Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Mengenal Pulau Galang yang Disebut Jokowi Bakal Jadi RS Corona

Mengenal Pulau Galang yang Disebut Jokowi Bakal Jadi RS Corona
Pulau Galang (Robert Adolf Izak/d'Traveler)

Batam - Presiden Joko Widodo menyebut nama Pulau Galang di Kepulauan Riau terkait rumah sakit khusus virus Corona. Ayo, kita kenal pulau yang bersejarah ini.Jokowi menerangkan, RS khusus virus Corona itu hanya merenovasi fasilitas kesehatan yang sudah ada. Renovasinya akan dikhususkan untuk penanganan virus Corona.

"Bukan bangun, karena fasilitas ada tapi lama tidak digunakan. Akan direnovasi dalam waktu yang cepat," ujarnya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3/2020).Dengan adanya RS khusus virus Corona di Pulau Galang diharapkan menjadi alternatif untuk penanganan pasien. Terlepas dari rencana tersebut, Pulau Galang di Kepri juga punya sejarah panjang.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (4/3/2020), dahulu pulau itu pernah jadi saksi bisu para manusia perahu Vietnam yang lari dari negaranya di tahun 1979 sampai 1996 silam.

Ketika itu, Indonesia masih dipimpin oleh Presiden Soeharto. Atas dasar yuridis nasional pelaksanaan bantuan bukan hanya pada Keputusan Presiden semata, namun tetap merujuk pada ketentuan internasiona.Dalam buku Troubled Transit: Politik Indonesia Bagi Para Pencari Suaka karya Antje Missbach, dijelaskan bahwa manusia perahu Vietnam datang ke Indonesia akibat situasi politik di Vietnam kala itu.Usai kemenangan Komunis dan kejatuhan Saigon April 1975, puluhan ribu orang Vietnam keluar dari negaranya untuk mencari suaka. Soalnya, mereka takut jika diperlakukan buruk oleh kepemimpinan yang baru. Mereka kabur dengan menggunakan perahu untuk pergi ke berbagai negara. Oleh karena itu, mereka kerap dijuluki manusia perahu.Berdasarkan laporan pertama, 19 Mei 1975, sekitar 97 orang manusia perahu Vietnam tiba di Indonesia. Sedangkan menurut laporan PBB tahun 1979, ada 43.000 manusia perahu sudah masuk Indonesia.

Dihubungi terpisah oleh detikcom, Selasa (3/3), Kadispar Kepulauan Riau, Bursalimar, menegaskan perihal sejarah manusia perahu di Pulau Galang yang dahulu jadi lokasi pengungsian. "Ya ada, camp pengungsian Vietnam. Pernah 17 tahun di sana," ujar Bursalimar.Kini, manusia perahu sudah tidak ada di Pulau Galang. Namun, keberadaan mereka di masa lalu menyisakan kisah akan harta karun emas yang mereka tinggalkan. Sejumlah bangunan peninggalan mereka pun masih dapat ditemui di sana.Selain bekas camp pengungsian Vietnam, Pulau Galang juga memiliki sejumlah pantai cantik. Hal itu pun diungkapkan oleh Buralimar."Pantai banyak di Pulau Galang," ujar Buralimar.

Salah satu pantai yang cukup populer di sana adalah Pantai Melur. Berlokasi tak jauh dari camp Vietnam, pantai yang satu ini menawarkan pantai pasir putih dan panorama indah.Yang lebih membuat pantai ini menarik minat pengunjung selain pasir pantainya yang putih dan halus adalah permainan air. Walau bukan pantai-pantai kelas resort, Pantai Melur mempunyai wahana permainan air berupa Banana Boat.

Mengenal Pulau Galang yang Disebut Jokowi Bakal Jadi RS Corona

Jembatan Barelang Foto: Wahyu Setyo/detikcom

Jembatan Barelang

Bicara soal Pulau Galang, tentu tak lepas dari Jembatan Barelang warisan almarhum Presiden BJ Habibie yang menghubungkan Pulau Galang dan enam pulau lainnya.Ya, nama BJ Habibie memang sangat erat kaitannya dengan jembatan yang dibangun pada tahun 1992-98 itu. Jembatan Barelang sendiri membentang sejauh 54 kilometer hingga ke Pulau Galang Baru yang paling ujung.Itulah sekilas cerita tentang Pulau Galang yang ada di Batam, Kepulauan Riau. Jadi, Pulau Galang bukanlah pulau kosong. Namun, kaya akan sejarah hingga potensi pariwisata.

virus-coronapresiden-jokowipulau-galangcoronacoronavirusbatamrs-coronakepulauan-riau

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Ada Hotel di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Boleh Dicoba Nih

Anara Airport Hotel menjadi hotel pertama yang dibuka di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten. Hotel ini siap melayani traveler dengan protokol kesehatan.

Melanie Subono Sentil Video Pilot Vincent di Lokasi Tragedi

Nama pilot Vincent Raditya yang juga merupakan seorang Youtuber dunia penerbangan disentil oleh Melanie Subono. Terkait videonya di lokasi tragedi.

Jurnalis Asing Ungkap Pengalaman Terbang Menegangkannya Naik Sriwijaya Air

Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 menjadi sorotan baik media dalam hingga luar negeri. Jurnalis asing pun berbagi kisahnya menaiki Sriwijaya Air.

Keterlaluan! Ada Hewan Laut dengan Tubuh Penuh Coretan Bertuliskan Trump

Hewan manatee atau yang dikenal sebagai lembut laut dikenal begitu ramah. Namun, ada orang yang tega mengukir nama Presiden AS Donald Trump di punggungnya. Terlalu.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Wisatawan Asing Mungkin Takkan Bebas Lagi Nikmati Ganja di Amstedam

Kota terbesar di Belanda ini telah lama jadi surga bagi pengguna ganja di dunia. Akan tetapi, walikota setempat ingin Amsterdam juga dikenal sebagai keindahan kotanya.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Naik Pesawat Gratis Pakai Identitas Palsu, Pria Ini Dipenjara 30 Bulan

Ternyata identitas palsu bisa digunakan buat naik pesawat. Seorang pria di AS dihukum penjara 30 bulan karena memakai identitas palsu buat naik pesawat gratis.

Es di Antarktika Mencair, Muncul Mumi Penguin

Penemuan mengejutkan di Antarktika. Mumi penguin berusia 800 tahun ditemukan setelah es mencair!

Trending