Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Corona bikin batal ke luar negeri? Coba wisata alternatif dalam negeri

Corona bikin batal ke luar negeri? Coba wisata alternatif dalam negeri
Obyek wisata Pantai Menganti (ANTARA/RedDoorz)

Jakarta (ANTARA) - Di antara Anda, mungkin ada yang terpaksa membatalkan perjalanan liburan ke luar negeri seperti Singapura, Thailand, Korea Selatan dan Jepang karena khawatir wabah virus corona yang melanda dunia.

Tidak salah jika Anda memilih menahan diri untuk tidak bepergian ke negara-negara yang berisiko atau ke tempat wisata dalam negeri yang ramai dikunjungi turis mancanegara. Meski demikian, Indonesia memiliki banyak wisata alternatif anti-mainstream yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi.

Apalagi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rabu (26/2) telah memastikan pemberian insentif pada sektor pariwisata guna mengatasi dampak penyebaran virus corona dengan memberikan potongan harga atau diskon terhadap tarif tiket pesawat hingga 50 persen.

"Kita perkirakan diskon tiket pesawat bisa mencapai 50 persen yaitu 30 persen dari pemerintah dan 20 persen dari perusahaan airline," kata Menteri Keuangan kala itu.

Sri Mulyani mengatakan pemerintah telah menyiapkan alokasi sebesar Rp443,9 miliar untuk potongan harga atau diskon harga tiket sebesar 30 persen bagi 25 persen dari jumlah seat pesawat.

Ia juga mengingatkan perusahaan maskapai agar memberikan diskon tersendiri bagi para wisatawan, bukan menggunakan insentif yang diberikan pemerintah sebagai penggantinya.

Berikut ini adalah beberapa destinasi pilihan di dalam negeri yang bisa dikunjungi berdasarkan rekomendasi RedDoorz melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa:

1. Pontianak, Kalimantan Barat

Kopi legenda Koh Asiang (ANTARA/RedDoorz)

2. Kebumen, Jawa Tengah

Pantai Menganti (ANTARA/RedDoorz)

Pernah dengar nama Benteng Van der Wijck? Ini adalah salah satu destinasi wisata yang berada sekitar 19 kilometer dari pusat kota Kebumen.

Benteng itu merupakan peninggalan kolonial Belanda yang unik dan menjadi daya tarik tersendiri untuk para pelancong.

Kebumen juga memiliki Pantai Menganti yang sangat indah dan air jernih. Pasirnya yang putih dan dikelilingi bukit serta tebing membuatnya jadi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

3. Banyuwangi, Jawa Timur

Taman Nasional Baluran, Banyuwangi (ANTARA/RedDoorz)

Taman Nasional Baluran yang terletak di Banyuwangi ini memiliki savana yang luas dan dijuluki sebagai "Afrika kecil di Jawa".

Kawasan dengan luas sekira 25.000 hektar ini digunakan untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna.

Banyuwangi juga memiliki acara karnaval tahunan yang bernama Banyuwangi Ethno Carnival.

Festival tahunan memamerkan busana-busana menarik dalam sebuah parade dengan rute sepanjang kurang lebih dua kilometer mulai dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi.

4. Sabang, Aceh

Gua Sarang, Sabang (ANTARA/RedDoorz)

Tempat wisata yang berada di ujung barat Indonesia ini memiliki banyak sekali objek wisata bahari yang mempesona, di antaranya adalah Pantai Iboih.

Pantai ini mempunyai ombak yang tenang dan cocok untuk bersantai.

Ada juga Gua Sarang yang dulunya menjadi sarang burung walet. Di sini, Anda dapat berenang di lautan dengan air yang jernih.

5. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja, Sulawesi (ANTARA/RedDoorz)

Selain wisata laut, Anda bisa menemukan kearifan lokal masyarakat Indonesia Timur dengan budayanya yang kuat dan dibalut nuansa mistik khas Tana Toraja.

Salah satu destinasi wisata Toraja Utara yang tidak boleh dilewatkan adalah Desa Kete Kesu, komplek rumah adat Tana Toraja yang dikenal dengan nama Tongkonan.

Berlokasi di kawasan perbukitan dan persawahan yang cantik, rumah adat ini merupakan persemayaman mayat sebelum akhirnya di kebumikan. Jika sudah berada di sana, tidak sah kalau belum mampir ke Wisata Londa yang merupakan komplek kuburan di tebing batu besar.

Penempatan mayat di kawasan ini tidak bisa sembarangan, sebab harus disesuaikan dengan garis keluarga.

kebumenpontianakbanyuwangi

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

11 Orang Didenda Rp 10 Juta, Gara-gara Pesta di Pantai Bondi

Sebanyak 11 orang di Sydney dijatuhi hukuman denda 1.000 dolar Australia (setara Rp 10,9 juta). Mereka didenda gara-gara melanggar lockdown dan malah pesta di Pantai Bondi.

Bagaimana Rasanya Tinggal di Hotel Terkecil di Dunia?

Seorang YouTuber menarik perhatian traveler. Dia membagikan pengalamannya menginap di hotel terkecil di dunia.

Penyuntikan Vaksin Sinovac Dimulai, Kemenparekraf Harap Wisata Bisa Pulih

Tepat hari Rabu pagi (13/1), pemberian vaksin Corona Indonesia resmi dimulai. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga ikut mendukung.

Sedih, Orang Utan Tertua di Dunia Mati

Kabar duka dalam dunia satwa datang dari Oregon Zoo. Orang utan mereka yang tercatat sebagai tertua di dunia akhirnya mati karena usia.

Sungai di Kyoto Berubah Warna Merah Darah

Sungai yang terkenal di Kyoto, Jepang tetiba berubah menjadi merah darah. Diduga kebocoran limbah, namun belum diketahui zat apa yang dikandungnya.

Sepinya Ritual Berendam di Kolam Es Jepang

Pandemi tak menyurutkan semangat umat shinto di Jepang untuk berdoa. Ritual kali ini adalah berendam di pemandian es dan tanpa penonton.

Gejala COVID-19 Terbaru yang Perlu Diketahui Usai Liburan

Berlibur menjadi aktivitas yang berisiko di tengah pandemi COVID-19. Masyarakat yang berlibur pun rentan terpapar virus corona, maka dari itu ketahui gejala COVID-19 terbaru yang bisa muncul usai berlibur.

Trending