Tripcle / Infos / Detail Tripcle

China telah meluncurkan kereta cepat generasi baru. Armada ini dirancang untuk iklim yang sangat dingin.

China telah meluncurkan kereta cepat generasi baru. Armada ini dirancang untuk iklim yang sangat dingin.
Kereta cepat baru China (Foto: Dok. Xinhua/Chen Zhonghao)

Jakarta - China telah meluncurkan kereta cepat generasi baru. Armada ini dirancang untuk iklim yang sangat dingin.

Kereta cepat berkode CR400AF-G dapat beroperasi dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam dalam suhu serendah -40 derajat Celcius. Kereta ini bagian dari kereta listrik seri Fuxing kereta cepat .

Kereta high-speed electric multiple-unit (EMU) ini dikembangkan dan dioperasikan oleh China State Railway Group. Perusahaan ini dimiliki oleh negara.

Kereta cepat CR400AF-G diluncurkan di Beijing pada 6 Januari. Rangkaiannya akan berjalan di jalur berkecepatan tinggi baru yang menghubungkan ibu kota China dengan bagian timur laut, termasuk kota Shenyang dan Harbin, kota yang terakhir terkenal dengan festival salju dan es tahunannya.

Pejabat China belum mengumumkan kapan kereta cepat CR400AF-G akan mulai beroperasi.

Dalam sebuah unggahan di situs media sosial China, WeChat, China Railway Beijing Group, bagian dari China State Railway Group Company, menjalankan beberapa komponen kereta yang dioptimalkan untuk membantu kemampuannya menahan suhu dingin.

Kemampuan kereta cepat yang dioptimalkan yakni termasuk baut yang dibuat dengan paduan chromium-molybdenum. Bahan ini tahan terhadap suhu yang sangat rendah.

Ada pula strip penyegel silikon yang mencegah salju dan es masuk ke badan kereta. Lalu ada perangkat kontrol rem tahan suhu dan pipa baja tahan karat yang dilengkapi dengan alat pemanas.

Kereta ini juga dilengkapi desain resistansi rendah yang efisien, untuk membantu mengurangi konsumsi energi, dan bodinya dipadukan dengan mineral aluminium yang ringan.

China Bikin Kereta Cepat Tahan Beku

Kereta cepat tahan beku China (Foto: Dok. Xinhua/Chen Zhonghao)

"Jika kereta berhenti di Harbin (salah satu kota terdingin di China di Heilongjiang) selama satu jam, karena cuaca yang sangat dingin, sistem pengereman dapat dengan mudah membeku jika berhenti bergerak untuk beberapa saat," kata Zhou Song, direktur pusat kereta peluru China Railway Beijing Group.

"Sistem baru ini akan memungkinkan rem untuk bergerak dari waktu ke waktu meskipun kereta cepat berhenti, seperti seseorang yang menginjakkan kakinya agar tetap hangat dalam cuaca dingin," imbuh dia.

China tidak sendirian untuk menyesuaikan kereta cepatnya dengan kondisi ekstrem.

Pada tahun 2020, Jepang meluncurkan kereta peluru pemecah rekor terbaru dan tidak hanya berjalan lebih cepat dan lancar, tetapi juga mampu mengangkut penumpang ke tempat yang aman jika terjadi gempa bumi.

Adalah N700S, shinkansen ini dapat berlari hingga 360 kilometer per jam. Namun, kecepatan operasinya dibatasi pada 285 kilometer per jam.

Kereta ini memiliki kontrol otomatis dan sistem pengereman yang ditingkatkan yang memungkinkannya berhenti lebih cepat dalam keadaan darurat. Armada ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak otomatis ditenagai baterai lithium-ion, jenis pertama di dunia.

Sistem ini memungkinkan kereta untuk berjalan sendiri dalam jarak pendek selama pemadaman listrik. Tenaganya memungkinkan kereta untuk berpindah ke lokasi yang lebih aman dengan kecepatan rendah jika terdampar di area berisiko tinggi saat terjadi gempa bumi, seperti di jembatan atau terowongan.

Shinkansen N700S mulai beroperasi 1 Juli dan melayani jalur Tokaido. Rute kereta cepat ini menghubungkan Stasiun Tokyo dan Stasiun Shin-Osaka di Osaka.

China, pemilik jaringan kereta cepat terbesar di dunia

Saat ini, Cina adalah rumah bagi jaringan rel berkecepatan tinggi terbesar di dunia, yang membentang di lebih dari 37.000 kilometer. Kereta tercepatnya yang telah beroperasi yakni maglev Shanghai.

Melaju dengan kecepatan tertinggi 431 kilometer per jam, kereta ini menghubungkan Bandara Pudong Shanghai dan Jalan Longyang di sisi timur Shanghai.

Pada tahun lalu, China meluncurkan jalur kereta api berkecepatan tinggi 174 kilometer yang menghubungkan Beijing dengan kota tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022 Zhangjiakou, memotong waktu perjalanan antara keduanya dari tiga jam menjadi 47 menit saja.

Kereta cepat ini merupakan bagian dari seri Fuxing China yang dapat berlari hingga 350 kilometer per jam. Tak ada masinis dan dikatakan sebagai yang pertama di dunia.

Menurut China State Railway Group, 1.036 kereta peluru Fuxing telah dioperasikan sejak 2017. Tahun tersebut merupakan pertama kali peluncurannya.

chinakereta-cepattransportasi-chinakereta-cepat-china

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending