Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Habis Viral Wisata Keren di Mojokerto Terbitlah Sampah dari Pengunjung

Habis Viral Wisata Keren di Mojokerto Terbitlah Sampah dari Pengunjung
Ranu Manduro menjaid destinasi wisata baru bagi masyarakat Jawa Timur. (Twitter Hafidz Bashory)

Mojokerto - Sebuah video yang memamerkan keindahan alam di Mojokerto, Jawa Timur layaknya di Selandia Baru viral belum lama ini. Tapi, kini kawasan itu malah penuh sampah.

Video itu menjadi perbincangan warganet setelah diunggah oleh @Blaklaiv. Dia bilang bukan dia yang merekam video itu.

Setelah ditelusuri, video itu dibuat oleh Hafidz Bashory. Saat dikonfirmasi oleh detikTravel, Hafidz menyebut kawasan itu ada di Ranu Manduro, tepatnya di Desa Manduro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jatim.

Hafidz mengunjungi Ranu Manduro pada hari Minggu (23/02/2020). Dia tak menyangka kalau videonya akan viral. Dia hanya berniat mengabadikan momen itu lewat Instastory.

"Iseng aja merekam video di Instastory, enggak tahu kalau akan viral. Awalnya itu viral di WA, terus di-upload sama orang di Twitter tanpa mencantumkan sumber," kata Hafidz saat dihubungi detikcom.

Kabar viral Ranu Manduro itu membuat senang Hafidz. Dia pun kembali mengunjungi Ranu Manduro dua hari kemudian, pada Selasa (25/2/2020).

Tapi, kunjungan kedua itu membuatnya kecewa. Dia melihat sampah berserakan.

"Ini yang miris, sampahnya mulai bergelimang, jadi banyak gitu," kata Hafidz.

Berkaca yang sudah-sudah, Hafidz khawatir situasi itu berdampak buruk kepada Ranu Manduro. Ya, sejumlah kawasan yang menjadi viral karena keindahannya atau keunikannya berhasil mendatangkan wisatawan, namun kemudian ditutup karena sampah.

Hafidz yang baru saja mengunjungi Ranu Manduro Selasa pagi, mendengar isu bahwa kawasan wisata ini ditutup pada sore harinya, karena masalah sampah.

"Ditutup karena sampah yang mulai berserakan, sama yang punya ditutup, tapi saya nggak tahu pasti itu," kata Hafidz.

Hafidz berharap masyarakat maupun pelancong bersama-sama menjaga lingkungan dengan minimal tidak membuang sampah sembarangan. Dia juga berharap semoga Ranu Manduro itu membawa rezeki bagi masyarakat sekitar.

"Mudah-mudahan bisa sama-sama menjaga kebersihan, terutama masalah sampah buat pengunjung semuanya," kata Hafidz.

Hafidz ingin ke depannya pemerintah bisa menjadikan desa ini menjadi tempat wisata yang dikelola dengan baik.

"Semoga pemerintah bisa melirik hal ini supaya bisa jadi tempat wisata yang aman, tentram, bagus, indah, pengelolaan nya juga baik," Hafidz menambahkan.

ranu-mandurowisata-ranu-mandurowisata-mojokertowisata-jatim

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Jurnalis Asing Ungkap Pengalaman Terbang Menegangkannya Naik Sriwijaya Air

Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 menjadi sorotan baik media dalam hingga luar negeri. Jurnalis asing pun berbagi kisahnya menaiki Sriwijaya Air.

Pak Jokowi, Sandiaga Minta Pekerja Wisata Dapat Prioritas Vaksin

Proses vaksinasi COVID-19 sudah bergulir hari ini, dimulai dari Presiden Joko Widodo. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pemerintah juga memprioritaskan pekerja wisata.

Penyuntikan Vaksin Sinovac Dimulai, Kemenparekraf Harap Wisata Bisa Pulih

Tepat hari Rabu pagi (13/1), pemberian vaksin Corona Indonesia resmi dimulai. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga ikut mendukung.

Melanie Subono Sentil Video Pilot Vincent di Lokasi Tragedi

Nama pilot Vincent Raditya yang juga merupakan seorang Youtuber dunia penerbangan disentil oleh Melanie Subono. Terkait videonya di lokasi tragedi.

10 Negara yang Masyarakatnya Paling Dermawan, Termasuk Indonesia

Mungkin traveler penasaran, negara mana saja yang disebut cukup dermawan. Dari 10 negara paling dermawan, terselip nama Indonesia.

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Trending