Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Melihat Sunrise di Jogja, Ini 7 Spot Terbaiknya

Melihat Sunrise di Jogja, Ini 7 Spot Terbaiknya
Spot sunrise di Jogja. Foto: Fitraya Ramadhanny

Jakarta - Panorama sunrise di Jogja atau Yogyakarta tak kalah indah dari yang ada di Bali dan Lombok. Kota Gudeg memiliki banyak lokasi pas untuk menikmati matahari terbit.

Keindahan alam Yogyakarta kian komplet dengan sunrise di sejumlah area. Tak ada ruginya traveler bangun pagi dan menuju titik-titik yang paling pas untuk menanti munculnya sinar matahari.

Selain bangun pagi, traveler juga harus berjudi dengan cuaca untuk mendapatkan sunrise di Yogyakarta. Maka, rajin-rajin mengecek prakiraan cuaca. Jangan sampai sudah tiba di lokasi tapi malah langit mendung atau turun hujan.

Selain itu traveler jangan kalah dengan hawa dingin dengan tempat-tempat tinggi yang biasanya menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise.

Di mana saja sih rekomendasi tempat untuk menikmati sunrise di Yogyakarta?

Berikut 7 sunrise terbaik di Jogja yang wajib kamu kunjungi:

1. Jurang Tembelan Kanigoro

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: (Erwin Sudrajat/d'Traveler)

Tempat wisata Jurang Tembelan Kanigoro berada di kawasan Mangunan. Tepatnya, berada di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Berkunjung ke Jurang Tembelan Kanigoro, kamu bisa berfoto sambil melihat keindahan Pegunungan Sewu yang hijau serta aliran Sungai Oyo yang membelah daratan di bawahnya.

Jurang Tembelan Kanigoro juga memiliki ikon unik yang berbentuk perahu bambu ala kapal Titanic. Udaranya yang sejuk dengan selimut kebut tipis menjadi tempat yang cocok untuk menikmati sunrise bersama orang tersayang.

2. Bukit Panguk Kediwung

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: (Brigida Emi Lilia/d'traveler)

Bukit Panguk Kediwung menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki spot sunrise terbaik. Lokasinya berada di Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Pemandangan pagi di tempat ini akan memperlihatkan awan putih yang terhampar luas. Saat matahari mulai terbit perlahan-lahan, awan putih pun akan menghilang. Pemandangan yang bisa kita saksikan adalah pegunungan-pegunungan hijau yang membelai mata.

Untuk menikmati sunrise di sini, sebaiknya pengunjung harus tiba di lokasi pukul 05.00 WIB. Bagi kamu yang suka selfie, bisa membayar sekitar Rp 3.000 untuk berfoto di spot selfie yang sudah disediakan penjaga di sana.

3. Puncak Suroloyo

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: Satria Gilang Prdana/d'Traveler

Puncak Suroloyo adalah salah satu tempat menikmati sunrise di Jogja yang terkenal. Lokasinya adalah di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Jaraknya sekitar 45 KM dari Yogyakarta.

Sebelum menikmati sunrise di atas puncak gunung, tentu kamu perlu menaiki 286 anak tangga untuk sampai di sana. Saat sunrise mulai muncul, pemandangan yang menakjubkan akan terlihat, kala cuaca tidak hujan.

Cahaya yang dipancarkan oleh matahari akan menampakkan sedikit demi sedikit panorama indah perbukitan hingga Candi Borobudur. Tertarik mencoba?

4. Candi Borobudur

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: (Getty Images)

Candi Borobudur menjadi salah satu tempat wisata peninggalan sejarah yang sangat populer. Meski dikenal akan keindahan sunset-nya, namun terjadinya sunrise di Candi Borobudur juga tak kalah menarik.

Candi Buddha terbesar di Indonesia ini memang sangat mempesona, apalagi ketika melihat sunrise yang indah dari Borobudur. Kendati jadwal buka untuk wisatawan mulai pukul 09.00 WIB, pengelola menyediakan paket khusus untuk menyaksikan sunrise atau sunset dari Candi ini.

Bagaimana caranya? Kamu bisa langsung menghubungi pihak Hotel Manohara atau bertanya kepada resepsionis yang ada di tempat informasi Candi Borobudur.

5. Pantai Kesirat

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: Yunita Sari Abrahamsz/dTraveler

Pantai Kesirat disebut-sebut sebagai 'Hidden Gem' di Yogyakarta. Di pantai tersembunyi ini, kamu bisa melihat sunrise terbaik. Pantai Kesirat berada di daerah Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai dengan tebing-tebing curam yang berbatasan langsung dengan laut dalam ini punya sunrise yang indah. Di pantai ini, para pengunjung juga banyak yang bermalam dengan tenda untuk menunggu sunrise datang.

Hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5.000 per orang untuk menikmati keindahan alam dari Pantai Kesirat ini.

6. Istana Ratu Boko

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: Shinta/detikTravel

Tempat wisata sunrise di Jogja yang bisa kamu kunjungi adalah Istana Ratu Booko. Tak hanya sunrise, sunset di sini juga tak kalah menarik. Pemandangan menjelang matahari terbit ialah langit yang kemerahan dengan pemandangan hijau yang indah.

Istana Ratu Boko berada di dekat komplek Candi Prambanan. Tiket masuk ke kompleks Istana Ratu Boko adalah Rp 25.000 per orang.

7. Kebun Buah Mangunan

Sunrise di Jogja.

Sunrise di Jogja. Foto: Basri Bachtiar/d'traveler

Kebun Buah Mangunan jadi tempat yang tak boleh terlewatkan untuk menikmati sunrise di Jogja. Waktu yang paling pas untuk menikmati matahari terbit adalah sekitar pukul 04.00.

Setelah puas melihat awan putih dengan pancaran sinar matahari pagi berwarna jingga, kamu juga dapat berfoto di beberapa spot menarik seperti hutan pinus hingga watu tumpang.

Lokasi Kebun Buah Mangunan ini ada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Tiket masuk ke sini sebesar Rp 5.000 saja per orang.

sunrisejogjakebun-buah-mangunanyogyakartacandi-borobudurborobudurpantai-kesiratgunung-kidulpuncak-suroloyobukit-panguk-kediwungmangunanjurang-tembelan-kanigorobantuldlingo

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending