Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Melihat Sunrise di Jogja, Ini 7 Spot Terbaiknya

Melihat Sunrise di Jogja, Ini 7 Spot Terbaiknya
Spot sunrise di Jogja. Foto: Fitraya Ramadhanny

Jakarta - Panorama sunrise di Jogja atau Yogyakarta tak kalah indah dari yang ada di Bali dan Lombok. Kota Gudeg memiliki banyak lokasi pas untuk menikmati matahari terbit.

Keindahan alam Yogyakarta kian komplet dengan sunrise di sejumlah area. Tak ada ruginya traveler bangun pagi dan menuju titik-titik yang paling pas untuk menanti munculnya sinar matahari.

Selain bangun pagi, traveler juga harus berjudi dengan cuaca untuk mendapatkan sunrise di Yogyakarta. Maka, rajin-rajin mengecek prakiraan cuaca. Jangan sampai sudah tiba di lokasi tapi malah langit mendung atau turun hujan.

Selain itu traveler jangan kalah dengan hawa dingin dengan tempat-tempat tinggi yang biasanya menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise.

Di mana saja sih rekomendasi tempat untuk menikmati sunrise di Yogyakarta?

Berikut 7 sunrise terbaik di Jogja yang wajib kamu kunjungi:

1. Jurang Tembelan Kanigoro

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: (Erwin Sudrajat/d'Traveler)

Tempat wisata Jurang Tembelan Kanigoro berada di kawasan Mangunan. Tepatnya, berada di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Berkunjung ke Jurang Tembelan Kanigoro, kamu bisa berfoto sambil melihat keindahan Pegunungan Sewu yang hijau serta aliran Sungai Oyo yang membelah daratan di bawahnya.

Jurang Tembelan Kanigoro juga memiliki ikon unik yang berbentuk perahu bambu ala kapal Titanic. Udaranya yang sejuk dengan selimut kebut tipis menjadi tempat yang cocok untuk menikmati sunrise bersama orang tersayang.

2. Bukit Panguk Kediwung

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: (Brigida Emi Lilia/d'traveler)

Bukit Panguk Kediwung menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki spot sunrise terbaik. Lokasinya berada di Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Pemandangan pagi di tempat ini akan memperlihatkan awan putih yang terhampar luas. Saat matahari mulai terbit perlahan-lahan, awan putih pun akan menghilang. Pemandangan yang bisa kita saksikan adalah pegunungan-pegunungan hijau yang membelai mata.

Untuk menikmati sunrise di sini, sebaiknya pengunjung harus tiba di lokasi pukul 05.00 WIB. Bagi kamu yang suka selfie, bisa membayar sekitar Rp 3.000 untuk berfoto di spot selfie yang sudah disediakan penjaga di sana.

3. Puncak Suroloyo

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: Satria Gilang Prdana/d'Traveler

Puncak Suroloyo adalah salah satu tempat menikmati sunrise di Jogja yang terkenal. Lokasinya adalah di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Jaraknya sekitar 45 KM dari Yogyakarta.

Sebelum menikmati sunrise di atas puncak gunung, tentu kamu perlu menaiki 286 anak tangga untuk sampai di sana. Saat sunrise mulai muncul, pemandangan yang menakjubkan akan terlihat, kala cuaca tidak hujan.

Cahaya yang dipancarkan oleh matahari akan menampakkan sedikit demi sedikit panorama indah perbukitan hingga Candi Borobudur. Tertarik mencoba?

4. Candi Borobudur

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: (Getty Images)

Candi Borobudur menjadi salah satu tempat wisata peninggalan sejarah yang sangat populer. Meski dikenal akan keindahan sunset-nya, namun terjadinya sunrise di Candi Borobudur juga tak kalah menarik.

Candi Buddha terbesar di Indonesia ini memang sangat mempesona, apalagi ketika melihat sunrise yang indah dari Borobudur. Kendati jadwal buka untuk wisatawan mulai pukul 09.00 WIB, pengelola menyediakan paket khusus untuk menyaksikan sunrise atau sunset dari Candi ini.

