Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Kisah Piramida yang Hilang di Samoa

Kisah Piramida yang Hilang di Samoa
Pulemelei Mound (BBC)

Samoa - Pulau Samoa di Samudra Pasifik menyimpan rahasia tentang piramidakuno yang telah lama hilang. Konon katanya, piramida ini menyimpan sejarah Samoa ratusan tahun lalu.

Seperti dilansir dari BBC, Kamis (27/2/2020) sebuah bangunan misterius tersembunyi jauh di dalam hutan Samoa yang lebat. Jalan yang ditemui di hutan ini hanyalah setapak, bagi orang awam mungkin merasa mustahil ada sebuah bangunan yang disebut para arkeolog sebagai rahasia terbaik Pasifik Selatan, Pulemelei Mound, gundukan yang berbentuk bintang.

Sekitar 80 gundukan bintang ini telah ditinggalkan selama sekitar 300 tahun. Sebelumnya, para ahli telah melakukan penggalian, namun hasilnya masih membingungkan. Namun sekarang, para arkeolog dan juga sejarawan berusaha mengungkap rahasia yang telah lama terpendam di hutan Samoa ini.

Foto: (BBC)

Tingginya mencapai 12 meter dengan alas 65 meter x 60 meter. Pulemelei Mound merupakan salah satu bangunan tertua dan terbesar di Polinesia. Tepatnya berada di pulau Samia Savai'i. Gundukan ini sering disebut piramida walaupun bagian atasnya datar.

Kemungkinan besar Pulemelei Mound dibangun secara bertahap mulai dari tahun 1000 M. Strukturnya memiliki 8 titik yang jika dilihat dari atas menyerupai bintang. Bentuknya hampir berorientasi pada titik-titik kompas, yang dikelilingi berbagai gundukan kecil.

Foto: (BBC)

Beberapa penduduk setempat dan para ahli mempercayai bahwa, dahulu piramida ini digunakan untuk kompetisi burung merpati, acara keagamaan atau pertemuan, juga sebagai monumen pemakaman. Namun tidak ada yang mampu menunjukkan kebenarannya. Sekarang, dengan menggunakan pemetaan laser baru di daerah sekitar Pulemelei Mound, menghasilkan petunjuk penting bagi arkeolog.

Jaringan reruntuhan yang luas ditemukan di bawah area ini dalam penggalian pada tahun 2002-2004. Para ahli percaya, ini adalah bukti dari seluruh pemukiman pra-kolonial yang berkembang, sebelum penemuan Eropa tahun 1722.

Mereka juga mengatakan bahwa penemuan baru ini membuktikan bahwa populasi Samoa sebelum kolonialisme jauh lebih besar dari pada yang diperkirakan sebelumnya. Ternyata, tingkat kematian penduduk Samoa setelah kolonialisme mencapai 80 sampai 90% di beberapa daerah. Peningkatan ini mencapai 20 hingga 50% sebelum penelitian dilakukan.

piramida-yang-hilangpulau-samoa

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending