memprioritaskan pekerja wisata.

Trending