Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Panas Virus Corona, Presiden Jokowi Masih Cari Wisman?

Panas Virus Corona, Presiden Jokowi Masih Cari Wisman?
Foto: Andhika/detikcom

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan terbaru terkait permasalahan virus Corona. Salah satunya adalah meningkatkan jumlah wisman MICE atau Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition. Lho, kok?

Segenap langkah dilakukan guna mencegah penyebaran virus Corona. Indonesia sendiri menyetop sementara penerbangan dari dan ke China. Langkah seperti ini sebelumnya juga dilakukan oleh negara-negara lain.

Di tengah polemik ini, wajar jika angka kunjungan pariwisata menurun tajam. Tak ada turis China, padahal mereka menjadi pemasok devisa kedua untuk pariwisata mancanegara.

Kemenparekraf bekerja sama dengan Kemenhub untuk memberikan diskon pada tiket penerbangan domestik. Harapannya penurunan turis China bisa ditutup dengan wisatawan domestik.

Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo pun melakukan Rapat Terbatas mengenai Lanjutan Pembahasan Dampak Virus Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Diintip detikcom dari akun resmi Sekretariat Kabinet, ada 4 hal yang jadi hasil rapat.

Di antara 4 poin, salah satunya adalah tentang pariwisata.

"Memaksimalkan kegiatan konferensi dalam negeri, MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition), serta tingkatkan promosi untuk menyasar ceruk pasar wisman yang mencari alternatif destinasi wisata karena batal mengunjungi RRT, Korea, dan Jepang," tulis Sekretariat Kabinet.

Jika dilihat lebih seksama, bagian meningkatkan promosi wisman dirasa kurang pas oleh banyak netizen di kolom komentar. Mengapa?

Arab Saudi yang menggantungkan diri dari pariwisata umroh dan haji pun mengambil langkah pahit untuk menyetop sementara kunjungan ziarah. Padahal kerugiannya akan sangat terasa.

Negara Seperti Singapura juga menyetop beberapa penerbangan agar penyebaran virus bisa ditekan dan tidak menular ke negara tetangga.

Namun Indonesia justru mengambil kesempatan untuk memasukkan wisman yang batal ke RRT, Korsel dan Jepang. Tutupnya sejumlah bisa menjadi solusi bagi yang ingin tetap liburan.

Langkah ini menuai banyak komentar.

"Mohon maaf, Bapak. Di saat negara lain mengurangi jumlah wisatawan, kita malah mempromosikannya, gitu? Bukannya malah berbahaya buat negara kita, ya? Pencegahannya dgn periksa suhu wisatawan? Sudah terbukti kan kalo penderita awalnya tanpa gejala dan bisa nyebarin virus?" cuit @ferdiriva.

"Negara2 lain mengorbankan sektor ekonomi & pariwisatanya demi kesehatan warga negaranya. Tapi sebaliknya negara ini mengorbankan kesehatan warganya demi ekonomi & pariwisata. Saya sadar Indonesia adalah salah satu negara dgn populasi terbanyak, tapi semurah itukah nyawa kami?" cuit @shandya.

"Arab berani menghentikan umroh yg notabene membuat pemasukan mereka menurun secara drastis, lah kita malah mempersilahkan?" cuit @gunturPangestu_

"Pak, wisman juga pinter kali, mending stay di negaranya ngapain ambil resiko keluar negeri," sindir @Tebe131.

Unggahan ini telah dikomentari oleh 130 ribu akun dan di retweet hingga 548 kali sampai berita ini terbit.

virus-coronawismanrapat-terbatas

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending