Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Patung Jendral Soedirman 'Penjaga' Selatan Indonesia

Patung Jendral Soedirman 'Penjaga' Selatan Indonesia
Patung Jendral Soedirman di Pulau Ndana (Afif Farhan/detikcom)

Rote - Tiap wilayah di Indonesia punya patung Jendral Soedirman. Namun satu yang spesial, adalah patung Jendral Soedirman di pulau paling selatan Indonesia ini!

20-26 Agustus 2019, tim Tapal Batas detikcom bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjelajahi Kabupaten Rote Ndao di NTT. Kabupatennya berupa kepulauan dengan total 96 pulau. Namun, hanya 7 pulau yang berpenghuni dengan Pulau Rote sebagai yang paling besar.

Terdapat 10 kecamatan di Rote Ndao. Tiap kecamatan punya potensi dan tempat wisata yang beragam.

Namun tahukah kamu, pulau paling selatan Indonesia di Kabupaten Rote Ndao bernama Pulau Ndana. Pulau yang tak berpenghuni penduduk, hanya ditempati oleh sekitar 30-an personil Satgas (Satuan Tugas) Pengamanan Pulau Terluar dari kesatuan TNI.

Pulau Ndana sejatinya destinasi wisata yang indah. Pulau ini punya ombak yang menggoda untuk surfing, pesisir pantai putih nan halus, padang savana luas sampai danau berwarna merah.

Danau Merah di Pulau Ndana (Afif Farhan/detikcom)

Ada satu hal menarik lainnya di Pulau Ndana. Suatu patung Jendral Soedirman yang menghadap ke lautan lepas, Samudera Hindia!

"Ini namanya Monumen Panglima Besar Jendral Soedirman. Diresmikan tanggal 1 Agustus 2010 oleh Jendral TNI Djoko Santoso saat itu," ujar Kapten Marinir Komandan Satgas Pulau Terluar Pulau Ndana, Agus Dwi Wibowo yang menemani tim Tapal Batas detikcom di Pulau Ndana.

(Afif Farhan/detikcom)

Patungnya menjulang tinggi nan gagah. Menggambarkan sosok Jendral Soedirman, pahlawan pejuang yang begitu hebat kisah-kisah perjuangannya.

Patung Jendral Soedirman ini pun tak jauh dari markas Satgas (Satuan Tugas) Pengamanan Pulau Terluar. Posisinya di tengah padang savana, dekat pantai.


(Afif Farhan/detikcom)

"Coba baca itu mas ada tulisannya," kata Agus kepada saya.

Di bagian bawah patungnya, terdapat kutipan amanat Jendral Soedirman. Suatu amanat untuk mengikrarkan sumpah anggota pimpinan tentara pada tanggal 25 Mei 1946 di Yogyakarta.

'Sanggup mempertahankan kedaulatan dan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai titik darah yang penghabisan. Sanggup taat dan tunduk pada pemerintah negara republik, yang menjalankan kewajibannya, menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan mempertahankan kemerdekaannya sebulat-bulatnya,' begitu tulisannya.

Lanjutan tulisan kutipannya pun membuat jiwa patriot saya terpanggil...

'Sejengkal tanahpun tidak akan kita serahkan kepada lawan, tapi akan kita pertahankan habis-habisan,'.

"Patung Jendral Soedirman ini menghadap ke Samudera Hindia, di paling selatan Indonesia dan seberangnya adalah Australia. Patung ini seolah penjaga selatan terdepan bangsa ini," papar Agus.

"Artinya, semangat Panglima Besar Jendral Soedirman ada pada diri kami, kesatuan TNI yang bertugas di sini. Tentu, pulau ini akan kita pertahankan dan kita jaga habis-habisan tanpa kompromi," tegasnya.


(Afif Farhan/detikcom)

Mendengar hal tersebut, saya bergetar. Memang, patung Jendral Soedirman ini adalah hanya patung biasa. Tapi tentu, memunculkan semangat pada kesatuan TNI yang bertugas di Pulau Ndana dan membakar jiwa nasionalisme dalam jiwa bagi yang melihatnya.

"Tugas TNI adalah menjaga keutuhan NKRI, sedangkan tugas anak muda adalah memberikan prestasi," tutup Agus.

(Afif Farhan/detikcom)

tapalbatasrotetapalbatastapalbatas2019rotentt

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending