Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Profil Pantai Goa Cemara, Spot Wisata Eksotis meski Makan Korban

Profil Pantai Goa Cemara, Spot Wisata Eksotis meski Makan Korban
Foto: (anggitarkwardani/d'Traveler)/Profil Pantai Goa Cemara, Spot Wisata Eksotis meski Makan Korban

Yogyakarta - Pantai Goa Cemara pada Jumat (7/8/2020) menjadi salah satu topik yang ramai dibicarakan warganet hingga masuk Google Trends. Spot wisata eksotis ini pada Kamis (6/8/2020) diketahui baru saja memakan korban.

Sebanyak tujuh orang wisatawan asal Kabupaten Sleman terseret ombak saat bermain air di Pantai Goa Cemara, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Sebanyak dua di antaranya berhasil dievakuasi dengan kondisi meninggal dunia, sedangkan lima korban saat itu masih dalam pencarian.

"Tim SAR gabungan yang terlibat pada pencarian hari ini kurang lebih 50 personel dari berbagai unsur. Sampai pukul 17.30 WIB pencarian hari pertama masih nihil dan akan dilanjutkan besok pagi pukul 07.00 WIB," kata Kasubsi Operasi Kantor Basarnas Yogyakarta Asnawi Suroso.

Pantai Goa Cemara tak pernah absen dari lokasi wisata yang wajib dikunjungi jika berlibur di Yogyakarta. Meski begitu, peringatan bagi para wisatawan yang sedang bermain di lokasi tersebut juga selalu disampaikan tim SAR dari Basarnas maupun BPBD.

Berikut profil Pantai Goa Cemara di selatan Yogyakarta:

1. Letak Pantai Goa Cemara

Dikutip dari situs Pantai Goa Cemara, secara administratif lokasi wisata ini terletak di dusun Patihan, kecamatan Gadingsari, kabupaten Bantul, propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Goa Cemara dapat diakses melalui Jl Lintas Selatan DIY, melalui jalur Jl Samas, Jl Pandansimo, Jl Kuwaru, Jl Patihan, dan Jl Pantai Goa Cemara.

2. Tiket masuk Pantai Goa Cemara

Dalam situsnya, harga tiket masuk Pantai Goa Cemara yang berlokasi di wilayah Bantul tersebut tidak disebutkan. Namun jika ingin naik ke mercusuar setinggi 40 meter di pantai tersebut, pengunjung wajib membayar Rp 5000 untuk dua orang. Dikutip dari situs visitingjogja, pengunjung bisa hamparan hutan cemara, pantai di sekitarnya, dan laut biru.

3. Kondisi Pantai Goa Cemara saat ini

Pantai Goa Cemara sempat ditutup untuk menekan risiko penularan COVID-19 mengikuti himbauan Maklumat Kepolisian RI, Himbauan Pemprov DIY, Instruksi Bupati Bantul. Penutupan disebut dalam waktu tidak terbatas yang diiringi pembenahan kawasan wisata tersebut. Namun Pantai Goa Cemara saat ini sudah bisa dikunjungi tentunya dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

4. Sejarah dan mitos Pantai Goa Cemara

Seperti pantai lain yang terletak di Yogyakarta, Pantai Goa Cemara tidak lepas dari sejarah dan mitos soal Nyi Roro Kidul. Ombak besar, korban yang seolah terhisap, dan jasad yang kadang tidak ditemukan selalu dikaitkan dengan keberadaan penguasa Laut Selatan tersebut.

Ilmu pengetahuan kemudian membuktikan yang terjadi di balik sejarah dan mitos Pantai Goa Cemara. Sebelumnya dikutip dari situs BPBD Kabupaten Bantul DIY, tim SAR berhasil menyelamatkan satu orang pengunjung pantai Goa Cemara pada 2018. Pengunjung awalnya sedang bermain air ketika tiba-tiba datang ombak besar.

5. Kelebihan dan kekurangan Pantai Goa Cemara

Lanskap hutan cemara yang rimbun hingga menjadi ciri khas pantai yang bikin wisatawan penasaran. Dikutip dari situs Kecamatan Sanden, pantai ini juga memiliki lorong panjang menyerupai Goa yang terbentuk oleh ratusan pohon cemara.

Nilai lebih Pantai Goa Cemara lainnya adalah terletak di bentang gumuk pasir antara Muara Sungai Opak dan Sungai Progo. Lokasi ini menjadikan Pantai Goa Cemara eksklusif sebagai satu-satunya pantai di bentangan gumuk pasir di Asia dan hanya beberapa di dunia.

Meski memanjakan mata, pengunjung harus mewaspadai risiko ombak besar dan rip current di wilayah Pantai Goa Cemara. BPBD Kabupaten Bantul memperingatkan pengunjung selalu waspada dan tidak berenang atau bermain air terlalu jauh ke pantai. Rip current adalah arus balik yang kuat dan berbahaya dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam.

pantai-goa-cemarapantaibantulyogyakartabpbd-diybasarnas-diym

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending