Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Tempat Wisata Saloka Theme Park, Rekreasi Kekinian di Semarang

Tempat Wisata Saloka Theme Park, Rekreasi Kekinian di Semarang
Foto: (Eko Susanto/detikTravel)/Tempat Wisata Saloka Theme Park, Rekreasi Kekinian di Semarang

Jakarta - Di Semarang, Jawa Tengah ada sebuah tempat wisata menawan, Saloka Theme Park. Ya Saloka adalah taman rekreasi tematik keluarga pertama dan terbesar di Jawa Tengah.

Saloka Theme Park berlokasi di Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang, atau persimpangan antara kota Semarang, Salatiga, Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata kekinian ini diresmikan pada 22 Juni 2019.

Dikutip dari situsnya, nama Saloka terinspirasi dari tokoh legenda rakyat Rawa Pening, yaitu Ki Hajar Salokantara yang memiliki anak bernama Baru Klinthing. Berangkat dari cerita tersebut, Saloka berharap mampu menyajikan keceriaan yang tiada habisnya.

Saloka Theme Park juga memiliki sebuah maskot bernama 'Loka' yang berwujud naga berwarna hijau. Nama Loka diambil dari nama tokoh dalam cerita rakyat Rawa Pening.

Tempat Wisata Saloka Theme Park, Rekreasi Kekinian di Semarang

Foto: (Eko Susanto/detikTravel)

Berdiri di atas lahan seluas 12 hektare, wisata Saloka memiliki 25 wahana yang terbagi dalam 5 zona permainan, yaitu zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada.

Masuk ke Saloka Theme Park kamu akan disambut dengan zona Pesisir. Ada beberapa wahana yang dapat dinikmati di sini, antara lain Lumbung Ilmu Galileo, Taman Galileo, serta replika Kapal Jenju.

Di zona ini ada tempat yang istimewa yakni cakrawala. Cakrawala yakni wahana berbentuk kincir raksasa yang berwarna-warni dan memiliki tinggi 33 meter. Ada 22 gondola yang tersedia. Durasi permainan ini kurang lebih 15 menit dalam sekali putaran. Dari ketinggian itu kamu dapat menikmati pemandangan indah zona-zona permainan di Saloka Theme Park, bahkan sederetan gunung di Jawa Tengah.

Setelah puas ke zona pesisir, kamu bisa masuk ke zona Balalantar. Balalantar terinspirasi dari tema hutan belantara. Masuk ke sini, kamu disambut Resi Waringin, Si Pohon Bijak penghuni hutan. Kamu juga dapat menikmati wahana Angon Ingon, Kumbang Layang, Jamur Apung, Safari Bocah, Adu Tangkas, dan Adu Nyali.

Usai ke zona Balalantar, kamu langsung saja ke zona Kamayayi. Zona ini dibuat untuk anak-anak agar mereka bisa riang bermain dan belajar. Ada 7 wahana permainan anak-anak yang bisa dimainkan, yaitu Polah Bocah, Kupu-Kupu, Pinguin, Tata-Titi, Semprat-Semprot, Komidi Kuda Laut, dan Teka Teko.

Buat yang suka tantangan, zona Ararya sangat cocok untuk memacu adrenalinmu. Beberapa wahana yang menantang antara lain Paku Bumi, Bengak-Bengok, Lika-Liku, Obat Abit, dan Senggal Senggol.

Terakhir, ke zona Segara Prada. Zona ini mengangkat tema industri pertambangan dan menjadi satu-satunya zona yang menyajikan perpaduan antara wahana bermain dengan tempat kuliner. Di sini ada wahana Gonjang Ganjing dan Kedai Daimami. Di setiap zona juga disediakan wisata kuliner seperti di zona Kamayayi dan zona Ararya juga dilengkapi dengan beberapa foodtruck yang menyediakan makanan dan minuman. Ada juga tempat untuk membeli oleh-oleh.

Wisata Saloka ini dibuka pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Hari libur buka hingga pukul 20.00 WIB. Harga tiket pada Senin-Jumat Rp 115 ribu. Sedangkan saat weekend Rp 145 ribu.

wisata-salokawahana-salokaharga-tiket-salokawahana-saloka-di-semarangwahana-saloka-theme-park-salatigadyouthizengenzipedia

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending