Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Berenang Aman dengan Ubur-ubur, Ini 4 Tempat Pilihan di Indonesia

Berenang Aman dengan Ubur-ubur, Ini 4 Tempat Pilihan di Indonesia
© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Pemandu Acara 100 Hari Keliling Indonesia Kompas TV, Ramon Y Tungka Menyelam Bersama Ubur-ubur di Kakaban, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi kamu yang penasaran bagaimana berenang dengan ubur-ubur, di Indonesia ada beberapa destinasi wisata yang akan membawa kamu berenang dengan makhluk laut tidak bertulang ini.

Uniknya, ubur-ubur di destinasi ini aman diajak berenang bersama alias tidak menyengat.

“Ada di NTT, ada di Kalimantan, tepatnya di Kakaban, ada di Misoon, Papua, ada di Sulawesi” ujar VP Sea World & Ocean Dream Samudra, Rika Sudranto di Museum Sea World Ancol, Jakarta, Rabu (18/09/2019).

Ia menjelaskan bahwa destinasi wisata tersebut memiliki ubur-ubur yang tidak berbahaya atau tidak menyengat. Sensasi baru dalam menyelam akan didapat ketika bisa bersentuham langsung dengan makluk air satu ini.

Daerah-daerah yang terdapat segrombolan ubur-ubur tidak menyengat adalah:

Ubur-ubur di Danau Kakaban, Kepulauan Derawan - Kalimantan Timur.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Ubur-ubur di Danau Kakaban, Kepulauan Derawan - Kalimantan Timur.

1. Pulau Kakaban, Kalimantan Timur

Di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur kamu bisa melihat sekumpulan ubur-ubur berwarna jingga dan tak menyengat.

Terletak di Danau Kakaban dengan air jernih berwarna biru, kamu akan melihat dengan jelas pemandangan langka berupa ubur-ubur hidup berenang mengelilingi perenang tanpa harus khawatir akan disengat.

Taman Laut Kepulauan Togean.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Taman Laut Kepulauan Togean.

2. Togean, Sulawesi Tengah

Selain di Kakaban, di Kepulauan Togean juga terdapat sebuah tempat dengan ubur-ubur yang ramah. Ubur-ubur di Kepulauan Togean ini memiliki kesamaan dengan di Kakaban, yaitu ubur-uburnya tidak berbahaya atau menyengat ketika dipegang.

Lokasi ubur-ubur ini berada di Danau Mariona, Katupat, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Ubur-ubur bulan (Aurelia aurita) di perairan Pulau Misool, Raja Ampat, Papua Barat.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Ubur-ubur bulan (Aurelia aurita) di perairan Pulau Misool, Raja Ampat, Papua Barat.

3. Misool, Papua Barat

Raja Ampat memang tidak habis-habisnya untuk dibahas. Misool, Raja Ampat, Papua Barat memiliki sebuah spot yang dipenuhi dengan ubur-ubur.

Spot ini berada di tiga dari beberapa danau air asin yang ada di Misool. Danau-danau ini bisa diakses dengan trekking, jadi cukup bikin keringat bercucuran.

Untuk itu, lebih baik untuk melakukan beberapa latihan fisik sebelum memutuskan untuk ke danau penuh ubur-ubur di Misool.

4. Landu, Nusa Tenggara Timur

Bergeser ke Nusa Tenggara Timur, yang memiliki tempat kumpulan ubur-ubur cantik, yaitu di Pulau Landu, Rote.

Di samping itu, kawasan ubur-ubur di sini masih jarang diketahui oleh wisatawan. Di Pulau Landu juga disediakan fasilitas untuk berwisata, mulai dari diving, beach hopping, hingga snorkeling bersama ubur-ubur.

ubur-uburberenangkakabantogeanmisoollandudiving

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Filipina perpanjang larangan terhadap turis dari 30 negara

Filipina memperpanjang larangannya terhadap turis yang berasal lebih dari 30 negara dan wilayah karena takut akan masuknya dan lonjakan kasus virus corona berikutnya.

Miyabi Kagum pada Indonesia, Cicipi Kuliner sampai Bicara Bahasa

Maria Ozawa atau yang akrab disapa Miyabi baru-baru ini membuat vlog bertema Indonesia. Ia mengungkapkan pengalamannya mengunjungi Indonesia hingga mencoba berbicara dalam bahasa Indonesia.

Sedih, Kelinci Merana di Taman Kota Songdo yang Indah

Songdo terkenal sebagai New York-nya Korea Selatan. Di dalamnya, ada pula berbagai obyek wisata menggemaskan seperti Rabbit Island.

Kafe Klasik nan Asri, Bagai Oase di Tengah Ibu Kota

Kafe di kawasan Cilandak, Jaksel, ini dihiasi dengan beragam tanaman hijau. Tak hanya asri, kafe itu pun dihiasi dengan beragam pernak-pernik bertema klasik.

Potret Seksi Model Playboy yang Beli Klub Bola Saat Pergi Liburan

Inilah Daniella Chavez, seorang model playboy seksi yang dikabarkan membeli sebuah klub bola. Gaya liburannya selalu seksi dan menggoda.

Potret Makam Kuno Kaisar Pertama Roma yang Dibuka untuk Umum

Akan ada destinasi wisata sejarah baru di Roma. Namanya The Mausoleo of Augusto, makam kaisar pertama Roma yang selesai direstorasi.

Bagaimana Rasanya Tinggal di Hotel Terkecil di Dunia?

Seorang YouTuber menarik perhatian traveler. Dia membagikan pengalamannya menginap di hotel terkecil di dunia.

Sepinya Ritual Berendam di Kolam Es Jepang

Pandemi tak menyurutkan semangat umat shinto di Jepang untuk berdoa. Ritual kali ini adalah berendam di pemandian es dan tanpa penonton.

Ini Spaceport City, Bandara Antariksa di Jepang

Mungkin tidak butuh lama lagi akan perjalanan ke luar angkasa secara mudah. Jepang telah memiliki konsep bandara antariksa.

Sungai di Kyoto Berubah Warna Merah Darah

Sungai yang terkenal di Kyoto, Jepang tetiba berubah menjadi merah darah. Diduga kebocoran limbah, namun belum diketahui zat apa yang dikandungnya.

Trending