Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!
Kuliner seafood lezat di Tanjungpinang (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Tanjungpinang - Destinasi wisata kuliner Indonesia sepertinya harus menyertakan Kota Tanjungpinang di dalam daftar. Kota ini gudangnya sajian seafood lezat!

Kepulauan Riau, khususnya Tanjungpinang, harus masuk dalam destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi oleh traveler di Pulau Sumatera. Seafood yang disajikan di kota ini rasanya sungguh juara.

Tak percaya? Traveler boleh mendatangi Rumah Makan Ballond Alim Seafood untuk bukti otentiknya. Nama Alim memang sudah sangat terkenal di Tanjungpinang untuk urusan seafood.

Restoran Alim Seafood ini beralamat di Jalan Pos No 19, Tanjungpinang. Tapi sayang, saat berkunjung ke sana rumah makan ini sedang tutup 3 hari karena pas libur Imlek mereka tidak libur.

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!

Restoran Alim Seafood (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Beruntung restoran Alim punya cabang lain di Desa Kuala Sempang, tepatnya di bawah jembatan 6 lintas barat Kabupaten Bintan. Cabang ini merupakan cabang kedua setelah cabang pertama di Jalan Pos.

Akhirnya detikTravel dan rombongan Hotel Aston Tanjungpinang pun meluncur ke sana. Saat rombongan kami datang, suasana restoran sedang sepi. Namun, justru saat itulah saat yang terbaik untuk makan di restoran ini karena biasanya suasananya ramai bukan main.

Kebetulan, Koh Alim sang empunya restoran, sedang berada di cabang tempat kami makan. Sambil meminta maaf, Koh Alim menyebut restoran yang di Jalan Pos memang sedang tutup.

"Maaf ya, yang cabang Jalan Pos tutup 3 hari. Kita tutup karena Imlek kemarin belum libur," kata Alim.

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!

Koh Alim (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Kami pun memesan aneka hidangan seafood andalan rumah makan Alim. Koh Alim sendiri merekomendasikan udang saos telur asin dan kepiiting saos padang karena kedua menu itulah yang sering dipesan pengunjung.

Semua hidangan seafood di rumah makan ini dimasak secara fresh. Alim tidak mau berkompromi soal kualitas seafood, apalagi soal bumbu yang dia pakai. Dia hanya ingin menghadirkan yang terbaik buat para tamu yang makan di rumah makannya.

Tak sampai 20 menit menunggu, satu per satu hidangan yang kami pesan pun keluar dari dapur. Ada udang blackpepper, rajungan saos padang, cumi telur asin, kangkung saus belacan, ikan kerapu steam Hong Kong, hingga gonggong tersaji di meja.

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!

Udang blackpepper (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Pelengkapnya ada sambal kecap dan juga nasi putih jangan sampai dilupakan. Plus minumnya teh obeng, semakin menambah lengkap sesi makan siang kami saat itu.

Soal rasa, tak salah jika saus telur asin dan saus padang yang jadi juaranya, karena rasanya enak banget! Lebih enak dari hidangan seafood yang ada di Jakarta. Bumbu yang digunakan juga sangat berani dan terasa sedap. Untuk urusan ini, Alim tak mau main-main.

"Ini awalnya coba-coba sendiri. Otodidak, nambah-nambahin sendiri. Ada yang bilang suka telor asin, ada yang bilang merica. Beda-beda, karena lain tangan lain terasa. Tapi maaf ya, saya makan kepiting di Jakarta, dimana-mana rasanya gak nendang gitu. Buat saya, jangan sayang sama bumbu, jangan asal pilih bumbu yang murah," Koh Alim berpesan.

Gudangnya Kuliner Seafood Lezat, Ya Tanjungpinang!

Kangkung saus belacan (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Untuk harganya, seafood di RM Alim dibanderol per kilo. Untuk kepiting harganya sekitar Rp 180 ribu per kilo. Untuk Gonggong, Rp 70 ribuan per 20 buah. Tapi percayalah, harga tersebut sepadan dengan kualitas yang akan traveler dapat.

Sesi makan siang kami waktu itu pun tandas tak bersisa. Tak ada hidangan seafood yang tidak enak di rumah makan ini. Kenyang sudah pasti, tapi rasa seafood di rumah makan Alim akan tetap berbekas dan ingin diulang lagi di lain kesempatan.

wisata-tanjungpinangwisata-kulinerseafoodgonggongtanjungpinangkepulauan-riaurumah-makan-alim-tanjungpinang

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending