Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Patung Jendral Soedirman 'Penjaga' Selatan Indonesia

Patung Jendral Soedirman 'Penjaga' Selatan Indonesia
Patung Jendral Soedirman di Pulau Ndana (Afif Farhan/detikcom)

Rote - Tiap wilayah di Indonesia punya patung Jendral Soedirman. Namun satu yang spesial, adalah patung Jendral Soedirman di pulau paling selatan Indonesia ini!

20-26 Agustus 2019, tim Tapal Batas detikcom bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjelajahi Kabupaten Rote Ndao di NTT. Kabupatennya berupa kepulauan dengan total 96 pulau. Namun, hanya 7 pulau yang berpenghuni dengan Pulau Rote sebagai yang paling besar.

Terdapat 10 kecamatan di Rote Ndao. Tiap kecamatan punya potensi dan tempat wisata yang beragam.

Namun tahukah kamu, pulau paling selatan Indonesia di Kabupaten Rote Ndao bernama Pulau Ndana. Pulau yang tak berpenghuni penduduk, hanya ditempati oleh sekitar 30-an personil Satgas (Satuan Tugas) Pengamanan Pulau Terluar dari kesatuan TNI.

Pulau Ndana sejatinya destinasi wisata yang indah. Pulau ini punya ombak yang menggoda untuk surfing, pesisir pantai putih nan halus, padang savana luas sampai danau berwarna merah.

Danau Merah di Pulau Ndana (Afif Farhan/detikcom)

Ada satu hal menarik lainnya di Pulau Ndana. Suatu patung Jendral Soedirman yang menghadap ke lautan lepas, Samudera Hindia!

"Ini namanya Monumen Panglima Besar Jendral Soedirman. Diresmikan tanggal 1 Agustus 2010 oleh Jendral TNI Djoko Santoso saat itu," ujar Kapten Marinir Komandan Satgas Pulau Terluar Pulau Ndana, Agus Dwi Wibowo yang menemani tim Tapal Batas detikcom di Pulau Ndana.

(Afif Farhan/detikcom)

Patungnya menjulang tinggi nan gagah. Menggambarkan sosok Jendral Soedirman, pahlawan pejuang yang begitu hebat kisah-kisah perjuangannya.

Patung Jendral Soedirman ini pun tak jauh dari markas Satgas (Satuan Tugas) Pengamanan Pulau Terluar. Posisinya di tengah padang savana, dekat pantai.


(Afif Farhan/detikcom)

"Coba baca itu mas ada tulisannya," kata Agus kepada saya.

Di bagian bawah patungnya, terdapat kutipan amanat Jendral Soedirman. Suatu amanat untuk mengikrarkan sumpah anggota pimpinan tentara pada tanggal 25 Mei 1946 di Yogyakarta.

'Sanggup mempertahankan kedaulatan dan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai titik darah yang penghabisan. Sanggup taat dan tunduk pada pemerintah negara republik, yang menjalankan kewajibannya, menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan mempertahankan kemerdekaannya sebulat-bulatnya,' begitu tulisannya.

Lanjutan tulisan kutipannya pun membuat jiwa patriot saya terpanggil...

'Sejengkal tanahpun tidak akan kita serahkan kepada lawan, tapi akan kita pertahankan habis-habisan,'.

"Patung Jendral Soedirman ini menghadap ke Samudera Hindia, di paling selatan Indonesia dan seberangnya adalah Australia. Patung ini seolah penjaga selatan terdepan bangsa ini," papar Agus.

"Artinya, semangat Panglima Besar Jendral Soedirman ada pada diri kami, kesatuan TNI yang bertugas di sini. Tentu, pulau ini akan kita pertahankan dan kita jaga habis-habisan tanpa kompromi," tegasnya.


(Afif Farhan/detikcom)

Mendengar hal tersebut, saya bergetar. Memang, patung Jendral Soedirman ini adalah hanya patung biasa. Tapi tentu, memunculkan semangat pada kesatuan TNI yang bertugas di Pulau Ndana dan membakar jiwa nasionalisme dalam jiwa bagi yang melihatnya.

"Tugas TNI adalah menjaga keutuhan NKRI, sedangkan tugas anak muda adalah memberikan prestasi," tutup Agus.

(Afif Farhan/detikcom)

tapalbatasrotetapalbatastapalbatas2019rotentt

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending