Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Tanda Tanya Nama 'Afrika'

Tanda Tanya Nama 'Afrika'
Ilustrasi Afrika (iStock)

Jakarta - Siapa yang tidak tahu benua Afrika? Tapi boleh jadi belum banyak yang tahu sejarah nama Afrika, yang memang masih jadi tanda tanya.

Afrika adalah benua terbesar setelah Asia. Luas areanya asekitar 11,7 juta mil persegi dan merupakan tempat tinggal bagi 1,2 miliar orang alias 16 persen dari jumlah populasi orang.

Benua Afrika terbagi dalam 54 negara. Terusan Suez, Laut Merah, Laut Mediterania, Samudera Hindia, dan Samudera Atlantik berada di sekelilingnya.

Soal wisata, Afrika terkenal sebagai tempat petualangan di alam liar. Ada padang savana, hutan belantara, keberagaman suku, hingga salah satu Seven Summit alias 7 puncak tertinggi di 7 benua ada di sana.

Namun pernahkah kamu menyadari, apa sih arti atau asal usul nama 'Afrika'?

Tanda Tanya Nama Asli 'Afrika'

Foto: (iStock)

Dilansir detikcom dari berbagai sumber, Kamis (21/11/2019), asal usul nama Afrika ternyata masih tanda tanya. Ada banyak versi yang menyebutkan sejarah nama tersebut.

Versi pertama, nama Afrika berasal dari pelancong Eropa di zaman dulu yang bernama Leo Africanus. Saat kembali ke Eropa, Leo pun mengenalkan tentang daratan yang dikunjunginya yang mana sangat berbeda dengan daratan Eropa.

Kemudian, orang Romawi menyebutnya dengan nama Africanus. Bahkan ketika Kekaisaran Romawi dengan kepemimpinan Publius Cornelius Scipio menaklukan Kekaisaran Kartago (saat ini Tunisia), mereka menggantikan nama Kekaisaran Kartago dengan sebutan Publius Cornelius Scipio Africanus.

Versi kedua, nama Afrika berasal dari bahasa Latin yakni 'Afri'. Kata itu menggambarkan orang-orang yang tinggal di selatan Laut Mediterania. Tapi, para sejarawan saling berdebat karena belum ada bukti orang-orang Romawi pernah menulis kata tersebut.

Versi ketiga, nama Afrika dinilai berasal dari bahasa Yunani yakni 'Aphrike'. Nama itu punya arti, tanah yang tidak dingin.

Tanda Tanya Nama Asli 'Afrika'

Foto: (iStock)

Selain dari versi orang-orang Eropa, negara-negara di Afrika punya nama-nama sendiri untuk menggambarkan benuanya. Orang-orang di Libya dan Eithopia, punya sebutan 'Alkebulan' yang artinya 'ibu umat manusia'.

Sedangkan negara lainnya, Kongo dan Ghana sejarahnya memang memakai nama Afrika. Hanya saja ketika ada penjelajah Eropa, huruf 'k' diganti dengan 'c'.

Kalau orang-orang di Negara Mali dan negara bagian barat Afrika lainnya, menyebut nama 'Afraka'. Nama itu punya arti First-Sun-Soul.

Berbeda dengan negara Mesir. Beberapa ahli sejarawan menyebut, nama Afrika sebenarnya berasal dari sebutan bangsa Mesir yakni 'Afru-ika' yang artinya tanah air.

Tanda Tanya Nama Asli 'Afrika'

Foto: (iStock)

Diketahui, nama Afrika mulai digunakan sejak abad ke-17. Hingga kini memang masih jadi perdebatan, apa asal usul nama Afrika.

Tapi sepertinya, pesona Afrika menutup perdebatan itu. Afrika adalah suatu benua yang menawarkan sejuta pengalaman tiada dua.

Tanda Tanya Nama Asli 'Afrika'

Foto: (iStock)

afrikabenuabenua-afrikanegaranama

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending