Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa
Foto: Penampakan Gurita Terdalam di dunia (BBC)

Jakarta - Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Sekelompok peneliti yang tergabung dalam Eskpedisi Lima Jauh berhasil merekam penampakan gurita terdalam di dunia. Gurita ini ditemukan di kedalaman 4,3 Mil atau sekitar 6.920 meter di bawah permukaan laut.

Kelompok peneliti tersebut menemukan gurita itu setelah satu setengah tahun menjelajahi dasar laut Samudera Hindia. Ada dua gurita berhasil dijepret, satu di kedalaman 5.760 meter dan satu lagi di kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

"Seperti biasa, kami merekam banyak hal [dalam ekspedisi]. Tapi kemudian tiba-tiba di tengah penyelaman sekitar 6.000 meter, gurita Dumbo ini hanya terbang dengan kamera," ujar Dr Alan Jamieson, ahli Ekologi Laut sekaligus pemimpin ekspedisi, seperti dikutip dari CNN, Minggu (7/6/2020).

Ya, Alan menyebut gurita terdalam itu sebagai gurita Dumbo. Nama Dumbo merujuk kepada tokoh kartun Disney, Dumbo yang berwujud seekor gajah.

Para ilmuwan menduga gurita yang baru ditemukan itu merupakan spesies baru dari Grimpoteuthis atau dumbo octopus, sebuah genus dari gurita yang hidup di laut dalam. Nama Dumbo disematkan kepada gurita ini karena bentuk sirip gurita tersebut mirip dengan telinga karakter gajah Dumbo.

Penampakan gurita Dumbo yang hidup di laut dalam itu berhasil diabadikan lewat sistem kamera otonom dari kapal yang dilepaskan di dasar laut. Di kedalaman nyaris 7 ribu meter. Kameranya saat itu hanya menangkap gambar selama empat menit.

"Dan benda ini [gurita] keluar dari kegelapan, merangkak ke kamera. Yakni dumbo octopus yang lainnya," imbuh Alan.

Alan mengatakan penampakan gurita Dumbo ini merupakan yang terdalam dalam catatan para ilmuwan dunia. Para peneliti memperkirakan gurita Dumbo memiliki panjang 14 sampai 17 inci dan dapat hidup di kedalaman 5,760 meter dan 6.957 meter.

Alan berharap penemuan timnya ini mampu mengubah persepsi masyarakat tentang mahkluk yang hidup di laut dalam yang kerap dianggap sebagai monster yang seram dan menakutkan.

"Ini hanyalah gurita kecil yang lucu, dan dia melakukan apa yang biasa gurita lakukan. Tidak ada yang aneh tentang itu," pungkas Alan.

guritamakhluk-laut-dalamlaut-dalampalung-jawasamudera-hindiaekspedisi

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

10 Negara yang Masyarakatnya Paling Dermawan, Termasuk Indonesia

Mungkin traveler penasaran, negara mana saja yang disebut cukup dermawan. Dari 10 negara paling dermawan, terselip nama Indonesia.

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Baru Mau Mencoba Solo Travel? Ingat dan Terapkan 8 Tips Penting Ini

Solo travel bukanlah hal yang baru, termasuk di kalangan traveler Muslim. Sebelum mencoba, ingat dan terapkan 8 tips penting ini ya!

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

Paspor Baru Taiwan, Tulisan Besar 'Republic of China' Dihilangkan

Taiwan baru saja meluncurkan desain paspor baru. Perubahan dapat terlihat dari tulisan 'Republik of China' yang bercetak besar dihapus.

Pak Jokowi, Sandiaga Minta Pekerja Wisata Dapat Prioritas Vaksin

Proses vaksinasi COVID-19 sudah bergulir hari ini, dimulai dari Presiden Joko Widodo. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pemerintah juga memprioritaskan pekerja wisata.

Trending