Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Vanuatu Jadi Negara Paling Bahagia Sejagat, Apa Rahasianya?

Vanuatu Jadi Negara Paling Bahagia Sejagat, Apa Rahasianya?
Vanuatu dinobatkan jadi negara paling bahagia. Foto: (iStock)

Jakarta - Vanuatu di Samudra Pasifik masuk dalam daftar salah satu negara paling bahagia. Apa rahasianya?

Bila traveler mendengar mengenai negara paling bahagia, mungkin akan terbayang negara di benua Eropa atau Amerika. Tapi ternyata ada salah satu negara paling bahagia yang terletak di tengah Samudra Pasifik. Namanya Vanuatu.

Vanuatu merupakan negara kepulauan yang terletak sekitar 2000 kilometer di timur Australia. Negara itu mempunyai 80 pulau dengan ibu kotanya di Port Vila yang terletak di Pulau Efate.

Negara ini terkenal memiliki banyak bahasa asli yang jumlahnya mencapai 139 bahasa. Nama Vanuatu juga berasal dari bahasa asli di sana yang artinya Tanah Kami Selamanya (Our Land Forever). Bahasa asli ini digunakan 92 persen penduduk Vanuatu dan mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang siklus penanaman tradisional, sejarah keluarga, dan pentingnya flora dan fauna lokal.

Dilansir dari BBC, Vanuatu masuk dalam empat besar negara paling bahagia di dunia dan jadi negara paling bahagia di luar benua Amerika. Gelar ini didapatkan berdasarkan Happy Planet Index berdasarkan beberapa kriteria, yakni kesejahteraan bangsa, harapan hidup dan tingkat ketimpangan, serta ekologi.

Lantas, apa sih rahasia negara ini bisa bahagia?

Sebelum merdeka pada 1980, Vanuatu merupakan wilayah jajahan negara Prancis dan Inggris. Saat itu, kawasan Vanuatu ini masih terpisah-pisah antarpulau.

Tapi, setelah lepas dari pendudukan kedua negara tersebut, pulau-pulau itu akhirnya bersatu menjadi negara Vanuatu dan tak ada tanah yang dijual pada orang asing.

Berdasarkan survei yang dilakukan Vanuatu National Statistics Office (VNSO) pada 2011, ditemukan fakta bahwa rata-rata orang yang memiliki akses akan tanah akan lebih bahagia daripada yang tak punya tanah.

Sekitar tiga per empat dari 298 ribu penduduk Vanuatu tinggal di kawasan pedesaan, dengan mayoritas penduduk memiliki akses akan tanah. Nah, tanah itulah yang dimanfaatkan penduduk setempat untuk hidup dan bercocok tanam.

Survei yang sama juga menunjukkan bahwa ketersediaan sumber daya seperti babi, ubi jalar, dan tanaman kava Pasifik Selatan (sejenis tanaman merica yang terkadang digunakan untuk menghilangkan stres dan kecemasan) mudah diakses dan dipertukarkan di Vanuatu tanpa uang.

Dijuluki sebagai negara paling bahagia tak membuat Vanuatu lepas dari tantangan. Negara ini terletak di kawasan Cincin Api Pasifik sehingga membuatnya rentan dilanda bencana alam. Tak hanya itu, dalam beberapa tahun terakhir, pulau-pulau di sana terancam tenggelam seiring dengan naiknya permukaan laut dan perubahan pola cuaca.

Menurut laporan dari United Nations University pada 2014, Vanuatu merupakan negara paling berisiko terdampak bencana alam di dunia. Pada 2015, Topan Pam melanda seluruh pulau yang menyebabkan kerusakan parah dan mengakibatkan 75 ribu orang kehilangan tempat tinggal. Tapi, penduduk dengan cepat mulai membangun kembali desa-desa mereka. Hal ini menunjukkan ketahanan mereka yang kuat.

vanuatunegara-bahagianegaranegara-paling-bahagianegara-paling-bahagia-di-duniagenzipediadyouthizen

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending