Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi ala Bintan

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi ala Bintan
Foto: Pantai Trikora di Bintan (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Tanjungpinang - >Negeri Laskar Pelangi memang ada di Belitung. Tapi di Pulau Bintan, ada pantai yang cantiknya serupa, plus dihiasi batu-batuan raksasa. Inilah Pantai Trikora!

Belitung selama ini dikenal dengan pantai-pantai berpasir putih dengan hiasan batu-batu granit raksasa. Jangan salah, tak cuma di Belitung saja, pantai dengan pemandangan serupa juga ada lho di Pulau Bintan, tepatnya di Kota Tanjungpinang.

Pantai yang dimaksud adalah Pantai Trikora. Pantai ini membentang hampir sepanjang 25 kilometer dari ujung ke ujung, menjadikan pantai ini sebagai pantai terpanjang di Pulau Bintan.

Jaraknya dari pusat Kota Tanjungpinang hanya sekitar 45 kilometer saja, bisa ditempuh selama 30 menit saja naik mobil. detikTravel berkunjung ke sini bersama dengan rombongan Hotel Aston Tanjungpinang.

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi Ala Bintan

Penampakan Pantai Trikora (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Dari Hotel Aston Tanjungpinang, perjalanan menuju ke Pantai Trikora sangat lancar. Nyaris tidak ada kemacetan sepanjang perjalanan menuju ke pantai ini. Sebuah nilai tambah untuk traveler yang ingin menyepi dari padatnya kehidupan kota besar.

Saking panjangnya, Pantai Trikora sendiri terbagi menjadi 4 bagian. Masing-masing dinamai dengan Pantai Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, hingga Trikora 4.

Entah kenapa dinamakan seperti itu, mungkin untuk memudahkan traveler untuk membedakan pantai-pantai tersebut. Tapi yang jelas, penampakan pantai-pantai ini sungguh cantik jelita.

Sore itu, kami menyambangi Pantai Tergok Indah, tepatnya di kawasan Pantai Trikora 3. Begitu sampai di tepi pantai, hembusan angin sepoi-sepoi langsung membelai kami. Sejuk dan bikin ngantuk, sangat cocok untuk tempat bersantai dan melepas lelah.

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi Ala Bintan

Gazebo di tepi pantai (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Di pinggir pantai, sudah disediakan gazebo-gazebo dimana traveler bisa duduk sambil menikmati keindahan Pantai Trikora. Di sekitarnya, ada warung-warung makan dimana traveler bisa memesan semangkuk Indomie sambil bersantai sore di pantai.

Pantai Trikora sendiri memiliki penampakan yang mirip dengan pantai-pantai di Negeri Laskar Pelangi Belitung. Pantainya berpasir putih, dengan batu-batu raksasa saling bertumpukan terserak begitu saja di pinggir pantai.

Kontur pantainya landai dan tenang. Air lautnya sendiri berwarna biru jernih. Warnanya yang sangat cerah seakan menggoda traveler untuk terjun dan berenang ke dalamnya.

Sayang saat itu, saya sedang tidak membawa baju ganti. Kalau saja bawa, saya pasti sudah berbasah-basah ria di pantai cantik ini. Sayang kalau sudah jauh-jauh ke sini, tapi tidak berenang di dalam birunya air Pantai Trikora.

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi Ala Bintan

Asyik selfie di Pantai Trikora (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Sore itu, selain saya dan rombongan dari Hotel Aston Tanjungpinang, ada juga beberapa warga lokal yang sedang liburan di Pantai Trikora. Dari umurnya sih, terlihat masih muda-muda. Mereka asyik selfie dengan latar belakang Pantai Trikora yang cantik.

Akhirnya, pesanan Indomie saya datang. Ah, sungguh nikmat memang bersantai sore di pantai sambil menyeruput kuah hangat mie instan. Kenikmatan ini jadi makin mahal karena di depan mata, terpampang keindahan Pantai Trikora.

Traveler rasanya wajib coba liburan ke sini! Rasanya keindahan Pantai Trikora tidak kalah dengan keindahan Negeri Laskar Pelangi di Belitung.

Bukan Belitung, Ini Pantai Laskar Pelangi Ala Bintan

Pantai Trikora, seperti di Negeri Laskar Pelangi (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

wisata-tanjungpinangtanjungpinangpantai-trikorapantai-cantikkepulauan-riaulaskar-pelangibelitungpantai-laskar-pelangi

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending