Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Kampung Pelangi di Semarang, Destinasi Wisata saat Weekend

Kampung Pelangi di Semarang, Destinasi Wisata saat Weekend
Kampung Pelangi Semarang. Foto: (Kurnia/detikTravel)

Jakarta - Kampung Pelangi Semarang belakangan ini menjadi topik pembicaraan publik. Kampung Pelangi yang berada di perbukitan yang dikenal sebagai Gunung Brintik, di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang.

Semarang menjadi kota yang dikenal dengan sejarah Jawanya yang cukup kental. Namun, kali ini Semarang memiliki destinasi wisata yang baru dan unik. Cocok untuk kamu yang ingin berlibur.

Dirangkum dari detikTravel, inilah yang menarik dari Kampung Pelangi Semarang.

Kampung Pelangi ini seringkali menarik perhatian media untuk meliputnya, mulai dari media nasional bahkan media internasional seperti Daily Mail, Mirror, India Times, Telegraph, Vogue, Independent, Coconut, dan Seasia.

Bahkan, Kampung pelangi ini pernah dikunjungi oleh Dubes Uni Eropa, Vincent Guérend. Ia merasa takjub dengan keindahan dan keunikan yang ada di Kampung Pelangi.

Kampung Pelangi Semarang.

Kampung Pelangi Semarang. Foto: Nfadils/d'Traveler

Ternyata usul punya usul, kampung ini awalnya hanyalah kampung yang kotor, kumuh dan biasa saja. Namun, Walikota Semarang Hendrar Prihadi ingin menjadikan kampung tersebut dilihat publik dan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Sampai akhirnya Hendrar memunculkan ide untuk mempercantik kampung ini menjadi lebih berwarna.

Kemudian, Hendrar yang kerap disapa Hendi ini mengumpulkan pengusaha cat, perbankan dan pengusaha untuk membantu mengubah kampung ini menjadi Kampung Pelangi. Selanjutnya, Hendi mengajak warganya untuk bergotong royong di kampung itu.

Kampung tersebut disulap menjadi Kampung Pelangi, karena satu rumah dicat dengan warna yang berbeda-beda dan warna yang digunakan pun warna terang seperti pelangi. Namun tidak hanya dicat, warga yang antusias pun menyertakan kreativitasnya berupa lukisan agar bisa dijadikan objek foto untuk siapapun yang berkunjung ke Kampung Pelangi.

Kampung Pelangi Semarang.

Kampung Pelangi Semarang. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Untuk pendanaannya sendiri, Kampung pelangi menghabiskan Rp 3 milliar. "Total hitungan yang dibuat habisnya Rp 3 miliar. Anggaran kami tidak bisa masuk karena tidak semua rumah kumuh dan ada warga mampu. Kita mengumpulkan pengusaha yang punya kepedulian. Ada yang bantu cat, uang, tenaga, selesai. Pemerintah tidak pakai APBD. Kami perannya menginisiasi dan ajak masyarakat," terang Hendi.

Setelah sebagian rumah selesai dicat, tanpa waktu yang lama banyak sekali orang yang berkunjung ke Kampung Pelangi dan membagikannya ke sosial media. Media online pun tidak ketinggalan ikut heboh.

Maraknya pemberitaan tentang Kampung Pelangi dan wisatawan yang datang, Hendi akan memperbaiki fasilitas yang ada disana sesuai dengan pemkot Semarang.

Fasilitas yang akan dilengkapi seperti Fasilitas-fasilitas lainnya seperti toilet umum hingga warung juga akan ada di sana. Warga juga bisa memanfaatkan Kampung Pelangi untuk menjual barang-barang khas. "Kampung sudah di-branded, maka bisa buat souvenir, stiker, gantungan kunci, kaos. Akan jadi sebuah kreasi ekonomi dan menumbuhkan perekonomian," ujarnya.

Ketika kamu sudah memasuki Kampung Pelangi ini, kamu akan dibuat takjub dan senang berada disana. Selain warganya yang ramah, kamu juga bisa melihat lukisan-lukisan yang dibuat oleh warga. Warna-warninya Kampung Pelangi bisa kamu lihat mulai dari atap rumah, dinding, jembatan hingga jalanan yang berwarna warni.

Untuk menuju ke Kampung Pelangi kamu tidak perlu khawatir, Karena untuk menuju Kampung Pelangi tiket masuknya cukup murah yakni Rp 3 ribu saja. Kamu juga bisa berfoto sesuka hati kamu dan diunggah di sosial media kamu.

Dan yang paling baru dan wajib banget kamu kunjungi saat berada di Kampung Pelangi Semarang ini adalah Taman Kasmaran. Ya, Kampung Pelangi dilengkapi dengan fasilitas yang baru berupa taman yang bisa kamu kunjungi untuk berfoto ria.

Taman Kasmaran, itulah nama spot foto baru berlatar kampung warna-warni yang mendunia itu. Lokasinya sejajar dengan kios pasar bunga di depan Kampung Pelangi tepatnya di lantai dua kios kuliner. Dari Taman Kasmaran, terlihat warna-warni rumah Kampung Pelangi.

Uniknya nama Taman Kasmaran ini diciptakan bukan karena untuk mencari jodoh atau khusus untuk pasangan yang sedang kasmaran ya, melainkan singkatan dari Kali Semarang. Hendi juga menjelaskan bahwa nama kasmaran ini diciptakan karena lokasinya yang dekat Kali Kasmaran.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Kampung Pelangi di Semarang? Selamat jalan-jalan!

dyouthizengenzipediakampung-pelangikampung-pelangi-semarangsemarangtiket-masuk-kampung-pelangitempat-wisata-di-semarang

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending