Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Riset: Liburan Dapat Membantu Cegah Serangan Jantung di Usia Muda

Riset: Liburan Dapat Membantu Cegah Serangan Jantung di Usia Muda
Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair. Foto: Instagram / @ashrafsinclair

Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, meninggal dunia pada Selasa pagi (18/2). Ia menghembuskan napas terakhir pada usia 40 tahun karena serangan jantung.

Dalam laman situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, disebutkan bahwa serangan jantung dipengaruhi sejumlah hal, antara lain usia, riwayat penyakit jantung dalam keluarga, diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), obesitas, dan stres.

Bahkan, banyak studi menyebutkan bahwa penyakit ini banyak diderita oleh kelompok usia muda, yakni 39 persen berusia kurang dari 44 tahun.

BCL dan Ashraf Sinclair

Bunga Citra Lestari dan suaminya, Ashraf Sinclair saat liburan ke New York. Foto: Instagram / @bclsinclair

Banyak yang dapat dilakukan seseorang untuk mencegah penyakit serangan jantung di usia muda. Salah satu caranya adalah dengan meluangkan waktu untuk berlibur.

Sebuah riset baru yang dirilis ke dalam jurnal Psychology & Health akhir tahun 2019 lalu, menyatakan bahwa berlibur ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Studi itu menyebutkan bahwa orang yang berlibur dapat mengurangi gejala sindrom metabolik.

com-Ilustrasi terkena serangan jantung.

com-Ilustrasi terkena serangan jantung. Foto: Shutterstock

Dilansir Travel and Leisure, para peneliti telah mengamati gaya hidup 63 pekerja yang kerap meluangkan waktunya untuk berlibur dan melacak waktu cuti yang mereka ambil selama 12 bulan.

"Secara keseluruhan, liburan merupakan kegiatan yang positif. Kegiatan positif ini akhirnya menjadi manfaat kesehatan fisik, mengingat frekuensi liburan dapat melindungi dari sindrom dan gejala metabolik," tulis peneliti dalam jurnal tersebut.

Ketika penelitian berlangsung, para peserta diminta mengambil cuti selama dua minggu dalam periode lima bulan, untuk berlibur dan berpikir positif selama mereka liburan. Hasil penelitian ini juga mengatakan bahwa para peserta yang terlibat tidak merasa tertekan selama liburan.

Ilustrasi merencanakan liburan.

Ilustrasi merencanakan liburan. Foto: Thinkstock

Sementara itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa seseorang yang berlibur ke destinasi wisata yang belum mereka kunjungi sebelumnya dapat menurunkan seperempat risiko sindrom metabolik.

Liburan memang agaknya sangat sulit dilakukan untuk seseorang yang memiliki jam kerja padat. Meskipun begitu, menurut peneliti kamu dapat mengganti kegiatan traveling dengan beristirahat. Salah satunya dengan staycation atau bertamasya singkat di taman.

Cara tersebut dipercaya baik untuk kesehatan mental. Menurut peneliti, liburan dan dan staycation sambil berpikir positif dapat membantu melindungi serangan jantung di usia muda.

Jadi, jangan lupa liburan, ya.

ashraf-sinclairashraf-sinclair-meninggalserangan-jantungliburantravel

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending