Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Ketinggian Pesawat Berpengaruh ke Perubahan Iklim

Ketinggian Pesawat Berpengaruh ke Perubahan Iklim
Contrails, jejak pembakaran pesawat (Michael Marston ePixel Images/CNN)

Jakarta - Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa ketinggian pesawat ternyata mempengaruhi perubahan iklim. Jika ketinggiannya saat ini diubah bisa dipercaya akan lebih ramah untuk iklim.

Dilansir CNN, pengubahan ketinggian pesawat bisa mengurangi dampak iklim. Ketika ketinggian pesawat diubah beberapa ribu kaki, kerusakan iklim dapat dikurangi hingga 59 persen.

Hal itu diungkapkan dalam sebuah studi oleh tim ilmuwan di Imperial College London. Fokus studi ini menghilangkan adanya contrails, yakni garis-garis kondensasi berwarna putih yang biasa dilihat setelah pesawat lewat di langit akibat sisa pembakaran.

Formasi seperti awan ini dapat memiliki efek pendinginan, bertindak untuk memantulkan sinar matahari yang akan memanaskan bumi. Contrails juga dapat menghalangi panas keluar dari bumi.

Pada November 2019, studi dari ilmuwan MIT menyimpulkan bahwa contrails menyumbang 14% perubahan iklim. Contrails tidak bertahan lama, maksimum sekitar 18 jam.

Imbauannya yakni menerbangkan pesawat lebih tinggi atau lebih rendah. Karena, hal itu dapat membantu menghilangkan contrails.

Ketinggian Pesawat Berpengaruh ke Perubahan Iklim

Contrails, jejak pembakaran pesawat (Michael Marston ePixel Images/CNN)

Contrails hanya terbentuk di area dengan atmosfer yang lebih tipis, dengan kelembaban tinggi. Secara teori, dimungkinkan untuk menghindarinya dan bisa mendapat manfaat lingkungan.

Dalam simulasi komputer hingga menghasilkan simpulan itu digunakan data yang tersedia pada pesawat terbang di wilayah udara Jepang. Para ilmuwan menguji apa yang akan terjadi jika pesawat terbang lebih tinggi atau lebih rendah dari jalur penerbangan mereka saat ini.

Jika pesawat menyimpang dari jalur penerbangan maka akan terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar. Tetapi kata para peneliti mengatakan bahwa kenaikannya itu kurang dari 0,1 persen.

Andrew Heymsfield, ilmuwan senior di Pusat Penelitian Atmosfer Nasional, mengatakan bahwa temuan itu masuk akal. Tapi, ia mempertanyakan bagaimana implementasinya dalam penerbangan komersil.

Heymsfield mengatakan bahwa pesawat tidak dapat terbang secara sembrono karena harus tetap di jalurnya. Jika perubahan diadopsi akan mengarah pada beberapa pengurangan emisi.

Dunia penerbangan saat ini berkontribusi antara 2-3% dari seluruh emisi CO2 global. Hal ini akan tetap menjadi masalah meski terbang di ketinggian yang berbeda.

contrailspesawatserba_serbi-penerbanganperubahan-iklim

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending