Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Tempat Wisata Saloka Theme Park, Rekreasi Kekinian di Semarang

Tempat Wisata Saloka Theme Park, Rekreasi Kekinian di Semarang
Foto: (Eko Susanto/detikTravel)/Tempat Wisata Saloka Theme Park, Rekreasi Kekinian di Semarang

Jakarta - Di Semarang, Jawa Tengah ada sebuah tempat wisata menawan, Saloka Theme Park. Ya Saloka adalah taman rekreasi tematik keluarga pertama dan terbesar di Jawa Tengah.

Saloka Theme Park berlokasi di Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang, atau persimpangan antara kota Semarang, Salatiga, Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata kekinian ini diresmikan pada 22 Juni 2019.

Dikutip dari situsnya, nama Saloka terinspirasi dari tokoh legenda rakyat Rawa Pening, yaitu Ki Hajar Salokantara yang memiliki anak bernama Baru Klinthing. Berangkat dari cerita tersebut, Saloka berharap mampu menyajikan keceriaan yang tiada habisnya.

Saloka Theme Park juga memiliki sebuah maskot bernama 'Loka' yang berwujud naga berwarna hijau. Nama Loka diambil dari nama tokoh dalam cerita rakyat Rawa Pening.

Tempat Wisata Saloka Theme Park, Rekreasi Kekinian di Semarang

Foto: (Eko Susanto/detikTravel)

Berdiri di atas lahan seluas 12 hektare, wisata Saloka memiliki 25 wahana yang terbagi dalam 5 zona permainan, yaitu zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada.

Masuk ke Saloka Theme Park kamu akan disambut dengan zona Pesisir. Ada beberapa wahana yang dapat dinikmati di sini, antara lain Lumbung Ilmu Galileo, Taman Galileo, serta replika Kapal Jenju.

Di zona ini ada tempat yang istimewa yakni cakrawala. Cakrawala yakni wahana berbentuk kincir raksasa yang berwarna-warni dan memiliki tinggi 33 meter. Ada 22 gondola yang tersedia. Durasi permainan ini kurang lebih 15 menit dalam sekali putaran. Dari ketinggian itu kamu dapat menikmati pemandangan indah zona-zona permainan di Saloka Theme Park, bahkan sederetan gunung di Jawa Tengah.

Setelah puas ke zona pesisir, kamu bisa masuk ke zona Balalantar. Balalantar terinspirasi dari tema hutan belantara. Masuk ke sini, kamu disambut Resi Waringin, Si Pohon Bijak penghuni hutan. Kamu juga dapat menikmati wahana Angon Ingon, Kumbang Layang, Jamur Apung, Safari Bocah, Adu Tangkas, dan Adu Nyali.

Usai ke zona Balalantar, kamu langsung saja ke zona Kamayayi. Zona ini dibuat untuk anak-anak agar mereka bisa riang bermain dan belajar. Ada 7 wahana permainan anak-anak yang bisa dimainkan, yaitu Polah Bocah, Kupu-Kupu, Pinguin, Tata-Titi, Semprat-Semprot, Komidi Kuda Laut, dan Teka Teko.

Buat yang suka tantangan, zona Ararya sangat cocok untuk memacu adrenalinmu. Beberapa wahana yang menantang antara lain Paku Bumi, Bengak-Bengok, Lika-Liku, Obat Abit, dan Senggal Senggol.

Terakhir, ke zona Segara Prada. Zona ini mengangkat tema industri pertambangan dan menjadi satu-satunya zona yang menyajikan perpaduan antara wahana bermain dengan tempat kuliner. Di sini ada wahana Gonjang Ganjing dan Kedai Daimami. Di setiap zona juga disediakan wisata kuliner seperti di zona Kamayayi dan zona Ararya juga dilengkapi dengan beberapa foodtruck yang menyediakan makanan dan minuman. Ada juga tempat untuk membeli oleh-oleh.

Wisata Saloka ini dibuka pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Hari libur buka hingga pukul 20.00 WIB. Harga tiket pada Senin-Jumat Rp 115 ribu. Sedangkan saat weekend Rp 145 ribu.

wisata-salokawahana-salokaharga-tiket-salokawahana-saloka-di-semarangwahana-saloka-theme-park-salatigadyouthizengenzipedia

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending