Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Melongok Dapur Qatar Airways di Bandara Soekarno Hatta

Melongok Dapur Qatar Airways di Bandara Soekarno Hatta
Purantara, perusahaan penyedia catering untuk sejumlah maskapai, termasuk Qatar Airways. (Masaul/detikTravel)

Jakarta - Qatar Airways tak memasak sendiri makanan di kabin untuk dihidangkan kepada penumpang. Maskapai ini mempercayakan makanan itu kepada Purantara.

dettikcom bersama rombongan media diajak melihat-lihat dapur milik Purantara yang melayani makanan Qatar Airways, Rabu (26/2/2020) lalu. Ini hanya penggambaran karena kami dilarang memotret segala aktivitas di dalam dapurnya.

Purantara tak hanya melayani Qatar Airways, namun ada beberapa maskapai yang juga mempercayakan makanannya di sini. Maskapai itu yakni, AirAsia, Etihad, Turkish Airlines dan beberapa maskapai lainnya.

Melongok Dapur Qatar Airways di Bandara Soekarno Hatta

Foto: Masaul/detikTravel

Sebagai perbandingan, penulis pernah ke SATS Food, Gedung Inflight Catering Centre milik Singapore Airlines. Anda bisa membaca di artikel berikut.

Pertama-tama, kami harus memakai baju khusus berwarna putih, penutup kepala, dan pembungkus alas kaki. Pakaian itu untuk melindungi makanan agar tak terkena kotoran dari kita.

Sebelum itu, saat masuk di pintu masuk gedung Purantara, kita harus mengisi sejumlah kuesioner. Isinya tentang penyakit yang pernah kita idap dalam jangka beberapa waktu sebelum kunjungan dan jika mencentang salah satunya maka Anda tidak diperkenankan masuk.

Mari lanjut ke tahap. Kami wajib membersihkan badan dengan alat penghilang kotoran dan mencuci tangan.

Lalu, kita akan masuk ke kotak penyemprot udara bertekanan cukup tinggi, tujuannya memastikan tak ada yang menempel di tubuh kita dan diakhiri dengan memakai pembersih tangan.

Selanjutnya, kami diajak ke ruangan sortir barang bahan makanan. Bahan yang tak memenuhi kualifikasi akan disingkirkan di sini.

Lalu, kami akan masuk ke ruang penyimpanan bahan kering. Semua bahan itu ada yang impor dan ada yang dari dalam negeri.

Bahan-bahan makanan ini sudah disesuaikan agar dapat digunakan beberapa maskapai secara bersamaan. Tiap ruangan disekat pintu karet dan terdapat pembersih tangan instan.

Lalu, kita diajak ke ruangan membuat kue dan roti, lalu ke dapur utama yang memasak makanan berat hingga ke penyimpanan barang alat makan yang sudah dicuci. Semua ruangan sangat bersih dan sedikit bau di ruangan untuk mencuci alat makan.

Tak ada robot di sini. Semua masih dikerjakan oleh manusia.

qatar-airwayskuliner-pesawatwisata-indonesiapurantara

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending