Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Dear Traveler, Kisah Ini Ajarkan Jaga Baik-baik Paspormu Itu

Dear Traveler, Kisah Ini Ajarkan Jaga Baik-baik Paspormu Itu
Ilustrasi paspor. (Foto: Ari Saputra)

Jakarta - Buat traveler yang sering berpergian, sebuah kisah anyar kembali mengajarkan betapa kamu harus menjaga baik-baik paspor agar tak rusak apalagi sampai hilang.

Seperti dilansir Travelandleisure.com, pelajaran penting terbaru soal hal itu dapat diambil dari kisah influencer/travel blogger asal Skotlandia Lacey Montgomery. Sosok yang juga dikenal sebagai model itu gagal masuk ke Thailand.

Dikisahkan, setelah mendarat di Bangkok Lacey semestinya langsung gabung dengan rekan-rekan sesama influncer. Tetapi ia tak bisa melakukannya akibat tertahan di imigrasi setelah ditemui adanya halaman paspor miliknya yang sobek.

Pada prosesnya Lacey juga tidak diperkenankan masuk ke Thailand. Ia pun balik kanan ke Inggris dengan menggunakan penerbangan British Airways setelah tertahan 24 jam di Bangkok.

Kabarnya, paspor Lacey ketumpahan cairan dan kini sobek. Sebelum ini, kebetulan ia tidak mendapatkan masalah saat menyambangi negara-negara lain dengan paspor tersebut.

Definisi paspor "rusak" sendiri pada dasarnya bervariasi di setiap negara dan bisa saja diinterpretasikan berbeda. Maka pada dasarnya yang terpenting adalah tidak ambil risiko sama sekali, alias menjaga baik-baik paspor tersebut.

Beberapa bulan silam, misalnya, seorang mantan kontestan Miss Universe sempat tertahan di Bali karena bepergian dengan paspor yang dianggap rusak terkena noda.

Sehubungan dengan itu, peraturan resmi dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat juga menyatakan bahwa sebuah paspor tidak lagi valid ketika telah mengalami kerusakan.

"Jika paspor Anda rusak dengan signifikan, terutama pada bagian sampul buku atau yang menampilkan data pribadi dan foto, Anda harus mengajukan pembuatan paspor baru. Kerusakan yang mengharuskan Anda mengganti paspor termasuk kerusakan karena air, koyak signifikan, tanda tak resmi pada halaman data, halaman visa hilang (sobek), kertas berlubang, atau kerusakan lainnya."

Hal itu sendiri berkaitan dengan aspek keamanan. Petugas imigrasi hendak memastikan bahwa paspor belum diutak-atik atau disalin, dan hal itu acapkali diindikasikan dengan adanya kerusakan pada paspor.

Imigrasi Indonesia pun mengenakan denda buat WNI yang kehilangan paspor. Penggantian paspor baru juga tidak bisa langsung diberikan, melainkan harus dilakukan pemeriksaan berita acara pemeriksaan (BAP).

Secara khusus, traveler yang paspornya hilang atau rusak dikenakan denda. Ada denda Rp 1 juta buat paspor hilang dan denda Rp 500 ribu untuk paspor rusak.

denda paspor hilang atau rusak (dok.imigrasi Indonesia)

Jadi traveler, jaga baik-baik paspormu itu ya!

pasporpaspor-rusakpaspor-hilangimigrasidenda-paspor-hilangdenda-paspor-rusaktravel-bloggerinfluencer

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending