Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Ini 10 Toko Buku yang dibangun di Tempat Aneh tapi Unik

Ini 10 Toko Buku yang dibangun di Tempat Aneh tapi Unik
Foto: (Getty Images)

Venesia - Toko buku yang traveler temui mungkin terkesan biasa, dengan buku tertumpuk di segala sisi. Namun ada beberapa toko buku yang punya sejarah saat pembangunannya.

Berbagai toko buku berikut ini di bangun dengan bentuk yang bermacam-macam. Ada yang luas, kecil bahkan berlokasi di bekas bank dan tongkang.

1. Paddy Field Bookstore

Berbeda dengan toko buku pada umumnya, Paddy Field Bookstore berlokasi di sebuah rumah kosong di Xiadi, China. Dikelilingi oleh sawah, rumah yang telah ditinggalkan ini menjadi tempat menarik untuk membaca buku.

Desa Xiadi sendiri sudah ada lebih dari 800 tahun yang lalu. Bangunan-bangunan tradisional yang dibangun dengan dinding-dinding tanah yang menabrak mengingatkan akan dinasti Ming dan Qing.

2. Words On Water

Words on Water disebut toko buku terapung karena berada di perahu London bekas. Toko ini mulai beroperasi sejak tahun 1920-an.

Sempat berganti lokasi karena peraturan kanal, setelah kampanye publik toko buku ini kembali dan menjadi tempat permanen. Words on water memiliki berbagai buku mulai dari yang klasik hingga modern.

Foto: (Getty Images)

3. El Ateneo Splendid

Toko buku unik El Ateneo Splendid berada di bekas teater seni pertunjukan dan bioskop di Buenos Aires, Argentina. Gedung yang bernama Grand Splendid ini sudah didirikan sejak tahun 1919.

Bangunan Grand Splendid masih mempertahankan arsitektur dan dekorasi sejak pertama kali dibangun, termasuk panggung tirai merah, teater dan balkon. Sampai sekarang, toko buku ini masih sering mengadakan pertunjukan langsung permainan piano.

Foto: (Getty Images)

4. The Last Bookstore

The Last Bookstore berlokasi di sebuah bekas bank. Jika dahulu gedung yang berlokasi di Los Angeles ini berisi tumpukan uang, sekarang berisi tumpukan buku.

Rak buku ditempatkan secara acak di seluruh ruangan. Buku bekas dan rusak ditumpuk untuk menghiasi ruangan. Seperti El Ateneo Splendid yang masih meninggalkan arsitektur gedung lamanya, The Last Bookstore juga masih memiliki sisa arsitektur bank.

5. Munro's Books

Sama dengan The Last Bookstore, Munro's Books juga berlokasi di sebuah bangunan bekas bank. Menjadi toko buku independen terbesar di Victoria, British Columbia, Kanada, bangunan ini sebelumnya dirancang untuk menjadi Royal Bank of Canada.

Munro's Books sudah berumur lebih dari 50 tahun. Didirikan oleh penulis pemenang hadiah Nobel Alice Munro dan suaminya.

6. Librairie Avant Garde

Siapa sangka, ada toko buku yang berada di China ini dulunya merupakan tempat perlindungan bom dan tempat parkir pemerintah. Terletak di bawah Stadion Wutaishan Nanjing, Librairie Avant Garde berdiri pada tahun 1999.

Pemilknya yang bernama Qian Xiaohua dahulunya merenovasi ruang seluas 41.000 kaki ini untuk menjadi sebuah toko buku. Sekarang, toko ini telah menjadi tempat yang populer bagi siswa dan turis.

Foto: (Getty Images)

7. Libreria Acqua Alta

Nama toko buku ini terjemahkan menjadi Toko buku di Air yang Tinggi. Karena berlokasi di Venesia, Italia yang sering terjadi banjir, buku-buku pin diletakkan di wastafel tahan air, bak mandi bahkan di gondola saat banjir melanda.

Untuk itu, jika ke toko buku ini, pengunjung harus membawa sepatu bot.

Foto: (Getty Images)

8. Selexyz Dominicanen

Toko buku ini sebelumnya merupakan sebuah gereja katolik, lalu bangunan ini didekonsekrasi oleh Napoleon Bonaparte pada 1790 yang menggunakannya sebagai tempat penyimpanan peralatan dan sebagai tempat ibadah.

Berlokasi di Maastricht, Belanda, pada tahun 2005, ruangan direnovasi menjadi toko buku Selexyz Dominicanen yang dikenal sampai hari ini.

9. Atlantis Books

Atlantis Books dibangun di sebuah gua di Santorini Yunani. Tak disangka, ternyata Atlantis Books didirikan oleh mahasiswa Inggris yang mabuk pada hari libur.

Dua tahun kemudian, kedua mahasiswa ini mengajak teman-teman mereka dan pindah ke Yunani. Toko buku telah dibuka sejak itu, mereka bahkan mengatakan anak-anak mereka nantinya akan meneruskan toko buku unik ini suatu hari.

10. Zhongshuge Bookstore

Toko buku Zhongshuge memiliki tema labirin tangga dan cermin. Lokasinya ada di Chongqing, China.

Dirancang menyerupai kaleidoskop dengan cermin di langit-langit. Beberapa tangga terlihat pantulannya di cermin seakan menggambarkan jaringan laba-laba di seluruh toko.

Foto: (Getty Images)

sumber: https://www.insider.com/bookstores-built-strange-p...

toko-buku-unikvenesiaitaliachinayunaniwisata-mancanegara

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending