Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Festival Jatiluwih 2019 Padukan Alam dan Kebudayaan

Festival Jatiluwih 2019 Padukan Alam dan Kebudayaan
Festival Jatiluwih 2019 yang memadukan alam dan kebudayaan kembali digelar di DUma, Tabanan, Bali, pada 20-22 September 2019 mendatang. Foto/Istimewa.

JAKARTA - Festival Jatiluwih 2019 akan kembali digelar. Rencananya event yang memadukan alam dan budaya ini akan berlangsung di D’Uma, bukit seluas 1,6 hektare di tengah persawahan Jatiluwih, Tabanan, Provinsi Bali, pada 20-22 September 2019 mendatang.

Festival yang dihelat untuk ketiga kalinya ini mengusung tema Glorofying Dewi Sri for prosperity and harmony yang dalam falsafah Bali berarti kuasa atas kelahiran dan kehidupan dengan ketersediaan pangan di bumi, terutama padi.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan memuliakan Dewi Sri mengandung pemahaman dan pesan agar proses yang terdapat di Jatiluwih ini menjadi perhatian semua pihak yang diyakini, didorong dan dijalankan sebagai laku lampah memelihara dan melestarikan padi dalam relasinya sebagai aspek penting dalam memaknai kelahiran dan kehidupan untuk kesejahteraan dan harmoni.

“Kami membuat acara Festival Jatiluwih ini selain untuk melestarikan budaya dan tradisi kami juga berupaya untuk memajukan pariwisata dan budaya yang mengutamakan pengalaman dan nilai-nilai masyarakat, kami juga berusaha dengan diadakannya festival ini akan meningkatkan kualitas hidup masyarakt Jatiluwih," kata Eka.

Terdapat beberapa rangkaian acara untuk memeriahkan acara Festival Jatiluwih 2019 yang memadukan kebudayaan dan Kesenian tradisional, seni pertunjukan, seni musik, seni rupa, produk kreatif dan kuliner Jatiluwih.

“Dalam acara tersebut akan mengikutsertakan Komunitas, pengisi acara tamu, music kontemporer yang berkolaborasi dengan masyarakat Jatiluwih, festival ini juga sebagai ajang kebersamaan dan sarana komunikasi pencapaian dari komunitas dan masyarakat Jatiluwih,” jelas Eka.

Acara yang digagas Daya Tarik Wisata (DTW) Jatiluwih ini akan menghadirkan beberapa bintang tamu untuk kemeriahan acara, seperti Gilang Ramadhan, Gus Teja, Nosstress, Balawan, Jun Bintang, Keroncong Jancuk, Planet Bamboo, Emoni, Robi Navicula, Shankara, Rio Sidik Quintet, dan Keroncong Jancuk.

“Yang pasti, Festival tahun ini tidak akan kalah dengan Festival musik lainnya yang banyak digelar diluar sana, pengunjung akan merasakan bagaimana menyaksikan sebuah festival dengan hamparan sawah yang luas serta udara yang sejuk ditemani dengan rangkaian acara festival,” jelas Manager Operasional DTW Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa.

Diadakannya Festival Jatiluwih 3 ini diharapkan memajukan pariwisata alam dan budaya serta dapat melestarikan pengembangan seni, budaya dan tradisi masyarakat warga Desa Jatiluwih. “Kami yakin banyak faktor lain seperti ekonomi, kualitas lingkungan, spiritual, dan tarap hidup masyarakat sekitar akan meningkat," tandasnya.

wisatajatiluwihfestivalfestival-jatiluwih-2019

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending