Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Target 3 Juta Wisatawan, Aceh Bikin 110 Acara Wisata di 2020

Target 3 Juta Wisatawan, Aceh Bikin 110 Acara Wisata di 2020
Aceh membidik 3 ribu wisatawan tahun ini. (dok Disbudpar Aceh)

Banda Aceh - Aceh mematok target tiga juta kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara pada 2020. Untuk mewujudkannya, 110 event disiapkan untuk 'menggoda' pelancong.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh telah melakukan soft launching Calendar of Event (COE) Aceh 2020 di Kantor Disbudpar, Jumat (28/2/2020) sore. Kegiatan peluncuran yang dihadiri stakeholder industri pariwisata ini mengangkat tema "Aceh Hebat melalui Ragam Atraksi Pesona Wisata Aceh 2020".

Dari 110 event yang dirilis, 10 di antaranya merupakan top event 2020 serta 100 event unggulan. Untuk top 10 event Aceh yaitu Aceh Culinary Festival, Aceh Diving Festival, Festival Saman, Festival Ramadhan, Banda Aceh Coffee Festival, Aceh Sumatera Expo, Islamic Fashion Festival, Leuser Int'l Rafting Championship, Pacuan Kuda Tradisional, Festival Pulau Banyak.

Sementara tiga dari top 10 event masuk dalam 100 Calendar of Wonderful Indonesia 2020 Kemenparekraf RI, yaitu Aceh Culinary Festival (Banda Aceh, 7-10 Agustus), Festival Saman Gayo Lues (Gayo Lues, 8-9 November) dan Aceh Diving Festival (Sabang, 10-11 Oktober).

Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin, mengatakan, dalam rangka memantapkan posisi Aceh sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia, beragam strategi pemasaran pariwisata terus dilakukan. Salah satunya lewat penyelenggaraan ragam atraksi pesona wisata berbasis alam dan budaya yang terangkum dalam COE Aceh 2020.

"Kegiatan soft launching ini bertujuan memperkuat dan memantapkan branding "The Light of Aceh" atau "Cahaya Aceh" kepada wisatawan nusantara (wisnus) dan mancanegara (wisman)," kata Jamaluddin dalam konferensi pers.

Menurutnya, alasan lainnya yaitu untuk meningkatkan pengetahuan wisnus dan wisman tentang Aceh sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan. Disbudpar juga ingin mempromosikan Tanah Rencong sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman dan menawan bagi wisatawan.

"Kita juga ingin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh termasuk jumlah turis, lama menginap, pengeluaran selama mereka liburan," kata Jamaluddin.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh Rahmadhani, mengatakan, COE Aceh 2020 yang dirilis tersebut dikurasi dan dirangkum oleh tim berasal dari beberapa sumber atau institusi, seperti Disbudpar Aceh, SKPA, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Komunitas/milenial yang memiliki kepedulian dalam rangka mempromosikan pesona wisata daerah.

Rencananya, kalender tersebut bakal dirilis secara resmi pada pertengahan Maret 2020 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnu Utama dan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Kegiatan peluncuran bakal digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Satpa Pesona Kementerian Pariwisata RI.

Rahmadhani menargetkan kunjungan wisatawan 2020 yaitu tiga juta wisnus serta 150 ribu wisman. Target itu bakal tercapai bila semua pihak yang tergabung dalam "Aceh Incorporated" saling mendukung, bersinergi dan mempromosikan Aceh melalui semangat "Like, Love and Share Aceh" dan branding wisata Aceh "The Light of Aceh".

"Kunjungan wisnus dan wisman ke Aceh tahun 2019 mengalami peningkatan 5.55 persen dibandingkan tahun 2018 yaitu mencapai 2.636.916 terdiri dari 2.529.879 orang (wisnus) dan 107.037 orang (wisman). Sementara, kunjungan wisnus dan wisman ke Aceh tahun 2018 sebanyak 2.498.249 terdiri dari 2.391.968 orang (wisnus) dan 106.281 orang (wisman)," kata Rahmadhani.

wisata-acehwisata-banda-acehwisata-halalbanda-aceh-coffee-festivalaceh-culinary-festivalfestival-samanleuser-int'l-rafting-championship

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending