Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Pantai Sipakario Penajam favorit wisatawan lokal

Pantai Sipakario Penajam favorit wisatawan lokal
Salah satu sudut di Pantai Sipakario Kabupaten Penajam Paser Utara (Antaranews Kaltim/ M Ghofar)

Penajam (ANTARA) - Pantai Sipakario di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), masih menjadi favorit wisatawan lokal maupun dari daerah lain karena keindahan pantai dan penataan yang cantik oleh pengelolanya.

"Jika ada waktu luang, bukan hanya pagi atau sore saya ke sini, kadang malam jika bulan purnama, saya bersama istri pun kerap ke sini menikmati keindahan malam," ujar Ramang, warga Nipah-Nipah yang rumahnya hanya sekitar 2 km dari pantai itu, Sabtu.

Jika purnama, lanjut dia, suasana tampak lebih romantis karena pantainya terang akibat terpaan pendar rembulan, sehingga hati pun terasa teduh.

Bahkan masalah pun terkadang bisa terpecahkan saat adanya suasana romantis karena pikiran yang tenang yang memunculkan gagasan cemerlang.

Selain itu, lanjut Ramang yang kesehariannya sebagai Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), keindahan di seberang teluk pun tampak indah akibat pantulan cahaya lampu gedung menjulang di Kota Balikpapan yang jelas terlihat dari pantai.

Pantai Sipakario, lanjutnya, setiap hari terutama sore hingga senja selalu ada pengunjung yang datang. Mereka bukan hanya dari warga PPU, tetapi juga dari daerah lain seperti Kabupaten Paser, Kota Balikpapan, dan Samarinda karena pantai itu memiliki keunikan tersendiri yang mampu memikat pengunjung.

"Apalagi jika Kabupaten PPU menjadi tuan rumah dalam kegiatan tertentu baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, lembaga, maupun swasta, pantai ini pasti memiliki dampak karena mereka yang menjadi peserta acara selalu mencari waktu untuk bisa berwisata ke pantai ini," ucap Ramang.

Fasilitas yang tersedia di pantai antara lain perahu untuk melayani pengunjung yang ingin berdayung melawan ombak, kemudian ada puluhan titik untuk swafoto baik yang bertemakan keluarga, asmara, maupun bertema pelestarian lingkungan.

Lokasi swafoto inilah yang digandrungi bukan hanya oleh remaja, bahkan pemuda dan orang tua pun masih melakukannya karena selain untuk kenang-kenangan juga akan dipamerkan dalam akun media sosial masing-masing.

Untuk masuk ke lokasi ini pun terbilang sangat murah karena hanya Rp2 ribu per orang.

Sifatnya pun wisata kejujuran karena penjaganya tidak selalu ada di pintu masuk, namun di pintu masuk pantai terdapat kotak dengan ukuran sekitar 40 cm x 5 cm x 20 cm.

Bagian depan kotak ini bertuliskan "Masuk Rp2 ribu per orang". Sementara bagian atas terdapat lubang untuk memasukkan uang. Bagi pengunjung yang jujur, tentu akan memasukkan uang ke kotak itu.

Mungkin karena murahnya harga masuk ke pantai sehingga pengelola tidak menyiapkan tenaga kerja untuk membersihkan pantai, akibatnya sampah banyak menumpuk di lokasi ini, terutama di pinggir turap beton yang sering dijadikan tongkrongan pengunjung.

pantai-sipakariopenajampenajam-paser-utarakalimantan-timur

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending