Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Corona bikin batal ke luar negeri? Coba wisata alternatif dalam negeri

Corona bikin batal ke luar negeri? Coba wisata alternatif dalam negeri
Obyek wisata Pantai Menganti (ANTARA/RedDoorz)

Jakarta (ANTARA) - Di antara Anda, mungkin ada yang terpaksa membatalkan perjalanan liburan ke luar negeri seperti Singapura, Thailand, Korea Selatan dan Jepang karena khawatir wabah virus corona yang melanda dunia.

Tidak salah jika Anda memilih menahan diri untuk tidak bepergian ke negara-negara yang berisiko atau ke tempat wisata dalam negeri yang ramai dikunjungi turis mancanegara. Meski demikian, Indonesia memiliki banyak wisata alternatif anti-mainstream yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi.

Apalagi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rabu (26/2) telah memastikan pemberian insentif pada sektor pariwisata guna mengatasi dampak penyebaran virus corona dengan memberikan potongan harga atau diskon terhadap tarif tiket pesawat hingga 50 persen.

"Kita perkirakan diskon tiket pesawat bisa mencapai 50 persen yaitu 30 persen dari pemerintah dan 20 persen dari perusahaan airline," kata Menteri Keuangan kala itu.

Sri Mulyani mengatakan pemerintah telah menyiapkan alokasi sebesar Rp443,9 miliar untuk potongan harga atau diskon harga tiket sebesar 30 persen bagi 25 persen dari jumlah seat pesawat.

Ia juga mengingatkan perusahaan maskapai agar memberikan diskon tersendiri bagi para wisatawan, bukan menggunakan insentif yang diberikan pemerintah sebagai penggantinya.

Berikut ini adalah beberapa destinasi pilihan di dalam negeri yang bisa dikunjungi berdasarkan rekomendasi RedDoorz melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa:

1. Pontianak, Kalimantan Barat

Kopi legenda Koh Asiang (ANTARA/RedDoorz)

2. Kebumen, Jawa Tengah

Pantai Menganti (ANTARA/RedDoorz)

Pernah dengar nama Benteng Van der Wijck? Ini adalah salah satu destinasi wisata yang berada sekitar 19 kilometer dari pusat kota Kebumen.

Benteng itu merupakan peninggalan kolonial Belanda yang unik dan menjadi daya tarik tersendiri untuk para pelancong.

Kebumen juga memiliki Pantai Menganti yang sangat indah dan air jernih. Pasirnya yang putih dan dikelilingi bukit serta tebing membuatnya jadi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

3. Banyuwangi, Jawa Timur

Taman Nasional Baluran, Banyuwangi (ANTARA/RedDoorz)

Taman Nasional Baluran yang terletak di Banyuwangi ini memiliki savana yang luas dan dijuluki sebagai "Afrika kecil di Jawa".

Kawasan dengan luas sekira 25.000 hektar ini digunakan untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna.

Banyuwangi juga memiliki acara karnaval tahunan yang bernama Banyuwangi Ethno Carnival.

Festival tahunan memamerkan busana-busana menarik dalam sebuah parade dengan rute sepanjang kurang lebih dua kilometer mulai dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi.

4. Sabang, Aceh

Gua Sarang, Sabang (ANTARA/RedDoorz)

Tempat wisata yang berada di ujung barat Indonesia ini memiliki banyak sekali objek wisata bahari yang mempesona, di antaranya adalah Pantai Iboih.

Pantai ini mempunyai ombak yang tenang dan cocok untuk bersantai.

Ada juga Gua Sarang yang dulunya menjadi sarang burung walet. Di sini, Anda dapat berenang di lautan dengan air yang jernih.

5. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja, Sulawesi (ANTARA/RedDoorz)

Selain wisata laut, Anda bisa menemukan kearifan lokal masyarakat Indonesia Timur dengan budayanya yang kuat dan dibalut nuansa mistik khas Tana Toraja.

Salah satu destinasi wisata Toraja Utara yang tidak boleh dilewatkan adalah Desa Kete Kesu, komplek rumah adat Tana Toraja yang dikenal dengan nama Tongkonan.

Berlokasi di kawasan perbukitan dan persawahan yang cantik, rumah adat ini merupakan persemayaman mayat sebelum akhirnya di kebumikan. Jika sudah berada di sana, tidak sah kalau belum mampir ke Wisata Londa yang merupakan komplek kuburan di tebing batu besar.

Penempatan mayat di kawasan ini tidak bisa sembarangan, sebab harus disesuaikan dengan garis keluarga.

kebumenpontianakbanyuwangi

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending