Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Kedai Kopi Pagi Sore, Tempat Sarapan Terbaik di Tanjungpinang

Kedai Kopi Pagi Sore, Tempat Sarapan Terbaik di Tanjungpinang
Kedai Kopi Pagi Sore di Tanjungpinang (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Tanjungpinang - Ada yang kurang kalau liburan ke Tanjungpinang tapi tidak sarapan ke Kedai Kopi Pagi Sore. Inilah tempat sarapan paling otentik bagi warga Tanjungpinang.

Sepintas dari namanya, kita akan teringat pada nama sebuah Rumah Makan Padang terkenal di Jakarta. Tapi, Pagi Sore di Tanjungpinang bukanlah rumah makan Padang, melainkan sebuah kedai kopi lokal yang sudah terkenal dan punya banyak penggemar setia.

Kedai Kopi Pagi Sore beralamat di Jalan Merdeka No 85, Tanjungpinang. Lokasinya berada tepat di pinggir jalan, tak jauh dari kawasan Pelabuhan Tanjungpinang. Bangunan kedai ini tak terlalu luas, tapi cukup untuk menampung puluhan orang dalam sekali waktu.

Dari dulu bangunan Kedai Kopi Pagi Sore tak mengalami banyak perubahan. Ya, tetap segitu-segitu saja.

Dari penampakannya, bangunan kedai ini tampak mencerminkan usianya, tua tapi tak lekang oleh zaman.

Kedai Kopi Pagi Sore, Tempat Sarapan Terbaik di Tanjungpinang

Suasana kedai (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Dari Hotel Aston Tanjungpinang, tempat detikTravel menginap, perjalanan menuju Kedai Kopi Pagi Sore bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit. Kalau ingin cari sarapan lokal yang otentik, bisa banget 'kabur' dari hotel dan menuju ke kedai ini.

detikTravel berjumpa langsung dengan Mohammad Yasin (57), sang pemilik Kedai Kopi Pagi Sore. Yasin meneruskan usaha ini dari orang tuanya. Yasin sendiri lah yang membuat roti prata sebagai sarapan kami pagi itu.

"Mulai dari tahun 1951. Dulu jualannya banyak, ada Nasi Briyani. Tapi untuk Briyani, orang sini agak kurang suka. Bumbunya terlalu kuat. Akhirnya, saya coba-coba sampai jadi Prata yang sekarang," kisah Yasin kepada detikTravel.

Kedai Kopi Pagi Sore, Tempat Sarapan Terbaik di Tanjungpinang

Mohammad Yasin, pemilik Kedai Kopi Pagi Sore (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Dari tangan Yasin, dihasilkanlah roti prata yang sangat nikmat. Adonan roti prata ia tarik-tarik, pukul-pukul, baru kemudian dipanggang. Lalu roti prata itu dia cabik-cabik, hingga nantinya dihidangkan di depan para tamu.

Sejak zaman dahulu kala, roti prata memang jadi menu andalan Kedai Pagi Sore. Cara makannya, roti prata disobek, lalu dicocol ke kuah kari. Bisa kari ayam atau kari sapi, tergantung selera traveler saja.

Roti prata ini ada yang kosong alias polos, atau bisa juga roti prata isi daging sapi, bahkan isi suwiran ikan tongkol. Pagi itu, detikTravel memesan seporsi roti prata kosong dan seporsi roti prata isi daging sapi untuk sarapan. Tak lupa segelas kopi susu sebagai teman makannya.

Kedai Kopi Pagi Sore, Tempat Sarapan Terbaik di Tanjungpinang

Roti prata kosong (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Saat suapan pertama, saya memakannya polosan saja. Roti prata kosong ini terasa begitu empuk dan lembut di mulut. Baru pada suapan kedua, saya padukan dengan kuah kari ayam Rasanya jadi semakin nendang. Endolita, kalau anak zaman sekarang bilang.

Khusus untuk roti prata isi daging sapi, bentuknya sama seperti martabak yang biasa kita makan. Untuk cocolannya, ada campuran kecap asin, cuka, potongan timun dan bawang bombay. Kedua tipe roti prata ini sama sedapnya!

Selain roti prata, ada satu menu lagi yang khas dari Kedai Pagi Sore yaitu Asma Rujak. Dari sekian banyak rumah makan atau kedai kopi di Tanjungpinang, hanya Kedai Pagi Sore milik Yasin lah yang menjual Asma Rujak yang otentik.

Kedai Kopi Pagi Sore, Tempat Sarapan Terbaik di Tanjungpinang

Asma rujak (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Asma Rujak ini wujudnya seperti asinan. Gorengan bakwan kepiting dipotong-potong, kemudian dicampur dengan irisan buah (bengkoang dan timun), lalu disiram dengan kuah kacang yang bercita rasa asam segar dan pedas. Duh, sedapnya!

Karena bahan baku kepiting terkadang susah didapat, biasanya diganti dengan udang. Oh iya, jangan lupa semua makanan itu dipadukan dengan menyeruput segelas kopi susu yang nikmat. Sungguh aduhai, rasanya.

Kedai Kopi Pagi Sore, Tempat Sarapan Terbaik di Tanjungpinang

Menu sarapan kami pagi itu (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Bagi warga Tanjungpinang, sarapan di Kedai Kopi Pagi Sore adalah cara terbaik untuk memulai hari. Kedai kopi tidak hanya jadi tempat makan, tapi juga sebagai tempat bersosialisasi, ngobrol ngalor-ngidul, hingga terjadi deal-deal politik dan bisnis yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Itulah uniknya Kota Tanjungpinang. Traveler yang berminat, langsung saja meluncur ke Kedai Kopi Pagi Sore. Sama seperti namanya, kedai kopi ini buka di pagi hari mulai pukul 06.00 dan tutup di sore hari sekitar pukul 17.00 WIB.

wisata-tanjungpinangwisata-kulinerkedai-kopipagi-soretanjungpinangtempat-sarapankepulauan-riau

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending