Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Nyeleneh! Respons RI Hadapi Virus Corona Dibanding Negara Lain

Nyeleneh! Respons RI Hadapi Virus Corona Dibanding Negara Lain
Pemerintah Indonesia menyiapkan anggaran besar untuk insentif berbagai macam kebijakan di tengah wabah Corona. (Kemenpar)

Jakarta - Pemerintah Indonesia menunjukkan respons berbeda menghadapi wabah virus Corona dibandingkan negara-negara lain. Selain meminta menjaga kebersihan dan berdoa, pemerintah menggenjot kedatangan turis asing.

Wabah coronavirus COVID 19 yang bermula dari Wuhan, China telah menyebar ke seantero dunia. tak mengenal ampun, virus yang disebut-sebut imbas dari kebiasaan menyantap hewan liar itu menerobos batas laut menuju Timur Tengah dan Eropa.

Arab Saudi menutup pintu untuk umroh dari sejumlah negara lain, termasuk Indonesia setelah negara tetangga mereka, virus Corona mewah di Iran. Kebijakan itu berlaku hingga waktu yang belum ditentukan meskipun dispekulasikan berakhir pada 14 Maret.

Italia juga mengisolasi dua kota, Milan dan Venesia, setelah muncul 650 kasus virus Corona Sekitar 50 ribu orang tak bisa keluar masuk sejumlah kota di Veneto dan Lombardy hingga dua pekan ke depan tanpa izin.

Italia juga menutup sekolah dan area bisnis. Mereka juga menyetop pertandingan-pertandingan sepakbola di liga Italia, termasuk liga sepakbola kasta tertinggi Serie A.

Jepang yang sudah lebih dulu terkena wabah virus Corona dengan 210 kasus yang muncul juga menutup tempat wisata, termasuk Disneyland, dan sekolah.

Singapura juga memutuskan untuk menutup sementara sejumlah penerbangan dari negara lain, termasuk Indonesia. Berdasarkan laman Facebook Singapore Airlines, pembatalan jadwal penerbangan itu meliputi kota-kota tujuan, yakni Jakarta, Bali, Bandung, Balikpapan, Makassar, Surabaya, dan Yogyakarta, serta Medan.

Sementara itu, Indonesia, yang sedang didesak oleh negara lain agar memeriksa lebih banyak penduduknya, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, memang telah menutup penerbangan ke China dan sebaliknya.

Selain itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut telah mengamankan 132 pintu masuk darat, laut, udara untuk mencegah virus Corona memasuki Indonesia. Dia juga mengimbau masyarakat hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuhnya, cuci tangan, olahraga, makanan dan istirahat yang cukup. Sejumlah pihak juga meminta masyarakat rajin berdoa.

Menteri BUMN Erick Thohir sempat mewacanakan agar Indonesia berfokus mempercepat infrastruktur dalam periode ini. Tapi, kemudian justru muncul kebijakan lain dari Kementerian Keuangan.

Kemenkeu menggelontorkan dana tambahan untuk mendatangkan wisatawan asing. Termasuk menggaet influencer asing khususnya di bidang wisata dengan anggaran mencapai Rp 72 miliar.

Ya, pemerintah menyediakan dana Rp 10,3 triliun untuk insentif di tengah merebaknya virus Corona. Khusus di sektor pariwisata, pemerintah menganggarkan Rp 298,5 miliar.

Rincian di bidang wisata itu, insentif untuk maskapai dan travel agent sebesar Rp 98,5 miliar, anggaran promosi wisata Rp 103 miliar, kegiatan pariwisata Rp 25 miliar, dan influencer Rp 72 miliar.

wisata-indonesiavirus-coronamenparekrafmenkes-terawanumroh-disetop

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending