Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Pantai Sipakario Penajam favorit wisatawan lokal

Pantai Sipakario Penajam favorit wisatawan lokal
Salah satu sudut di Pantai Sipakario Kabupaten Penajam Paser Utara (Antaranews Kaltim/ M Ghofar)

Penajam (ANTARA) - Pantai Sipakario di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), masih menjadi favorit wisatawan lokal maupun dari daerah lain karena keindahan pantai dan penataan yang cantik oleh pengelolanya.

"Jika ada waktu luang, bukan hanya pagi atau sore saya ke sini, kadang malam jika bulan purnama, saya bersama istri pun kerap ke sini menikmati keindahan malam," ujar Ramang, warga Nipah-Nipah yang rumahnya hanya sekitar 2 km dari pantai itu, Sabtu.

Jika purnama, lanjut dia, suasana tampak lebih romantis karena pantainya terang akibat terpaan pendar rembulan, sehingga hati pun terasa teduh.

Bahkan masalah pun terkadang bisa terpecahkan saat adanya suasana romantis karena pikiran yang tenang yang memunculkan gagasan cemerlang.

Selain itu, lanjut Ramang yang kesehariannya sebagai Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), keindahan di seberang teluk pun tampak indah akibat pantulan cahaya lampu gedung menjulang di Kota Balikpapan yang jelas terlihat dari pantai.

Pantai Sipakario, lanjutnya, setiap hari terutama sore hingga senja selalu ada pengunjung yang datang. Mereka bukan hanya dari warga PPU, tetapi juga dari daerah lain seperti Kabupaten Paser, Kota Balikpapan, dan Samarinda karena pantai itu memiliki keunikan tersendiri yang mampu memikat pengunjung.

"Apalagi jika Kabupaten PPU menjadi tuan rumah dalam kegiatan tertentu baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, lembaga, maupun swasta, pantai ini pasti memiliki dampak karena mereka yang menjadi peserta acara selalu mencari waktu untuk bisa berwisata ke pantai ini," ucap Ramang.

Fasilitas yang tersedia di pantai antara lain perahu untuk melayani pengunjung yang ingin berdayung melawan ombak, kemudian ada puluhan titik untuk swafoto baik yang bertemakan keluarga, asmara, maupun bertema pelestarian lingkungan.

Lokasi swafoto inilah yang digandrungi bukan hanya oleh remaja, bahkan pemuda dan orang tua pun masih melakukannya karena selain untuk kenang-kenangan juga akan dipamerkan dalam akun media sosial masing-masing.

Untuk masuk ke lokasi ini pun terbilang sangat murah karena hanya Rp2 ribu per orang.

Sifatnya pun wisata kejujuran karena penjaganya tidak selalu ada di pintu masuk, namun di pintu masuk pantai terdapat kotak dengan ukuran sekitar 40 cm x 5 cm x 20 cm.

Bagian depan kotak ini bertuliskan "Masuk Rp2 ribu per orang". Sementara bagian atas terdapat lubang untuk memasukkan uang. Bagi pengunjung yang jujur, tentu akan memasukkan uang ke kotak itu.

Mungkin karena murahnya harga masuk ke pantai sehingga pengelola tidak menyiapkan tenaga kerja untuk membersihkan pantai, akibatnya sampah banyak menumpuk di lokasi ini, terutama di pinggir turap beton yang sering dijadikan tongkrongan pengunjung.

pantai-sipakariopenajampenajam-paser-utarakalimantan-timur

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Romantis Abis! Ketemu Jodoh, Dilamar, Sampai Nikah di Pesawat

Jodoh memang bisa bertemu di mana saja. Pasangan ini memiliki kisah serba di pesawat. Bahkan, pendetanya adalah teman sederet di bangku pesawat.

Sepi Job Selama Pandemi, Pasangan Desainer dan Pramugari Jualan Gorengan

Sebelum wabah virus Corona, desainer Amos Ananda Yeo dan istrinya yang seorang pramugari Laura Ooi amat berkecukupan. Kini, mereka mencari nafkah dengan berjualan gorengan.

Ganja Legal di Thailand, Jadi Menu di Restoran dan Rumah Sakit

Thailand telah melegalkan ganja untuk dikonsumsi masyarakat. Di negara itu, restoran hingga rumah sakit bahkan menjual berbagai menu olahan berbahan dasar ganja.

Ada Hotel di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Boleh Dicoba Nih

Anara Airport Hotel menjadi hotel pertama yang dibuka di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten. Hotel ini siap melayani traveler dengan protokol kesehatan.

Melanie Subono Sentil Video Pilot Vincent di Lokasi Tragedi

Nama pilot Vincent Raditya yang juga merupakan seorang Youtuber dunia penerbangan disentil oleh Melanie Subono. Terkait videonya di lokasi tragedi.

Jurnalis Asing Ungkap Pengalaman Terbang Menegangkannya Naik Sriwijaya Air

Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 menjadi sorotan baik media dalam hingga luar negeri. Jurnalis asing pun berbagi kisahnya menaiki Sriwijaya Air.

Keterlaluan! Ada Hewan Laut dengan Tubuh Penuh Coretan Bertuliskan Trump

Hewan manatee atau yang dikenal sebagai lembut laut dikenal begitu ramah. Namun, ada orang yang tega mengukir nama Presiden AS Donald Trump di punggungnya. Terlalu.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Wisatawan Asing Mungkin Takkan Bebas Lagi Nikmati Ganja di Amstedam

Kota terbesar di Belanda ini telah lama jadi surga bagi pengguna ganja di dunia. Akan tetapi, walikota setempat ingin Amsterdam juga dikenal sebagai keindahan kotanya.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Trending