Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Dear Traveler, Kisah Ini Ajarkan Jaga Baik-baik Paspormu Itu

Dear Traveler, Kisah Ini Ajarkan Jaga Baik-baik Paspormu Itu
Ilustrasi paspor. (Foto: Ari Saputra)

Jakarta - Buat traveler yang sering berpergian, sebuah kisah anyar kembali mengajarkan betapa kamu harus menjaga baik-baik paspor agar tak rusak apalagi sampai hilang.

Seperti dilansir Travelandleisure.com, pelajaran penting terbaru soal hal itu dapat diambil dari kisah influencer/travel blogger asal Skotlandia Lacey Montgomery. Sosok yang juga dikenal sebagai model itu gagal masuk ke Thailand.

Dikisahkan, setelah mendarat di Bangkok Lacey semestinya langsung gabung dengan rekan-rekan sesama influncer. Tetapi ia tak bisa melakukannya akibat tertahan di imigrasi setelah ditemui adanya halaman paspor miliknya yang sobek.

Pada prosesnya Lacey juga tidak diperkenankan masuk ke Thailand. Ia pun balik kanan ke Inggris dengan menggunakan penerbangan British Airways setelah tertahan 24 jam di Bangkok.

Kabarnya, paspor Lacey ketumpahan cairan dan kini sobek. Sebelum ini, kebetulan ia tidak mendapatkan masalah saat menyambangi negara-negara lain dengan paspor tersebut.

Definisi paspor "rusak" sendiri pada dasarnya bervariasi di setiap negara dan bisa saja diinterpretasikan berbeda. Maka pada dasarnya yang terpenting adalah tidak ambil risiko sama sekali, alias menjaga baik-baik paspor tersebut.

Beberapa bulan silam, misalnya, seorang mantan kontestan Miss Universe sempat tertahan di Bali karena bepergian dengan paspor yang dianggap rusak terkena noda.

Sehubungan dengan itu, peraturan resmi dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat juga menyatakan bahwa sebuah paspor tidak lagi valid ketika telah mengalami kerusakan.

"Jika paspor Anda rusak dengan signifikan, terutama pada bagian sampul buku atau yang menampilkan data pribadi dan foto, Anda harus mengajukan pembuatan paspor baru. Kerusakan yang mengharuskan Anda mengganti paspor termasuk kerusakan karena air, koyak signifikan, tanda tak resmi pada halaman data, halaman visa hilang (sobek), kertas berlubang, atau kerusakan lainnya."

Hal itu sendiri berkaitan dengan aspek keamanan. Petugas imigrasi hendak memastikan bahwa paspor belum diutak-atik atau disalin, dan hal itu acapkali diindikasikan dengan adanya kerusakan pada paspor.

Imigrasi Indonesia pun mengenakan denda buat WNI yang kehilangan paspor. Penggantian paspor baru juga tidak bisa langsung diberikan, melainkan harus dilakukan pemeriksaan berita acara pemeriksaan (BAP).

Secara khusus, traveler yang paspornya hilang atau rusak dikenakan denda. Ada denda Rp 1 juta buat paspor hilang dan denda Rp 500 ribu untuk paspor rusak.

denda paspor hilang atau rusak (dok.imigrasi Indonesia)

Jadi traveler, jaga baik-baik paspormu itu ya!

pasporpaspor-rusakpaspor-hilangimigrasidenda-paspor-hilangdenda-paspor-rusaktravel-bloggerinfluencer

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending