Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Daftar Destinasi dan Atraksi Wisata Dunia yang Tutup karena Corona

Daftar Destinasi dan Atraksi Wisata Dunia yang Tutup karena Corona
Istana Gyeongbokgung, Korea Selatan (Foto: Okta Marfianto/detikcom)

Jakarta - Berbagai destinasi wisata dan taman rekreasi dunia ditutup karena virus Corona. Tak hanya itu, atraksi atau berbagai acara wisata pun dibatalkan.

Dilansir CNN, Shanghai Disney Resort menjadi pelopor penutupan taman rekreasi wisata setelah virus Corona muncul. Kemudian, waralaba taman rekreasi bertema Disney di negara lain di Asia mengikuti langkah serupa.

Setelah virus Corona merambah Eropa, Museum Louvre Paris juga menutup sementara pintunya beberapa waktu lalu. Traveler yang akan berkunjung di saat-saat seperti ini mesti rajin mengecek situs resminya.

Penyebaran Virus Corona memang kian meluas. Pertama kali muncul diWuhan, China, virus tersebut menembus Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. Saat ini, virus Corona menyebar ke seluruh dunia dan menginfeksi lebih dari 89.000.

Selain itu, sejumlah taman wisata dan taman rekreasi serta museum juga sempat tutup setelah virus Corona melanda. Apa saja?

Objek wisata terimbas virus Corona

Istana Gyeongbokgung, salah satu tempat wisata paling populer di Korea Selatan menutup pintu gerbangnya hingga pemberitahuan lebih lanjut. Namun wisatawan tanpa pemandu tetap diizinkan berkeliling.

Milan Duomo di Kota Milan sempat dibatasi jumlah kunjungannya telah dibuka kembali. Aksesnya kini lebih terprogram dan terorganisir untuk menghindari kerumunan orang.

Milan Duomo sempat ditutup untuk umum.

Milan Duomo sempat ditutup untuk umum. Foto: Getty Images/Vittorio Zunino Celotto

Tetapi, Teatro alla Scala, sebuah gedung opera yang populer di kota itu, telah memutuskan untuk memperpanjang penutupannya. Pengelola khawatir akan Corona.

Tokyo Skytree yang sangat populer di Jepang ditutup pada 1 Maret. Rencana pembukaan kembali pada 15 Maret.

Taman rekreasi terimbas virus Corona

Shanghai Disney ditutup pada 24 Januari. Taman rekreasi ini tak mengumumkan pembukaan kembali mengingat China adalah sumber dari Corona dan akan dibuka setelah ada rekomendasi dari pejabat berwenang.

Hong Kong Disneyland juga ditutup sementara tanpa pemberitahuan tanggal pembukaan kembali. Adapun taman rekreasi bernasib serupa yakni Ocean Park.

Jepang mengalami peningkatan wabah dalam beberapa pekan terakhir. Tokyo Disneyland dan DisneySea ditutup dan akan dibuka kembali pada 16 Maret, dan Universal Studios telah mengumumkan akan menutup pintunya hingga 15 Maret.

Di Thailand, taman rekreasi utama Legend Siam mengumumkan penutupannya mulai 3 Maret karena penurunan pengunjung.

Museum terimbas virus Corona

Beberapa museum di Milan, Venesia, dan daerah lain di Italia utara ditutup sementara. Pembukaan kembali akan disertai langkah-langkah keamanan terbaru.

Museum-museum di China telah ditutup sementara karena wabah itu. Administrasi Warisan Budaya Nasional China (NCHA) meminta pengelola tetap aktif di media sosial dan menawarkan layanan mereka secara digital.

Imbauan itu termasuk bagi Museum Istana Beijing di Kota Terlarang, yang telah ditutup sejak 25 Januari.

Kota Terlarag di Beijing tutup setelah merebaknya virus Corona.

Kota Terlarag di Beijing tutup setelah merebaknya virus Corona. Foto: Elvan Dany Sutrisno

Beberapa museum di Jepang ditutup sementara di tengah wabah virus Corona. Destinasi yang ditutup yakni Museum Seni Mori, Museum Nasional Seni Modern, dan Museum Nasional Kyoto.

Di Korea Selatan, Museum Nasional Korea dan Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Acara

Salah satu acara maraton terbesar di dunia, Tokyo Marathon, tetap berlangsung meski terseok-seok oleh Corona. Pelari utama izinnya sangat terbatas.

Sesuai perintah pemerintah, kegiatan publik di Prancis yang melibatkan lebih dari 5.000 orang harus dibatalkan. Acara maraton yang akan diikuti 40.000 orang yang seharusnya berlangsung di jalan-jalan kota pada 1 Maret, dibatalkan.

Roma adalah membatalkan acara lari tahunan utamanya. Dijadwalkan pada 29 Maret, sekitar 10.000 peserta bakal terimbas.

Sejauh ini, belum ada rencana untuk pembatalan Olimpiade 2020 di Tokyo. Acara akbar ini akan dimulai pada 24 Juli.

Laga bisbol di Jepang dimulai dengan awal yang buruk. Dua pertandingan pertama Giants dimainkan di Tokyo Dome tanpa penonton.

Olimpiade 2020 terancam batal karena virus Corona.

Olimpiade 2020 terancam batal karena virus Corona. Foto: Getty Images/Tomohiro Ohsumi

Gulat sumo juga terpengaruh. Pada hari Minggu, Asosiasi Sumo Jepang mengumumkan Turnamen Grand Sumo Musim Semi, acara besar yang akan dimulai pada 8 Maret, diadakan tanpa penonton untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Festival utama bunga sakura juga telah dibatalkan, termasuk Festival Bunga Sakura Nakameguro di Tokyo. Grand Prix Thailand ditunda dan ada spekulasi bahwa Grand Prix Vietnam tidak akan berjalan sesuai jadwal pada 5 April.

Beberapa pemusik telah membatalkan jadwal tur di Asia, termasuk BTS dan Green Day. Situs web Green Day mengabarkan rencana untuk melanjutkan tur di Moskow pada musim semi ini.

virus-coronadestinasi-wisatataman-rekreasi

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending