Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Ini Tempat di Bumi yang Punya Banyak Julukan Ter-

Ini Tempat di Bumi yang Punya Banyak Julukan Ter-
Kawah di Danakil (iStock)

Afar - Nama tempat ini Danakil Depression. Sebagai gurun, Danakil punya ragam julukan "ter-" yakni terpanas, terpencil, terkering, dan terendah di Bumi.

Danakil Depression adalah sebuah kawasan gurun di utara Ethiopia, Afrika. Yang membuat kawasan ini menarik adalah statusnya sebagai daerah terpanas di bumi, seperti diintip detikcom dari berbagai sumber, Senin (21/10/2019).

Tak seperti gurun lain di Afrika, Danakil justru lebih terlihat cantik. Bukan padang pasir, area gurun di kawasan Afra ini berupa tanah dan bebatuan yang berwarna-warni. Warna yang dihasilkan oleh gurun ini berasal dari belerang, sulfur, mineral dan garam dalam batuannya. Tapi bukan cuma ini yang menarik dari Danakil.

Ini Tempat yang Punya Banyak Julukan Ter- di Bumi

Foto: (iStock)

Berdasarkan suhu rata-rata sepanjang tahun, Danakil memiliki temperatur 34,5 derajat celcius. Hariannya, suhu tempat ini bisa mencapai 50 derajat celcius. Ini mengapa tempat ini jadi yang terpanas di bumi.

Nampaknya, Danakil tak henti-hentinya untuk membuat dunia terpesona. Selain terpanas, Danakil juga jadi salah satu titik terendah di bumi. Ketinggian Danakil yaitu 125 meter di bawah permukaan laut. Yang paling rendah bernama Dallol.

Ini Tempat yang Punya Banyak Julukan Ter- di Bumi

Foto: (iStock)

Hal ini dikarenakan Danakil dibentuk oleh Afar Triple Junction. Afar Triple Junction adalah pertemuan retakan 3 lempeng tektonik yang memotong Ethiopia, Eritrea dan Djibouti.

Retakan ini masih terus aktif dan jadi yang terbesar di bumi. Saking aktif dan besarnya, Danakil diprediksikan tenggelam menjadi samudera 10 juta tahun ke depan.

Semua keunikannya membuat Danakil terlihat menggiurkan sebagai tempat wisata. Kalau datang ke sana bisa lihat apa?

Ini Tempat yang Punya Banyak Julukan Ter- di Bumi

Foto: (iStock)

Sebagai gurun yang unik, Danakil memberikan traveler kesempatan untuk berjalan di atas bebatuan warna-warni. Ada pula kolam air belerang yang tak kalah cantik untuk dipamerkan dalam media sosial.

Saat malam tiba, traveler bisa menyaksikan kawah-kawah api dan kilau batuan sulfur yang sangat indah. Belum lagi ada danau garam yang bisa traveler pijak. Danau garam ini memiliki ketebalan permukaan mencapai 2 km. Seolah berjalan di atas kaca, kamu akan dibuat terpesona oleh keindahan sekeliling Danakil.

Bagaikan berada di tempat tinggal alien, traveler juga tak bisa berkunjung ke sini dengan mudah. Danakil menjadi salah satu area terpencil bumi.

Ada jasa operatur tur setempat yang bisa traveler pilih sebagai pemandu. Contohnya Ethio Travel and Tours dan Visit Ethiopia Tours, paketnya mulai dari Rp 8 juta untuk 3 malam.

Ini Tempat yang Punya Banyak Julukan Ter- di Bumi

Foto: (iStock)

Selama tur ke Danakil, traveler diminta untuk mengikuti semua peraturan yang diberikan oleh operatur tur. Yang paling umum, adalah berhati-hati dalam melangkah saat berjalan di Danikil. Belum lagi muncratan air belerangnya cukup panas dan bisa bikin kulit terluka.

Traveler akan diminta untuk selalu menggunakan masker. Cuaca yang panas dan asap belerang yang terus menguap bisa membuat kepala pusing dan perut mual.

Bukan cuma karena terpencil, tempat ini sulit dijangkau karena adanya konflik antar etnis. Kelaparan, kemiskinan dan angka kriminalitas sangat tinggi dan cukup berbahaya bagi wisatawan.

Meski demikian, Danikil tetap saja bikin penasaran. Apalagi dengan banyaknya julukan ter- yang disabetnya. Rasanya ini sebanding dengan pemandangan mempesonanya yang mirip dengan tempat tinggal alien.

afarethiopiaafrikadanakilgurunalienlempeng-tektonik

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending