Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Dear Maskapai, Kursi Anak Harus di Samping Orang Tua Dong!

Dear Maskapai, Kursi Anak Harus di Samping Orang Tua Dong!
Ilustrasi berpergian dengan anak naik pesawat Foto: iStock

Washington - Tiket ekonomi pesawat mungkin tak terlalu memusingkan traveler yang pergi sendiri. Tapi untuk mereka yang berpergian dengan anak-anak, tiket ekonomi bisa jadi masalah besar gara-gara kursi yang terpisah.

Tanpa memesan kursi (yang biasanya harus ada tambahan biaya), kursi anak-anak bisa saja terpisah dari orang tuanya saat duduk di kabin pesawat. Mending kalau penumpang lain mau menukar kursinya dengan ayah-ibu, tapi bagaimana kalau penumpang lain malas? Bisa saja jadi drama tambahan di pesawat.

Anak yang duduk terpisah dari orang tua ini merupakan hal yang tidak bisa diterima. Demikian anggapan dari Consumer Reports, sebuah media konsumen paling berpengaruh di Amerika. Consumer Reports pun membuat petisi online yang meminta maskapai penerbangan menempatkan keamanan di atas keuntungan.

"Anak di bawah 13 tahun harus duduk bersama keluarga saat terbang, dan tidak boleh dikenakan biaya tambahan saat meminta kursi yang berdekatan," demikian isi petisi itu seperti dikutip dari CNN.

"Anak-anak harus berada di sekitar orang dewasa, jadi mereka bisa mudah ke toilet atau kalau ada hal-hal darurat. Sangat tidak aman buat seorang anak untuk sendirian di pesawat," ujar Direktur Consumer Reports Anna Laitin.

"Jika ada evakuasi darurat dan anak duduk di kursi yang bedanya 10 baris, mana ada orang tua yang akan tenang," ujar Laitin.

Tiket pesawat ekonomi biasanya kalau ingin duduk berdekatan harus dipesan saat booking tiket, dan ada tambahan biaya yang cukup besar.

Petisi ini dibuat secara khusus untuk maskapai di Amerika seperti American, Delta dan United. Juru bicara United Airlines Charlie Hobart mengatakan selama ini mereka sudah menyesuaikan prosedur kursi untuk keluarga. Nama-nama keluarga yang sama biasanya secara otomatis akan duduk secara berdekatan.

Sementara maskapai Delta mengatakan mereka selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen kasus demi kasus. Sedangkan American Airlines mengembangkan cara untuk memastikan agar anak di bawah 15 tahun duduk bareng keluarga yang dewasa.

"Untuk keluarga yang berpergian dengan anak di bawah 15 tahun, sistem kami dalam waktu 48 setelah tiket dipesan akan bekerja untuk menempatkan anak duduk berdekatan dengan keluarga. Ini memastikan anak-anak tidak duduk sendirian," tulis American Airlines.

Nah bagaimana traveler? Pernah mengalami anak-anak duduk jauh dengan keluarga?

tiket-ekonomi-pesawatkursi-anak-di-pesawatpesawat

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Jurnalis Asing Ungkap Pengalaman Terbang Menegangkannya Naik Sriwijaya Air

Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 menjadi sorotan baik media dalam hingga luar negeri. Jurnalis asing pun berbagi kisahnya menaiki Sriwijaya Air.

Pak Jokowi, Sandiaga Minta Pekerja Wisata Dapat Prioritas Vaksin

Proses vaksinasi COVID-19 sudah bergulir hari ini, dimulai dari Presiden Joko Widodo. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pemerintah juga memprioritaskan pekerja wisata.

Penyuntikan Vaksin Sinovac Dimulai, Kemenparekraf Harap Wisata Bisa Pulih

Tepat hari Rabu pagi (13/1), pemberian vaksin Corona Indonesia resmi dimulai. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga ikut mendukung.

Melanie Subono Sentil Video Pilot Vincent di Lokasi Tragedi

Nama pilot Vincent Raditya yang juga merupakan seorang Youtuber dunia penerbangan disentil oleh Melanie Subono. Terkait videonya di lokasi tragedi.

10 Negara yang Masyarakatnya Paling Dermawan, Termasuk Indonesia

Mungkin traveler penasaran, negara mana saja yang disebut cukup dermawan. Dari 10 negara paling dermawan, terselip nama Indonesia.

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Trending