Bagaimana caranya? Kamu bisa langsung menghubungi pihak Hotel Manohara atau bertanya kepada resepsionis yang ada di tempat informasi Candi Borobudur.

5. Pantai Kesirat

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: Yunita Sari Abrahamsz/dTraveler

Pantai Kesirat disebut-sebut sebagai 'Hidden Gem' di Yogyakarta. Di pantai tersembunyi ini, kamu bisa melihat sunrise terbaik. Pantai Kesirat berada di daerah Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai dengan tebing-tebing curam yang berbatasan langsung dengan laut dalam ini punya sunrise yang indah. Di pantai ini, para pengunjung juga banyak yang bermalam dengan tenda untuk menunggu sunrise datang.

Hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5.000 per orang untuk menikmati keindahan alam dari Pantai Kesirat ini.

6. Istana Ratu Boko

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: Shinta/detikTravel

Tempat wisata sunrise di Jogja yang bisa kamu kunjungi adalah Istana Ratu Booko. Tak hanya sunrise, sunset di sini juga tak kalah menarik. Pemandangan menjelang matahari terbit ialah langit yang kemerahan dengan pemandangan hijau yang indah.

Istana Ratu Boko berada di dekat komplek Candi Prambanan. Tiket masuk ke kompleks Istana Ratu Boko adalah Rp 25.000 per orang.

7. Kebun Buah Mangunan

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: Basri Bachtiar/d'traveler

Kebun Buah Mangunan jadi tempat yang tak boleh terlewatkan untuk menikmati sunrise di Jogja. Waktu yang paling pas untuk menikmati matahari terbit adalah sekitar pukul 04.00.

Setelah puas melihat awan putih dengan pancaran sinar matahari pagi berwarna jingga, kamu juga dapat berfoto di beberapa spot menarik seperti hutan pinus hingga watu tumpang.

Lokasi Kebun Buah Mangunan ini ada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Tiket masuk ke sini sebesar Rp 5.000 saja per orang.

sunrisejogjakebun-buah-mangunanyogyakartacandi-borobudurborobudurpantai-kesiratgunung-kidulpuncak-suroloyobukit-panguk-kediwungmangunanjurang-tembelan-kanigorobantuldlingo

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Es di Antarktika Mencair, Muncul Mumi Penguin

Penemuan mengejutkan di Antarktika. Mumi penguin berusia 800 tahun ditemukan setelah es mencair!

Sedih, Orang Utan Tertua di Dunia Mati

Kabar duka dalam dunia satwa datang dari Oregon Zoo. Orang utan mereka yang tercatat sebagai tertua di dunia akhirnya mati karena usia.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Kisah Sedih 2 Penguin yang Kehilangan Pasangan dan Saling Menguatkan

Inilah pemenang lomba Ocean Photography Awards 2020. Foto ini begitu mengharukan, karena berkisah tentang dua penguin yang sama-sama kehilangan pasangan.

Jadi Destinasi Super Prioritas, Ini 5 Aktivitas Seru di Danau Toba

Wisata Danau Toba kini bersanding dengan empat destinasi lain di Nusantara sebagai proyek prioritas pariwisata tanah air. Meski namanya sudah termasyhur seantero negeri, ada begitu banyak aktivitas wisata di Danau Toba yang masih bisa dieksplorasi lebih jauh.

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Sedih, Kelinci Merana di Taman Kota Songdo yang Indah

Songdo terkenal sebagai New York-nya Korea Selatan. Di dalamnya, ada pula berbagai obyek wisata menggemaskan seperti Rabbit Island.

Miyabi Kagum pada Indonesia, Cicipi Kuliner sampai Bicara Bahasa

Maria Ozawa atau yang akrab disapa Miyabi baru-baru ini membuat vlog bertema Indonesia. Ia mengungkapkan pengalamannya mengunjungi Indonesia hingga mencoba berbicara dalam bahasa Indonesia.

Ini Spaceport City, Bandara Antariksa di Jepang

Mungkin tidak butuh lama lagi akan perjalanan ke luar angkasa secara mudah. Jepang telah memiliki konsep bandara antariksa.

Trending