Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Traveler Pulang dari Area Corona Disarankan Istirahat di Rumah 14 Hari

Traveler Pulang dari Area Corona Disarankan Istirahat di Rumah 14 Hari
Foto: ABC Australia

Jakarta - Traveler yang habis melancong di negara-negara yang terkait wabah virus Corona disarankan untuk beristirahat di rumah selama 14 hari setelah kunjungannya. Saran ini disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam situs resminya.

"Traveler yang baru kembali dari area terkena virus harus melakukan monitoring sendiri untuk gejala-gejala selama 14 hari dan mengikuti protokol kesehatan di masing-masing negara. Beberapa negara mungkin mengisyaratkan traveler untuk masuk karantina," tulis WHO.

Jika dalam 14 hari itu ada gejala seperti demam, batuk atau sesak napas, traveler disarankan untuk segera menghubungi layanan kesehatan, kalau bisa lewat telepon dan memberi tahu petugas kesehatan mengenai gejala yang mereka alami dan riwayat perjalanan.

WHO juga memberikan saran untuk personal hygiene, etika saat batuk. "Bersihkan tangan secara rutin, entah itu mencuci tangan dengan sabun dan air atau dengan sanitizer berbasis alkohol. Tutup hidung dan mulut dengan siku tangan atau tisu ketika bersin dan segera buang tisu dan bersihkan lagi tangan. Usahakan untuk tidak menyentuh mulut atau hidung," tulis WHO.

Soal masker, WHO menulis, masker medis mungkin tidak dibutuhkan orang jika tidak memiliki gejala, karena tidak ada bukti kalau menggunakan masker apapun, bisa melindungi orang yang sehat. "Namun di beberapa budaya, masker mungkin terbiasa dipakai," tulis WHO.

Wabah virus Corona makin mengkhawatirkan apalagi setelah ada dua WNI (Warga Negara Indonesia) yang positif terkena Corona. Salah satu korban berusia 31 tahun terinfeksi virus Corona setelah terlibat kontak langsung dengan WN Jepang saat dansa di sebuah klub, 'Paloma'. Korban tersebut secara tidak sengaja menularkan virus Corona kepada ibunya. Keduanya kemudian sempat berobat ke RS Mitra Keluarga Depok.

Saat ini kedua korban masih ditangani di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

virus-coronawni-positif-coronawhoorganisasi-kesehatan-dunia

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending