Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Sambut Era 4.0, Hotel di Cirebon Hadirkan Robot Pelayan Tamu

Sambut Era 4.0, Hotel di Cirebon Hadirkan Robot Pelayan Tamu
Layanan hotel berupa robot pemandu di hotel Cirebon (Sudirman Wamad/detikcom)

Cirebon - Manajemen Hotel Bentani Kota Cirebon, Jabar, membuat terobosan pelayanan yang unik. Pihak hotel menciptakan robot khusus untuk melayani tamu.

Robot tersebut bernama Robbent, akronim dari Robot Bentani. Kehadiran Robbent merupakan implementasi dalam menyambut era 4.0. Public Relation Hotel Bentani Residence Sherly Putri mengatakan, Robbent hanyalah robot yang bertugas melayani tamu hotel.

"Robbent ini untuk memanjakan para tamu dengan memberikan voucher, ada voucher makan, spa, sampai dengan voucher menginap," kata Sherly saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (22/2/2020).

Sambut Era 4.0, Hotel di Cirebon Hadirkan Robot Pelayan Tamu

(Sudirman Wamad/detikcom)

Robbent memiliki tinggi sekitar 190 sentimeter. Berwarna silver dan merah. Robbent bermata hijau. Uniknya Robbent memiliki hati yang menyala. Kemudian, tepat di bagian dadanya terdapat monitor kecil, monitor yang menunjukkan hadiah voucher bagian tamu hotel.

"Jadi, tamu hanya menempelkan key tag (kunci kamar berbentuk kartu) ke hati Robbent. Setelah itu, akan muncul di layar monitor Robbent soal voucher bagi tamu yang telah menempelkan key tag. Setiap tamu hanya memiliki satu kesempatan untuk mendapatkan voucher," ucap Sherly.

Lebih lanjut, Sherly menerangkan lebih detil tentang kehadiran Robbent. Menurutnya, Robbent adalah simbol sinergi antara robot humanoid dengan karyawan. Terlebih lagi, lanjut dia, saat ini telah bermunculan robot yang mampu menggantikan peran manusia sebagai pekerja.

Sambut Era 4.0, Hotel di Cirebon Hadirkan Robot Pelayan Tamu

(Sudirman Wamad/detikcom)

"Kita ingin berdaptasi dengan era 4.0. Kita juga ingin mengedukasi kepada karyawan bahwa manusia seyogyanya tidak bisa digantikan oleh robot sepenuhnya. Karena itu ada tulisan I'm not a robot, I have heart," kata Sherly.

Robbent tak bisa bergerak. Ia hanya menyapa dan melayani pemberian voucher. Robbent disetting secara acak dalam memberikan voucher. "Ke depan tentu kita akan inovasi lagi. Rencana sih pengin ada disetting untuk scanner wajah pengunjung, ya bisa buat check in juga," kata Sherly.

robotcirebonwisata-cirebonhotel

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Keterlaluan! Ada Hewan Laut dengan Tubuh Penuh Coretan Bertuliskan Trump

Hewan manatee atau yang dikenal sebagai lembut laut dikenal begitu ramah. Namun, ada orang yang tega mengukir nama Presiden AS Donald Trump di punggungnya. Terlalu.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Melanie Subono Sentil Video Pilot Vincent di Lokasi Tragedi

Nama pilot Vincent Raditya yang juga merupakan seorang Youtuber dunia penerbangan disentil oleh Melanie Subono. Terkait videonya di lokasi tragedi.

Wisatawan Asing Mungkin Takkan Bebas Lagi Nikmati Ganja di Amstedam

Kota terbesar di Belanda ini telah lama jadi surga bagi pengguna ganja di dunia. Akan tetapi, walikota setempat ingin Amsterdam juga dikenal sebagai keindahan kotanya.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Naik Pesawat Gratis Pakai Identitas Palsu, Pria Ini Dipenjara 30 Bulan

Ternyata identitas palsu bisa digunakan buat naik pesawat. Seorang pria di AS dihukum penjara 30 bulan karena memakai identitas palsu buat naik pesawat gratis.

Es di Antarktika Mencair, Muncul Mumi Penguin

Penemuan mengejutkan di Antarktika. Mumi penguin berusia 800 tahun ditemukan setelah es mencair!

Sedih, Orang Utan Tertua di Dunia Mati

Kabar duka dalam dunia satwa datang dari Oregon Zoo. Orang utan mereka yang tercatat sebagai tertua di dunia akhirnya mati karena usia.

Kisah Sedih 2 Penguin yang Kehilangan Pasangan dan Saling Menguatkan

Inilah pemenang lomba Ocean Photography Awards 2020. Foto ini begitu mengharukan, karena berkisah tentang dua penguin yang sama-sama kehilangan pasangan.

Trending