Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Ini Spaceport City, Bandara Antariksa di Jepang

Ini Spaceport City, Bandara Antariksa di Jepang
Bandara antariksa, Spaceport City di Jepang (Foto: CNN)

Tokyo - Mungkin tidak butuh lama lagi akan perjalanan ke luar angkasa secara mudah. Jepang telah memiliki konsep bandara antariksa.

Diberitakan CNN, desain terbaru memperlihatkan bangunan menara baja dan kaca berbentuk silinder menonjol melalui atap panel surya berbentuk bundar. Bangunan ini membentuk Kota Bandara Antariksa atau Spaceport City.

Bandara luar angkasa ini ada di pulau terapung dengan gedung pencakar langit kota metropolitan Jepang jadi latar belakangnya.

Spaceport City dirancang untuk meluncurkan turis dalam perjalanan sehari ke luar angkasa. Mereka melihat sekilas kelengkungan Bumi dan merasakan gravitasi nol.

Noiz Architects ada di belakangnya. Firma ini yang merancang konsep Spaceport City tersebut bekerja sama dengan perusahaan komunikasi Dentsu, desainer Canaria, dan nirlaba Spaceport Jepang.

Mereka berusaha untuk mewujudkannya dalam beberapa tahun mendatang. Inilah generasi terbaru bandara antariksa yang dibangun sebagai bagian dari lanskap perkotaan.

"Bandara antariksa adalah destinasi perjalanan sehari. Ada fasilitas lifestyle dan pendidikan yang dirancang untuk membantu pengunjung yang berada di bumi menjadi lebih akrab dengan ruang angkasa," kata Manajer Proyek Noiz Architects. Urszula Kuczma.

Bandara antariksa Spaceport City

Bandara antariksa Spaceport City Jepang (Foto: CNN)

Ruang serbaguna di dalam bandara antariksa termasuk fasilitas penelitian dan bisnis, akademi pendidikan, pertokoan, hotel, restoran makanan astronot, bioskop IMAX 4D, museum seni, gym, akuarium, dan disko. Tentu, semuanya bertema luar angkasa.

Untuk mengakses ke bandara antariksa, Noiz Architects menggabungkan transportasi umum dengan jaringan jembatan yang bisa dilewati mobil listrik dan kereta otonom. Pulau terapung akan terintegrasi dengan kota di dekatnya.

Ide awalnya adalah untuk merangsang peluang ekonomi sekaligus menginspirasi orang untuk mengeksplorasi teknologi dan keajaiban ruang.

Perjalanan sehari ke antariksa

Tidak seperti peluncur roket vertikal konvensional yang kebanyakan kita bayangkan jika ke luar angkasa, Spaceport City dirancang untuk pesawat ruang angkasa suborbital. Armada ini lebih seperti pesawat yang lepas landas secara horizontal.

Penerbangan luar angkasa suborbital komersial belum tersedia, tetapi perusahaan termasuk Blue Origin dan Virgin Galactic sedang menguji pesawat ruang angkasa suborbital untuk pariwisata luar angkasa. Virgin Galactic memimpin dalam pengembangan pesawat ruang angkasa peluncuran horizontal, jenis yang dirancang untuk Spaceport City.

Bandara antariksa Spaceport City

Vigin Galactic (Foto: CNN)

Perusahaan telah melakukan penerbangan uji dan telah ada lebih dari 600 penumpang yang mendaftarkan diri untuk penerbangan luar angkasa seharga USD 250.000 per kursi. Penerbangan ini berlangsung 90 menit dan belum terjadwal, yang diharapkan dapat diluncurkan pada awal tahun depan.

Perusahaan tersebut mengatakan pesawat ruang angkasa mereka akan terbang setidaknya di atas Bumi. Nantinya, traveler bisa meninggalkan tempat duduk mereka selama beberapa menit dan mengalami gravitasi nol.

Sementara ini, penerbangan luar angkasa diestimasi memakan waktu kurang dari dua jam. Traveler yang ingin lebih dekat dengan bintang-bintang harus menjalani pelatihan tiga hari sebelum lepas landas, kata Virgin Galactic.

Nantinya, bandara antariksa Spaceport City juga memiliki fasilitas pelatihan. Liburan antariksa bisa jadi tantangan berat bagi fisik dan mental, jadi pemeriksaan kesehatan dan pelatihan fisk jadi bagian dari persiapan sebelum terbang.

Lokasi Spaceport City

Spaceport City bukanlah proyek bandara antariksa perkotaan pertama. Di Houston, kota terbesar keempat di AS dan rumah bagi program astronot NASA, sebuah pekerjaan serupa sedang dilakukan untuk mengubah Bandara Ellington menjadi bandara antariksa komersial.

Colorado Air and Space Port (CASP) hanya berjarak 30 menit berkendara dari pusat Kota Denver. Bandara luar angkasa ini terletak di dekat kota untuk menarik bisnis yang berhubungan dengan luar angkasa dan pelancong luar angkasa, setelah penerbangan komersial tersedia.

Spaceport City dirancang untuk memamerkan manfaat bandara antariksa perkotaan. Juga, untuk membuat penduduk kota ikut serta dengan memiliki bandara antariksa di dekat rumah, kata Hidetaka Aoki, direktur Spaceport Jepang.

Aktivasi penerbangan luar angkasa semacam ini memang masih butuh waktu berpuluh-puluh tahun. Tapi Spaceport City di Jepang menginginkan proyek konseptual yang bisa meletakkan dasar dalam mengubah persepsi dan mendidik masyarakat tentang bisnis yang potensial.

bandara-antariksapenerbangan-ke-antariksaspaceport-cityjepangserba_serbi-penerbanganluar-angkasa

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending