Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Mengenali Umbul Ponggok yang Dipuji Media Internasional

Mengenali Umbul Ponggok yang Dipuji Media Internasional
(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Klaten - Inilah Umbul Ponggok, destinasi wisata dari Klaten yang dipuji media internasional. Seperti apa sih tempatnya?

Media asal Inggris, Daily Mail dan media asal Hong Kong, South China Morning Post memuji Umbul Ponggok sebagai destinasi wisata yang menawan. Tak hanya keindahannya saja, tapi kesadaran masyarakatnya dan bagaimana perekonomian setempat menjadi bergeliat.

Mari kita mengenali Umbul Ponggok lebih dekat. Lokasinya di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Terletak di sisi utara Kabupaten Klaten berjarak 40 kilometer dari kota Yogya maupun Solo.

Dari Yogya wisatawan akan melintasi sisa kemegahan kerajaan Mataram Hindu di Prambanan. Dari Kota Solo, menuju ke Ponggok akan disuguhi landscape dataran rendah dengan sawah terhampar.

Selamat datang di Umbul PonggokSelamat datang di Umbul Ponggok (Achmad Syauqi/detikcom)

Umbul Ponggok merupakan kolam dengan ukuran 100x50 meter, airnya yang berasal dari mata air. Kealamian airnya sangat terjaga.

Di kolam berair jernih itu, pengunjung tidak perlu takut gelombang atau terseret arus. Kolam mata air yang konon sudah dimanfaatkan di masa kerajaan Hindu sampai masa kolonial itu terletak di dataran rendah lereng Gunung Merapi dan Merbabu.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir terpeleset sebab umbul itu bukan kolam renang di hotel berbintang yang di keramik di lantainya. Umbul Ponggok memiliki dasar kolam yang sangat alami, berupa hamparan pasir hitam dan bebatuan andesit.

Ikan-ikan terlihat di dalam kolamnya yang jernih

Ikan-ikan terlihat di dalam kolamnya yang jernih (Achmad Syauqi/detikcom)

Dengan air yang mengalir tanpa henti sepanjang waktu dari puluhan mata airnya, umbul itu menyajikan pemandangan aduhai saat gerombolan ikan air tawar berbagai jenis dan ukuran melintas. Tidak ada bau amis meskipun berendam berjam-jam sebab air dari mata air bawa tanah alami mengalir dengan debit sekitar 800 liter/ detik.

Silakan bermain air, berenang, snorkeling, hingga berfoto-foto di dalam airnya. Kamu bisa pose naik motor sampai kemping di dalam airnya lho!

Pengelola siap melayani penyewaan jaket pelampung, kaki katak, peralatan snorkelling, diving, berjalan di bawah air sampai berselfi di bawah air dengan berbagai gaya. Peralatan sewanya tidak mahal. Misalnya untuk snorkel mask hanya Rp 13.000, kaki katak Rp 7.000, pelampung Rp 7.000.

Jika ingin berselfi di bawah air, tidak perlu membawa kamera anti air sebab juga tersedia sekaligus paketnya. Pengelola menyediakan photografer bawah air profesional sehingga wisatawan cukup modal uang dan gaya akan menerima hasilnya.

Mengenali Umbul Ponggok yang Dipuji Media Internasional

(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Paket foto sendiri tanpa alat hanya membayar Rp 60.000/ orang. Jika ingin bergaya dengan laptop di bawah air ditambah Rp 20.000, berfoto di ayunan ditambah Rp 50.000. Bahkan bisa juga berfoto dengan sepeda motor dengan tambahan tarif maksmial hanya Rp 100.000, tergantung jenis sepeda motornya.

Mengenali Umbul Ponggok yang Dipuji Media Internasional

(umbul_ponggok/Instagram)

Bagi pasangan yang ingin mengabadikan pernikahan, pengelola juga melayani pemotretan pre wedding bawah air dengan paket full Rp 3 juta dan standar hanya Rp 2 juta sudah bisa membawa pulang hasilnya. Ponggok warrior hanya dibanderol Rp 15.000-20.000/ orang didampingi life guard.

Jangan-jangan tiket masuknya mahal? jangan takut sebab pengelola hanya mematok tiket masuk kolam Rp 15.000/ orang. Untuk wisatawan yang penasaran dengan under water walker tidak perlu khawatir sebab dengan merogoh kocek beberapa lembar uang seratus ribu sudah bisa menikmati bawah air sambil berjalan dan bercanda selama 20 menit. Operator akan mendampingi dengan peralatan memadai.

Kapan kamu ke sini?

umbul-ponggokklatenjawa-tengahbirojatengdiy

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Jurnalis Asing Ungkap Pengalaman Terbang Menegangkannya Naik Sriwijaya Air

Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 menjadi sorotan baik media dalam hingga luar negeri. Jurnalis asing pun berbagi kisahnya menaiki Sriwijaya Air.

Pak Jokowi, Sandiaga Minta Pekerja Wisata Dapat Prioritas Vaksin

Proses vaksinasi COVID-19 sudah bergulir hari ini, dimulai dari Presiden Joko Widodo. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pemerintah juga memprioritaskan pekerja wisata.

Penyuntikan Vaksin Sinovac Dimulai, Kemenparekraf Harap Wisata Bisa Pulih

Tepat hari Rabu pagi (13/1), pemberian vaksin Corona Indonesia resmi dimulai. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga ikut mendukung.

Melanie Subono Sentil Video Pilot Vincent di Lokasi Tragedi

Nama pilot Vincent Raditya yang juga merupakan seorang Youtuber dunia penerbangan disentil oleh Melanie Subono. Terkait videonya di lokasi tragedi.

10 Negara yang Masyarakatnya Paling Dermawan, Termasuk Indonesia

Mungkin traveler penasaran, negara mana saja yang disebut cukup dermawan. Dari 10 negara paling dermawan, terselip nama Indonesia.

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Trending