Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Vihara 1.000 Patung dengan Wajah Unik di Tanjungpinang

Vihara 1.000 Patung dengan Wajah Unik di Tanjungpinang
Vihara 1.000 Wajah (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Tanjungpinang - Tanjungpinang punya satu vihara yang unik, karena di dalamnya ada 1.000 patung dengan beragam ekspresi wajah yang berbeda. Seperti apa penampakannya?

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, begitulah nama lengkap dari vihara ini. Vihara tersebut unik karena punya 1.000 patung dengan wajah yang berbeda-beda.

detikTravel diajak berkunjung ke vihara ini bersama dengan Hotel Aston Tanjungpinang beberapa waktu lalu. Dari Hotel Aston Tanjungpinang, vihara ini bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 10 menit saja. Sangat dekat dan mudah dijangkau.

Begitu menginjakkan kaki di vihara ini, detikTravel langsung dibuat terpesona dengan arsitektur megah bangunan yang dibuat mirip dengan Tembok China. Di depannya, terdapat sebuah patung Buddha setinggi kurang lebih 5 meter.

Vihara 1.000 Patung dengan Wajah Unik di Tanjungpinang

Tampak depan Vihara Ksitigarbha Bodhisattva (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Namun keunikan dari vihara justru terletak di balik patung raksasa tersebut. Di baliknya, ada kurang lebih 500 patung dengan beragam ekspresi wajah yang berbeda.

Patung-patung ini berdiri berderet di sebuah tribun berbentuk setengah lingkaran. Ya, jumlahnya memang tidak pas 1.000, tapi dengan jumlah sebanyak itu, juga sudah luar biasa.

Patung Seribu Ekspresi

Patung-patung dengan beragam ekspresi ini adalah patung Arahat, sebutan untuk mereka yang sudah mencapai tingkat kesucian spiritual tertinggi dalam agama Buddha. Mereka konon adalah murid dari Sang Buddha.

Arahat bisa berwujud berbagai macam ekspresi karena merupakan gambaran dari berbagai sifat dan karakter manusia. Karakter inilah yang melekat dan sebagai gambaran bahwa manusia punya tipe yang berbeda-beda.

Ada yang berekspresi bahagia, tersenyum, marah, sedih, lucu, konyol dan masih banyak lagi ekspresi lainnya. Mereka juga membawa berbagai macam benda dan aksesoris, dari mulai lonceng, tongkat, topi, kendi labu, tasbih dan banyak lagi yang lain.

Jika dilihat dengan seksama, traveler tidak akan menemukan ada patung yang sama. Antara satu patung dan lainnya benar-benar berbeda. Sungguh unik!

Vihara 1.000 Patung dengan Wajah Unik di Tanjungpinang

Patung dengan ekspresi wajah yang beda (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Didatangkan langsung dari China

Sekilas dari arsitekturnya, vihara ini memang seperti bukan di Indonesia saja, melainkan di China. Tak salah memang, karena sebagian besar material dan patung di vihara ini didatangkan langsung dari China.

Patung-patung dari batu granit ini dibuat oleh seniman dari China, kemudian dikirimkan ke Tanjungpinang. Saat detikTravel datang ke vihara ini saja, masih ada beberapa box patung yang belum dibongkar.

Patung-patung ini merupakan hasil donasi dari para umat. Nantinya nama-nama donatur akan dituliskan di prasasti berbentuk persegi yang berada di bawah setiap patung.

Satu orang bisa menyumbang untuk satu patung. Nantinya nama mereka akan dipahat dalam aksara China di prasasti tersebut. Satu patungnya sekitar Rp 25 juta.

Vihara 1.000 Patung dengan Wajah Unik di Tanjungpinang

Didatangkan dari China (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva diresmikan pada Februari 2017 silam. Namun sebenarnya, pembangunannya sudah dirintis sejak tahun 2004. Butuh waktu lebih dari 12 tahun sampai vihara ini siap dibuka untuk umum.

Vihara ini ramai didatangi umat Buddha yang ingin beribadah. Selain untuk beribadah, vihara ini juga terbuka untuk dikunjungi wisatawan. Mereka biasanya berburu foto-foto narsis di vihara ini.

Menuju ke Sini & Jam Buka

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva beralamat di Jalan Asia Afrika KM 14, Tanjung Pinang. Untuk mencari lokasi vihara, masuklah melalui Simpang Jalan Asia Afrika Km 14. Lokasi vihara berada agak naik di atas bukit.

Jam buka Vihara 1.000 Wajah ini mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang, untuk wisman harganya sekitar Rp 30 ribu.

Vihara 1.000 Patung dengan Wajah Unik di Tanjungpinang

Vihara dibuka untuk umum (Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

(wsw/ddn)

wisata-tanjungpinangviharatanjungpinangvihara-unikpatungpatung-buddhavihara-ksitigarbha-bodhisattva

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending