Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Kangen Traveling? Film Traveling Indonesia Ini Bisa Jadi Obatnya

Kangen Traveling? Film Traveling Indonesia Ini Bisa Jadi Obatnya
Cuplikan trailer film Kulari ke Pantai (Foto: Youtube Miles Film)

Jakarta - Traveler yang mulai bosan di rumah dan rindu traveling bisa nonton dulu film Indonesia bertema perjalanan ini. Kegiatan work from home (wfh) atau di rumah saja mungkin membuat traveler bosan. Namun tak perlu khawatir, ada banyak cara untuk menikmati momen ini, salah satunya dengan menonton film.

Nah, bertepatan dengan hari film nasional yang jatuh pada hari ini, Senin (30/3), detikTravel merekomendasikan sejumlah film bertema traveling untuk mengobati kerinduan traveler berwisata. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

1. 3 Hari untuk Selamanya

Satu mobil, dua orang, tiga hari bersama dalam perjalanan. Itulah gambaran singkat mengenai film arahan sutradara Riri Riza ini. Film yang dibintangi Nicholas Saputra (Yusuf) dan Adinia Wirasti (Ambar) yang rilis pada 2007 ini akan membawa traveler jalan-jalan dari Jakarta menuju Yogyakarta menggunakan mobil.

Perjalanan sepasang sepupu, Yusuf dan Ambar pada mulanya bukanlah untuk wisata. Mereka justru membawa misi yaitu mengantarkan piring keramik ke pernikahan saudara mereka di Yogyakarta. Namun siapa sangka, di sepanjang jalan mereka justru belajar untuk saling mengenal karakter satu sama lain, berbagi pengalaman, dan pengetahuan selama 3 hari.

Serunya lagi, di sepanjang jalan, keduanya juga menyempatkan mampir ke berbagai tempat, yaitu Bandung lalu ke Pemandian Air Panas Ciater di Subang. Setelah itu, mereka juga menyusuri daerah Pantai Utara (Pantura) dan sempat menikmati pertunjukan tari Jaipong. Mereka juga singgah ke Gua Maria Sendangsono yang terletak di Kulon Progo sebelum akhirnya tiba di Yogyakarta.

2. 5 cm

5 cm merupakan film adaptasi novel berjudul sama yang rilis pada 2012. Film arahan Rizal Mantovani ini pernah membuat tren naik gunung meningkat lantaran menyuguhkan pemandangan Gunung Semeru yang menawan.

Film ini bercerita tentang 5 sahabat asal Jakarta yaitu Zafran (Herjunot Ali), Ian (Saykoji), Riani (Raline Shah), Genta (Fedi Nuril), dan Arial (Denny Sumargo) yang ingin merekatkan hubungan mereka dengan mendaki sampai Puncak Mahameru. Selain itu, adapula Dinda (Pevita Pearce) yaitu adik Arial yang akan menambah keseruan dan konflik dalam perjalanan mereka.

Melalui film ini, traveler yang belum pernah atau rindu dengan Semeru, bisa menengok keindahan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu. Beberapa spot di Gunung Semeru yang disuguhkan dalam film adalah Ranu Pane yang merupakan pos penanjakan pertama, kemudian Ranu Kumbolo yaitu danau terkenal di Semeru, lalu pos terakhir yaitu Arcopodo, dan Puncak Mahameru.

3. Kulari ke Pantai

Dari gunung, kita turun yuk menuju pantai. Nah, kalau film yang satu ini sangat cocok ditonton bersama dengan keluarga. Film karya sutradara Riri Riza ini akan mengajak traveler untuk mengenal karakter dan membangun kepercayaan antar anggota keluarga. Bonusnya, traveler juga akan disuguhi pemandangan alam cantik dari Pulau Rote NTT sampai Banyuwangi.

Film yang rilis pada 2018 itu bercerita tentang Uci (Marsha Timothy), seorang ibu dan anak perempuannya Samudra (Maisha Kanna) yang tinggal di Rote lalu pergi ke Jakarta untuk mengunjungi keluarga mereka. Di sana, Samudra bertemu kembali dengan sepupunya, Happy (Lil'li Latisha) namun ternyata hubungan keduanya kurang baik.

Untuk memperbaiki hubungan itu, Uci, Samudra dan Happy akhirnya pergi wisata bersama dengan naik mobil dari Jakarta menuju Banyuwangi. Dari perjalanan tersebut, mereka pun menemukan arti keluarga yang sesungguhnya.

Di film ini, traveler akan diajak untuk menikmati keindahan Cirebon, Pantai Watu Karang di Pacitan, Gunung Bromo, Taman Nasional Baluran di Situbondo, sampai Pantai G-land di Banyuwangi. Tak hanya pemandangan indah, traveler juga akan diberikan sejumlah informasi mengenani tempat wisata tersebut serta suguhan olahraga selancar yang memacu adrenalin.

4. Labuan Hati

Labuan Hati merupakan film yang mengambil latar tempat di Labuan Bajo. Film ini berkisah mengenai tiga orang perempuan yaitu Bia (Kelly Tandiono), Indi (Nadine Chandrawinata), dan Maria (Ully Triani) yang memutuskan untuk lari dari penatnya kehidupan masing-masing dengan wisata ke Labuan Bajo, Flores, NTT.

Meski awalnya tak saling kenal, ketiganya kemudian bersahabat dan saling berbagi cerita dan mimpi sebagai seorang perempuan. Sambil menjelajahi keindahan Pulau Komodo dan wisata bawah laut Labuan Bajo, ketiga perempuan ini terjebak cinta segiempat dengan seorang instruktur selam, Mahesa (Ramon Y. Tungka).

Film garapan Lola Amaria ini cocok untuk mengobati kerinduan traveler akan Labuan Bajo yang juga menjadi salah satu destinasi super prioritas di Indonesia. Kalau belum sempat ke sana, simak saja dulu pesonanya melalui film ini.

5. Negeri Dongeng

Nah, kalau film yang satu ini merupakan film dokumenter yang merekam perjalanan 7 orang pendaki menjelajahi 7 puncak gunung di Indonesia. Ekspedisi yang diikuti Anggi Frisca, Teguh Rahmadi, Rivan Hanggarai, Jogie KM Nadeak, Yohanes Pattiasina, dan Wihana Erlangga itu diawali dari Gunung Kerinci di Jambi. Perjalanan berlanjut ke Gunung Semeru, Jawa Timur, lalu Gunung Rinjani di NTB,Bukit Raya di Kalimantan Barat, sampai Gunung Latimojong di Sulawesi Selatan.

Selama melakukan pendakian, traveler tidak hanya melihat perjuangan dari para pendaki untuk menuju puncak tetapi juga berbagai masalah sosial yang ada di sekitar lokasi tersebut. Dari sana traveler akan melihat indahnya pemandangan, pergulatan emosi, sampai mendapatkan pengetahuan dan diajak berpikir mengenai masalah masyarakat yang hidup di sekitar gunung tersebut.

film-indonesiafilm-traveling3-hari-untuk-selamanyafilm-5-cmkulari-ke-pantailabuan-hatifilm-negeri-dongengbandungyogyakartagunung-semerulabuan-bajotaman-nasional-balurangunung-bromogunung-rinjanirotebanyuwangipulau-komodo

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

10 Negara yang Masyarakatnya Paling Dermawan, Termasuk Indonesia

Mungkin traveler penasaran, negara mana saja yang disebut cukup dermawan. Dari 10 negara paling dermawan, terselip nama Indonesia.

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Baru Mau Mencoba Solo Travel? Ingat dan Terapkan 8 Tips Penting Ini

Solo travel bukanlah hal yang baru, termasuk di kalangan traveler Muslim. Sebelum mencoba, ingat dan terapkan 8 tips penting ini ya!

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

Paspor Baru Taiwan, Tulisan Besar 'Republic of China' Dihilangkan

Taiwan baru saja meluncurkan desain paspor baru. Perubahan dapat terlihat dari tulisan 'Republik of China' yang bercetak besar dihapus.

Pak Jokowi, Sandiaga Minta Pekerja Wisata Dapat Prioritas Vaksin

Proses vaksinasi COVID-19 sudah bergulir hari ini, dimulai dari Presiden Joko Widodo. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pemerintah juga memprioritaskan pekerja wisata.

Trending