Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Racikan Kopi Para Raja Tanah Melayu, Tak Sembarangan Minumnya

Racikan Kopi Para Raja Tanah Melayu, Tak Sembarangan Minumnya
Kopi Sekanak (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Tanjungpinang - Minum kopi sudah jadi budaya bagi orang Melayu. Ada satu racikan kopi berempah yang dipercaya sebagai kopinya raja-raja. Inilah Kopi Sekanak yang nikmat.

Dari sekian banyak kedai kopi di Tanjungpinang, ada satu kedai kopi yang unik dengan taglinenya: Kopinya Para Raja. Mampirlah ke Kedai Kopi Sekanak untuk pengalaman kopi dengan racikan 11 rempah tersebut.

detikTravel bersama dengan Hotel Aston Tanjungpinang mengunjungi Kedai Kopi Sekanak pekan lalu. Nama Kedai Kopi Sekanak sudah begitu terkenal di Tanjungpinang. Konon katanya, kedai kopi ini jadi langganan para jenderal penting di republik ini.

Begitu sampai ke kedai, detikTravel langsung disambut oleh Datuk Wira Teja Alhabd, pemilik Kedai Kopi Sekanak. Dengan bersemangat, Datuk Teja menceritakan asal mula lahirnya Kedai Kopi Sekanak.

"Kopi Sekanak ini hasil racikan 11 rempah-rempah yang jadi sajian istimewa di istana. Maka tidak salah kalau disebut Kopinya Para Raja. Sejak 2012 kita angkat dan 2015 baru kita matangkan," kisah Datuk Teja.

Racikan Kopi Para Raja Tanah Melayu, Tak Sembarangan Minumnya

Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom

Perlu berkali-kali eskperimen sampai akhirnya Datuk Teja bisa menemukan formula Kopi Sekanak yang sekarang. Konon, resepnya diturunkan secara turun temurun dan sejak dahulu kala dihidangkan di dapur istana untuk para raja dan tamunya.

Ada 3 jenis kopi rempah yang bisa dipesan traveler di Kedai Kopi Sekanak, yaitu racikan kopi 7 rempah, kopi 9 rempah dan yang paling tinggi adalah kopi 11 rempah. Angka tersebut menunjukkan banyaknya rempah yang terkandung di dalam kopi tersebut.

Tak bisa sembarangan minum Kopi Sekanak. Aturannya adalah, traveler bisa mulai bertahap dari kopi 7 rempah dulu, lalu naik ke level 9 rempah, dan terakhir kopi 11 rempah.

Namun jika traveler langsung memesan kopi 11 rempah, traveler tidak bisa naik lagi ke level berikutnya karena puncak kenikmatan kopi Sekanak ada di level tertinggi yaitu 11 rempah. Traveler bisa turun ke kopi 9 rempah dan kopi 7 rempah.

Racikan Kopi Para Raja Tanah Melayu, Tak Sembarangan Minumnya

Kopi Sekanak (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

detikTravel langsung memesan kopi 11 rempah. Tapi kalau traveler tidak biasa minum kopi, bisa mulai dulu di kopi 7 rempah. Kopi Sekanak yang detikTravel pesan tidak datang sendiri, tetapi bersama 3 gelas pelengkap lainnya.

Total ada 4 gelas yang tersaji di meja. 1 gelas berisi kopi 11 rempah murni, 1 gelas berisi kopi 11 rempah dengan campuran madu dan susu, 1 gelas berisi air sri delima, dan 1 gelas air lima akar tunggang. Selain itu, ada juga kue batang buruk dan kayu manis sebagai pelengkapnya.

Cara minumnya adalah, traveler ambil satu sendok kopi 11 rempah murni lalu minum. Selanjutnya, ambil 1 sendok kopi susu yang belum diaduk, lalu minum dan rasakan perbedaan rasa antara keduanya.

Setelah itu ulangi langkah tersebut, namun kini kopi susunya sudah diaduk dengan batang kayu manis. Ajaibnya, setiap sensasi sesapan kopi rempah ini bisa berbeda. Traveler harus merasakan sendiri perbedaanya. Ada rasa pahit, manis, asam dan di setiap tegukan kopi Sekanak.

Racikan Kopi Para Raja Tanah Melayu, Tak Sembarangan Minumnya

Datuk Teja Alhabd (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Sebagai penetral rasa, traveler bisa minum air sari delima yang berwarna merah. Air ini terbuat dari rebusan kayu sepang yang konon ditanam oleh sultan. Air sari delima berkhasiat untuk wanita, dan baik untuk lambung.

Sedangkan racikan kopi rempah sendiri berkhasiat untuk menambah tenaga sehingga melahirkan pemikiran yang cerdas. Jangan lupa minum juga air 5 akar tunggang yang berkhasiat untuk menguatkan pinggang.

Untuk harganya sendiri, racikan kopi 7 rempah dibanderol seharga Rp 15 ribu, sedangkan kopi 9 rempah Rp 30 ribu dan terakhir racikan kopi 11 rempah Rp 50 ribu. Traveler bisa mencobanya bila liburan ke Tanjung Pinang.

wisata-tanjungpinangtanjungpinangkedai-kopikopi-rempahwisata-kuliner

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending