Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Pariwisata Berkualitas Jadi Target Baru Pariwisata Indonesia

Pariwisata Berkualitas Jadi Target Baru Pariwisata Indonesia
Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom

Jakarta - Setelah berfokus mengejar target kuantitas wisatawan, Indonesia punya pekerjaan rumah untuk mengejar pariwisata berkualitas (quality tourism).

Hal ini disampaikan Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani dalam diskusi Quality Tourist, Super Priority Destinations, Wonderful Indonesia yang diadakan MarkPlus, Inc di Kasablanka, Jumat (28/2/2020).

"Kalau kita mendengar dari Menteri Pariwisata yang baru, Pak Wishnutama, ini dia berharap dari quality tourism," kata Hariyadi.

Lebih lanjut Hariyadi juga mendefinisikan quality tourism. "Quality tourism itu memang sangat spesifik, kalau boleh saya bilang termasuk yang untuk orang-orang yang interest pada sesuatu objek wisata," ujarnya.

Menurutnya, banyak wisatawan pergi ke suatu destinasi bukan sekadar menikmati objek wisata mainstream tetapi mereka tertarik pada hal tertentu, misalnya flora dan fauna endemik. Ia juga menjelaskan biasanya orang-orang itu tertarik untuk melakukan riset sehingga datang ke destinasi.

"Ada yang selalu mencari burung, melihat pergerakannya. Demikian juga dengan mamalia laut. Kalau terkait dengan flora, terkait dengan tanaman, ada bunga bangkai itu sampai dikejar-kejar, "ujarnya.

Bahkan, Hariyadi juga melihat bahwa fenomena alam pun berpotensi untuk menarik minat wisatawan.

"Fenomena alam seperti gerhana matahari, event-nya jarang tapi dicari, "katanya.

Terkait dengan potensi quality tourism di Indonesia, Hariyadi mengatakan perlunya eksplorasi dari kelompok tertentu yang memiliki ketertarikan pada flora, fauna, maupun fenomena alam, dan objek-objek wisata yang layak dijual.

Kunci lain dari quality tourism adalah spending (pengeluaran) besar yang dilakukan wisatawan meskipun jumlahnya sedikit. Hariyadi mengatakan saat ini Menpar Wishnutama berkaca dari Australia yang telah lebih dulu menerapkan quality tourism.

"Beliau mereferensikan Australia. Australia itu jumlah turisnya hanya 9 juta tapi spendingnya bisa diperoleh sampai USD 32 miliar. Tentu hal menarik, di Indonesia dengan 16,2 juta hanya bisa mendapat kurang lebih sekitar USD 22 miliar. Jadi ini memang terkait dengan quality tourism itu jumlah orangnya sedikit tapi spending-nya relatif besar, "tutupnya.

pariwisata-berkualitasquality-tourismpariwisata-indonesiawisatawan

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Jurnalis Asing Ungkap Pengalaman Terbang Menegangkannya Naik Sriwijaya Air

Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 menjadi sorotan baik media dalam hingga luar negeri. Jurnalis asing pun berbagi kisahnya menaiki Sriwijaya Air.

Pak Jokowi, Sandiaga Minta Pekerja Wisata Dapat Prioritas Vaksin

Proses vaksinasi COVID-19 sudah bergulir hari ini, dimulai dari Presiden Joko Widodo. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pemerintah juga memprioritaskan pekerja wisata.

Penyuntikan Vaksin Sinovac Dimulai, Kemenparekraf Harap Wisata Bisa Pulih

Tepat hari Rabu pagi (13/1), pemberian vaksin Corona Indonesia resmi dimulai. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga ikut mendukung.

Melanie Subono Sentil Video Pilot Vincent di Lokasi Tragedi

Nama pilot Vincent Raditya yang juga merupakan seorang Youtuber dunia penerbangan disentil oleh Melanie Subono. Terkait videonya di lokasi tragedi.

10 Negara yang Masyarakatnya Paling Dermawan, Termasuk Indonesia

Mungkin traveler penasaran, negara mana saja yang disebut cukup dermawan. Dari 10 negara paling dermawan, terselip nama Indonesia.

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Trending