Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!
Kuliner seafood lezat di Tanjungpinang (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Tanjungpinang - Destinasi wisata kuliner Indonesia sepertinya harus menyertakan Kota Tanjungpinang di dalam daftar. Kota ini gudangnya sajian seafood lezat!

Kepulauan Riau, khususnya Tanjungpinang, harus masuk dalam destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi oleh traveler di Pulau Sumatera. Seafood yang disajikan di kota ini rasanya sungguh juara.

Tak percaya? Traveler boleh mendatangi Rumah Makan Ballond Alim Seafood untuk bukti otentiknya. Nama Alim memang sudah sangat terkenal di Tanjungpinang untuk urusan seafood.

Restoran Alim Seafood ini beralamat di Jalan Pos No 19, Tanjungpinang. Tapi sayang, saat berkunjung ke sana rumah makan ini sedang tutup 3 hari karena pas libur Imlek mereka tidak libur.

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!

Restoran Alim Seafood (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Beruntung restoran Alim punya cabang lain di Desa Kuala Sempang, tepatnya di bawah jembatan 6 lintas barat Kabupaten Bintan. Cabang ini merupakan cabang kedua setelah cabang pertama di Jalan Pos.

Akhirnya detikTravel dan rombongan Hotel Aston Tanjungpinang pun meluncur ke sana. Saat rombongan kami datang, suasana restoran sedang sepi. Namun, justru saat itulah saat yang terbaik untuk makan di restoran ini karena biasanya suasananya ramai bukan main.

Kebetulan, Koh Alim sang empunya restoran, sedang berada di cabang tempat kami makan. Sambil meminta maaf, Koh Alim menyebut restoran yang di Jalan Pos memang sedang tutup.

"Maaf ya, yang cabang Jalan Pos tutup 3 hari. Kita tutup karena Imlek kemarin belum libur," kata Alim.

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!

Koh Alim (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Kami pun memesan aneka hidangan seafood andalan rumah makan Alim. Koh Alim sendiri merekomendasikan udang saos telur asin dan kepiiting saos padang karena kedua menu itulah yang sering dipesan pengunjung.

Semua hidangan seafood di rumah makan ini dimasak secara fresh. Alim tidak mau berkompromi soal kualitas seafood, apalagi soal bumbu yang dia pakai. Dia hanya ingin menghadirkan yang terbaik buat para tamu yang makan di rumah makannya.

Tak sampai 20 menit menunggu, satu per satu hidangan yang kami pesan pun keluar dari dapur. Ada udang blackpepper, rajungan saos padang, cumi telur asin, kangkung saus belacan, ikan kerapu steam Hong Kong, hingga gonggong tersaji di meja.

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!

Udang blackpepper (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Pelengkapnya ada sambal kecap dan juga nasi putih jangan sampai dilupakan. Plus minumnya teh obeng, semakin menambah lengkap sesi makan siang kami saat itu.

Soal rasa, tak salah jika saus telur asin dan saus padang yang jadi juaranya, karena rasanya enak banget! Lebih enak dari hidangan seafood yang ada di Jakarta. Bumbu yang digunakan juga sangat berani dan terasa sedap. Untuk urusan ini, Alim tak mau main-main.

"Ini awalnya coba-coba sendiri. Otodidak, nambah-nambahin sendiri. Ada yang bilang suka telor asin, ada yang bilang merica. Beda-beda, karena lain tangan lain terasa. Tapi maaf ya, saya makan kepiting di Jakarta, dimana-mana rasanya gak nendang gitu. Buat saya, jangan sayang sama bumbu, jangan asal pilih bumbu yang murah," Koh Alim berpesan.

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!

Kangkung saus belacan (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Untuk harganya, seafood di RM Alim dibanderol per kilo. Untuk kepiting harganya sekitar Rp 180 ribu per kilo. Untuk Gonggong, Rp 70 ribuan per 20 buah. Tapi percayalah, harga tersebut sepadan dengan kualitas yang akan traveler dapat.

Sesi makan siang kami waktu itu pun tandas tak bersisa. Tak ada hidangan seafood yang tidak enak di rumah makan ini. Kenyang sudah pasti, tapi rasa seafood di rumah makan Alim akan tetap berbekas dan ingin diulang lagi di lain kesempatan.

wisata-tanjungpinangwisata-kulinerseafoodgonggongtanjungpinangkepulauan-riaurumah-makan-alim-tanjungpinang

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending